Comscore Tracker

7 Barang yang Wajib Dibawa saat Solo Traveling, Uang Tunai Penting!

Supaya aman dan tidak mengganggu liburanmu

Siapa bilang kalau traveling harus beramai-ramai? Kamu yang lebih suka sendirian, bukan berarti gak bisa melancong jauh. Memang perlu persiapan yang lebih karena saat traveling, hanya dirimu yang bisa diandalkan.

Di antara banyaknya pakaian dan keperluan lain, ada tujuh barang lain yang wajib dibawa saat solo traveling. Barang ini sering dilupakan, padahal bisa menyelamatkanmu di situasi-situasi tak terduga.

1. Universal adapter

7 Barang yang Wajib Dibawa saat Solo Traveling, Uang Tunai Penting!universal adapter (instagram.com/mrsd2083)

Kamu perlu tahu bahwa adapter atau steker di setiap negara gak sama. Untuk itu, jika kamu bepergian ke luar negeri sendiri, jangan lupa bawa universal adapter. Dengan begitu kamu bisa mengisi daya ponsel atau menggunakan listrik di mana pun. 

Universal adapter bisa dibeli di market place atau di toko peralatan listrik terdekat. Tenang, harganya gak sampai ratusan ribu, tapi jelas berguna dibawa keliling dunia.

2. Pelengkapan medis

7 Barang yang Wajib Dibawa saat Solo Traveling, Uang Tunai Penting!medical kit (instagram.com/swpea.machineembroiderydesign)

Gak ada yang berharap mengalami kecelakaan atau sakit saat liburan, tapi gak ada salahnya jika berjaga-jaga dan membawa peralatan medis pribadimu. Terutama jika kamu punya penyakit khusus, obat-obatan jangan sampai lupa. 

Mulai dari obat flu, pilek, diare, tampon, perban, dan lain-lain. Memang di kota atau negara tujuanmu pasti ada apotek, tapi membawa medical kit atau obat sendiri jelas bikin lebih tenang karena sudah siap digunakan di mana saja kamu berada. 

3. Uang tunai

7 Barang yang Wajib Dibawa saat Solo Traveling, Uang Tunai Penting!ilustrasi uang (unsplash.com/Alexander Mils)

Sekarang kita berada di zaman digital, apa pun bisa dibeli dan dibayar melalui ponsel atau kartu. Namun, jangan lupa menukar dan membawa uang tunai secukupnya. Gak semua toko, terutama yang ada di pinggir jalan menyediakan pembayaran secara digital, lho.

Apalagi kalau tujuanmu adalah toko-toko atau street food yang kebanyakan masih mengutamakan pembayaran secara tunai. Walau begitu, bawa uang tunai seperlunya saja dan jangan memperlihatkan uangmu di muka umum, ya!

Baca Juga: 6 Hal yang Harus Diperhatikan para Cewek Sebelum Mulai Solo Traveling

4. Makanan siap santap

7 Barang yang Wajib Dibawa saat Solo Traveling, Uang Tunai Penting!ilustrasi makanan siap santap (instagram.com/traderjoeswoahs

Sisipkan beberapa makanan siap santap yang kamu suka. Membawa makanan seperti ini bisa jadi persiapan jika di tengah malam kamu merasa lapar. Tinggal di lokasi yang sulit menemukan restoran halal, makanan ini bisa jadi penyelamatmu.

Makanan siap santap sebenarnya banyak tersedia di swalayan, baik nasi lengkap dengan lauk sampai sekadar makanan ringan, seperti sosis. Saat hendak menyantapnya, kamu tinggal menggunakan microwave untuk menghangatkannya. 

5. Gembok

7 Barang yang Wajib Dibawa saat Solo Traveling, Uang Tunai Penting!ilustrasi gembok (unsplash.com/Victoria Feliniak)

Barang yang perlu dibeli jika akan solo traveling adalah gembok. Cukup beli ukuran kecil untuk mengamankan laci tempat kamu menginap, terutama jika kamu berencana membawa barang berharga, seperti kamera atau laptop.

Selain laci atau lemari yang perlu dipasangi gembok, pintu penginapan juga perlu, lho. Apalagi jika penginapanmu belum menerapkan keamanan yang baik. Untuk jaga-jaga, pasang saja gembok supaya hati tenang. 

6. Payung

7 Barang yang Wajib Dibawa saat Solo Traveling, Uang Tunai Penting!ilustrasi payung (unsplash.com/Egor Gordeev)

Benda penting, tapi sering dilupakan adalah payung. Kamu gak bisa memperkirakan cuaca, membawa payung ke mana pun saat liburan sendiri itu wajib hukumnya. Payung gak cuma dipakai saat hujan, tapi juga bisa menghalau terik matahari. 

Bawa saja payung lipat yang ukurannya praktis dan mudah dimasukkan ke dalam tas. Jadi, gak perlu heboh kalau tiba-tiba kehujanan saat jalan-jalan.

7. Peluit

7 Barang yang Wajib Dibawa saat Solo Traveling, Uang Tunai Penting!ilustrasi peluit (campsandtrails.com)

Jangan sampai lupa membawa alat keamanan. Paling sederhana dan murah adalah peluit. Suaranya yang keras bisa menarik perhatian orang di sekitar saat kamu mengalami tindakan kurang menyenangkan.

Selain peluit, kamu juga bisa membeli peralatan keamanan diri yang gak kalah simpel. Sebut saja seperti semprotan berisi air cabai atau pisau lipat. Semua demi keselamatan dirimu sendiri, lho!

Bersenang-senang adalah tujuan utama, tapi jangan sampai bikin kamu lupa jaga diri. Ketujuh barang tadi bisa membuat kamu merasa lebih aman dan nyaman sekalipun harus pergi sendiri jauh dari rumah. Jangan ada yang sampai ketinggalan, ya!

Baca Juga: 5 Kesalahan saat Pertama Kali Liburan ke Paris, Traveler Harus Tahu

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya