Comscore Tracker

5 Hal Sepele yang Bisa Bikin Kamu Ketinggalan Pesawat

Gak jadi liburan uang pun melayang

Dari awal sudah membayangkan keseruan saat liburan di provinsi lain atau di luar negeri, tetapi untung tidak dapat diraih, malah pesawat berangkat duluan. Hal ini bisa mengakibatkan emosi negatif muncul seketika karena tiket melayang dengan percuma. Lebih parahnya lagi, petugas bandara menjadi sasaran empuk untuk melampiaskan amarah. Padahal petugas hanya menjalankan tugas sesuai peraturan yang berlaku.

Nah, untuk memperbaiki diri supaya kejadian ketinggalan pesawat tidak terjadi. Berikut ada 5 hal yang jika dilakukan akan berdampak pesawat mengucapkan selamat tinggal.

1. Saat transit memilih maskapai yang berbeda

5 Hal Sepele yang Bisa Bikin Kamu Ketinggalan Pesawatrawpixel.com from Pexels/

Jangan terlalu percaya pada jam keberangkatan pesawat. Terkadang ada situasi di luar dugaan yang mengharuskan untuk delay, seperti cuaca yang sangat buruk. Hal ini bisa merugikan jika saat transit memilih maskapai yang berbeda.

Usahakan untuk tetap pada maskapai yang sama walaupun harga tiket di berbeda maskapai cenderung lebih murah. Jika ingin memilih maskapai yang berbeda, bijaklah dalam memperhitungkan soal waktu, jangan berdekatan. Hal ini mencegah supaya tidak mengalami ketinggalan pesawat di rute selanjutnya. 

2. Lupa membawa kelengkapan dokumen yang dibutuhkan

5 Hal Sepele yang Bisa Bikin Kamu Ketinggalan PesawatUnsplash/Kylie Anderson

Terkadang karena terburu-buru jadi lupa membawa kelengkapan dokumen. Padahal ini sangat penting, apalagi yang ingin pergi ke luar negeri. Bisa gagal pergi kalau hal ini terjadi, tiket pun hangus.

Usahakan sebelum keberangkatan dipersiapkan semuanya. Jika keberangkatan pesawat pada hari Senin pagi, hari Minggu boleh mempersiapkan itu semua.

3. Kurang bisa memperhitungkan waktu, jarak dan situasi arus lalu lintas

5 Hal Sepele yang Bisa Bikin Kamu Ketinggalan PesawatPixabay/Rayydark

Entah hal ini sepele atau tidak, yang jelas ini mungkin menjadi penyebab ketinggalan pesawat. Ada baiknya keahlian dalam memprediksi sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi hal di luar dugaan karena tidak selamanya perjalanan berjalan mulus. Barangkali di tengah perjalanan menuju bandara, ban kendaraan bocor atau macet. Hal ini bisa mengulur waktu dan pesawat akan terbang duluan.

Baca Juga: Sederhana, Ini 5 Cara Agar Kamu & Teman Makin Akrab Saat Traveling

4. Lupa dengan peraturan yang berlaku di bandara

5 Hal Sepele yang Bisa Bikin Kamu Ketinggalan Pesawatindependent.co.uk

Ini tidak boleh dilupakan, ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi di bandara. Jika lupa atau malah tidak tahu mungkin pesawat akan mengucapkan selamat tinggal. Tiket hangus dengan percuma akibat kecerobohan sendiri.

5. Salah terminal dan gate

5 Hal Sepele yang Bisa Bikin Kamu Ketinggalan PesawatUnsplash/Mr.Autthaporn Pradidpong

Biasanya ini terjadi pada penumpang yang pertama kali naik pesawat sendirian. Jika salah terminal, bisa mengakibatkan untuk mencari lagi terminal yang sesuai dan memakan waktu yang lama kecuali waktunya tidak mepet dengan jadwal keberangkatan.

Intinya, kalau tidak tahu jangan malu bertanya. Begitu juga dengan gate, teliti dan fokus ketika membaca boarding pass. Satu hal lagi, ketika mendengarkan musik di gadget dengan perangkat pastikan volumenya tidak terlalu besar jadi bisa mendengarkan pengumuman.

Nah, ketinggalan pesawat karena ulah sendiri sebenarnya bisa diperbaiki. Cukup dijadikan pelajaran dan jangan menyalahkan orang lain atau sistem. Bagaimana, guys? Ada yang ingin menambahkan? 

Baca Juga: Jangan Takut, Ini Hal yang Akan Kamu Rasakan Saat Traveling Sendirian

Dyan Yudhistira Photo Verified Writer Dyan Yudhistira

IG: @dyanyudhis // Terima kasih sudah mau membaca. Semoga kamu bahagia selalu. Aamiin..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya