Comscore Tracker

4 Waktu Terbaik Buat Berkunjung ke Rusia, Tengah Tahun Paling Ramai!

#Rusiana Pilih dulu, mau berjemur atau main salju?

Dengan luas wilayah yang mencapai 17 juta km persegi, kondisi alam dan cuaca di seluruh bagian Rusia gak pernah sama dalam satu waktu. Wilayah utara berbatasan langsung dengan Kutub Utara, sementara di selatan rata-rata beriklim subtropis.

Sebagian besar wilayah mengalami musim dingin yang cukup panjang. Tapi beberapa justru mencatatkan suhu ekstrem saat musim panas. Kalau begitu, kapan waktu terbaik untuk berkunjung ke Rusia?

Yuk, simak rekomendasi lengkapnya!

1. Awal Juni – akhir Agustus (musim panas)

4 Waktu Terbaik Buat Berkunjung ke Rusia, Tengah Tahun Paling Ramai!exeterinternational.com

Piala Dunia 2018 Rusia berlangsung di musim panas, mengambil waktu pertengahan Juni-Juli. Ini memang waktu yang paling disarankan untuk pelesiran di Rusia. Angka kedatangan turis meningkat pesat, hampir seluruh kota dan negara bagian bisa dikunjungi.

Musim panas di Rusia berlangsung dari awal Juni hingga akhir Agustus. Penduduk asli biasanya memilih untuk menghabiskan liburan di pinggiran kota, atau berjemur di pantai dan tepi sungai. Mereka biasanya singgah di dacha (rumah musim panas) sampai mendekati waktu masuk sekolah di awal September.

Tapi ada yang perlu kamu perhatikan nih jika berkunjung ke Rusia saat musim panas. Beberapa penginapan gak menyediakan AC, karena sebagian besar bangunan di Rusia didesain untuk melindungi dari suhu rendah ekstrem saat musim dingin.

Jangan lupa juga sedia payung dan jas hujan. Malam hari sering turun hujan saat musim panas, seperti yang terlihat pada beberapa pertandingan Piala Dunia 2018 lalu.

2. Akhir Agustus – September (musim gugur)

4 Waktu Terbaik Buat Berkunjung ke Rusia, Tengah Tahun Paling Ramai!pixabay.com/shbs

Jumlah turis baik asing maupun domestik menurun drastis saat memasuki musim gugur. Selain berakhirnya masa liburan musim panas, cuaca di musim gugur seringnya gak menentu.

Tapi waktu-waktu ini tetap disarankan bagi wisatawan asing yang ingin lebih leluasa menjelajah Rusia. Periodenya dimulai dari akhir Agustus hingga pertengahan September, sebelum suhu makin menurun jelang Oktober.

3. Akhir Desember – pertengahan Januari (pertengahan musim dingin)

4 Waktu Terbaik Buat Berkunjung ke Rusia, Tengah Tahun Paling Ramai!rbth.com

Mau main salju di Rusia? Pertengahan musim dingin adalah waktu yang paling tepat. Sekaligus melihat langsung euforia perayaan tahun baru dan Natal untuk kaum Kristen Ortodoks.

Datanglah pada akhir Desember hingga pertengahan Januari. Dari tanggal 1-8 Januari beberapa museum dan arena bermain memberlakukan tiket masuk gratis lho!

Kamu perlu menyiapkan jaket tebal, sepatu bot, syal, sarung tangan, hingga topi berbulu yang menutupi bagian telinga. Saat musim dingin, hari terasa lebih pendek di Rusia. Jadi, maksimakan dengan baik waktu liburanmu ke tempat-tempat seru.

Oh ya, jangan lupa tetap membawa baju santai untuk beristirahat. Sebagian besar hotel dan penginapan di Rusia punya sistem penghangat ruangan yang sangat baik. Jadi kamu tetap bisa memakai kaus tanpa lengan saat tidur meski di luar sedang turun salju.

4. Sepanjang bulan Mei (akhir musim semi)

4 Waktu Terbaik Buat Berkunjung ke Rusia, Tengah Tahun Paling Ramai!likealocalguide.com

Jika menginginkan wisata musim panas tapi gak betah dengan keramaian, bulan Mei adalah waktu yang paling tepat. Musim dingin berakhir pada bulan Februari hingga awal Maret. Tapi suhu dingin dan genangan lelehan salju biasanya masih bertahan hingga pertengahan April.

Suhu di awal Mei sudah mulai hangat. Siang hari mulai terasa panjang, tapi udaranya tetap sejuk. Pas banget kan buat bepergian?

Panduan waktu berkunjung ke Rusia sudah lengkap, tinggal rencana liburan nih yang disiapkan!

Arthasalina Photo Community Writer Arthasalina

bukan orang penting, kecuali anda mementingkan saya. kadang-kadang ngoceh di instagram @arthasalina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You