Comscore Tracker

8 Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman dengan Kendaraan Pribadi

#MudikAsikIDNTimes Biar selamat sampai tujuan

Musim Lebaran identik dengan kegiatan mudik yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Selain menggunakan moda transportasi umum, tak sedikit pula orang yang memilih mudik dengan kendaraan pribadi. Faktor kepraktisan dan juga ekonomis membuat mudik dengan kendaraan pribadi jadi pilihan banyak orang.

Kendati demikian, buat kamu yang memilih mudik dengan kendaraan pribadi. Ada beberapa hal penting yang wajib kamu perhatikan supaya dapat berkendara dengan aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan. Apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini.

1. Periksa kondisi kendaraan yang ingin kamu gunakan

8 Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman dengan Kendaraan Pribadiodonnellhonda.com

Perkara penting yang harus kamu lakukan sebelum memutuskan untuk mudik dengan kendaraan pribadi adalah memeriksa kondisi kendaraan hingga memastikan bahwa kendaraan yang mau kamu gunakan aman untuk menempuh perjalanan jauh. Jangan sampai menganggap remeh hal ini sekecil apapun, karena banyak sekali peristiwa kecelakaan yang terjadi akibat kondisi kendaraan yang kurang prima.

Buat kamu yang kurang paham mengenai seluk beluk kendaraan bermotor, kamu bisa bawa kendaraanmu ke bengkel untuk memeriksa dan menyervis hingga kendaraanmu layak untuk dibawa mudik.

2. Jangan membawa beban melebihi kapasitas kendaraan

8 Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman dengan Kendaraan Pribadivalidnews.id

Demi keselamatan dan kenyamanan di perjalanan, pastikan kamu tidak membawa barang-barang ataupun mengangkut penumpang di luar kapasitas kendaraan. Karena hal ini tentunya bikin kamu merasa gak nyaman dan sulit berkonsentrasi di perjalanan.

Ditambah lagi, setiap kendaraan baik motor maupun mobil telah didesain sedemikian rupa untuk mengangkut beban dengan kapasitas tertentu. Jadi, akan jauh lebih baik kalau kamu hanya membawa barang seperlunya. Untuk kamu yang ingin mudik dengan keluarga, sebaiknya gunakan mobil ataupun moda transportasi umum.

3. Pastikan kamu tidur dan istirahat dengan cukup

8 Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman dengan Kendaraan PribadiDreams.co.uk

Mudik dengan kendaraan pribadi dan jarak tempuh yang jauh sudah pasti melelahkan. Untuk itu, kamu perlu mempersiapkan tubuh agar bisa berkendara dalam kondisi prima. Pastikan kamu telah cukup istirahat dan tidur nyenyak sebelum berkendara.

4. Jangan lupa membawa obat-obatan

8 Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman dengan Kendaraan Pribadihealthytravelblog.com

Untuk mengantisipasi gangguan kesehatan yang mungkin terjadi selama mudik seperti muntah, masuk angin, lecet akibat terjatuh, dan sebagainya. Kamu perlu membawa kotak obat dalam perjalanan mudik. Hal ini lantaran berbagai masalah tersebut dapat mengakibatkan kamu kurang nyaman dan konsentrasi dalam berkendara, sehingga perlu diatasi sesegera mungkin.

Baca Juga: Ini yang Bikin Mudik Jadi Asyik di Jalur Selatan Jawa Tengah

5. Uang tunai dalam jumlah yang cukup

8 Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman dengan Kendaraan PribadiUnsplash.com/Nick Pampoukidis

Sebanyak apapun uang yang kamu miliki di ATM, akan sangat percuma rasanya saat kamu dihadapkan pada situasi mendesak dan kamu gak bisa menemukan ATM di lingkungan sekitar. Membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup sangatlah penting mengingat selama mudik tak jarang terjadi kemacetan yang pajang.

Dan ketika kamu dihadapkan pada kondisi seperti ban bocor, lapar, kehabisan bensin, butuh ke WC, rasanya agak tidak mungkin kalau kamu harus berbalik arah ataupun mencari ATM dulu untuk mengambil uang tunai. Jadi simulasikan terlebih dahulu berapa uang yang sekiranya kamu butuhkan dalam perjalanan seperti untuk membayar WC, bensin sekian liter, buka puasa, dan sebagainya.

6. Bawa bekal berupa minum dan makanan ringan

8 Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman dengan Kendaraan Pribadithepinkphysique.com

Jangan lupakan pula kemungkinan kamu harus berbuka di tengah kemacetan. Oleh karena itu, kamu wajib membawa bekal yang cukup untuk berbuka. Tak perlu membawa makanan berat seperti nasi dan lauk, karena ditengah kemacetan rasanya mustahil kamu bisa makan makanan berat dengan tenang.

Cukup bawa roti, beberapa makanan ringan, serta minuman agar kamu tidak kelaparan. Tapi kalau kamu tetap ingin makan nasi, kamu bisa membawa jajanan seperti arem-arem atau onigiri untuk bekal di perjalanan.

7. Bawalah power bamk

8 Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman dengan Kendaraan Pribadiayooberita.com

Buat kamu yang gak hafal jalan pulang, pastinya kamu butuh bantuan Google Maps untuk memandu kamu sampai ke rumah tanpa tersasar. Oleh karena itu, pastikan baterai di ponselmu dalam keadaan penuh. Serta jangan lupa membawa power bank untuk mengisi daya kembali apabila ponselmu kehabisan baterai di tengah jalan.

8. Sebaiknya jangan mudik mendekati hari Lebaran

8 Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman dengan Kendaraan Pribadibillbaren.com

Semakin dekat dengan hari-H, kondisi jalan yang akan kamu lalui pastinya akan semakin macet pula. Untuk itu, kalau memang tidak ada kepentingan, segeralah mudik untuk menghindari kemacetan panjang. Tak perlu menunggu sampai hari-H karena kemacetan di perjalanan berisiko membuat kamu lebih emosional dan tidak fokus berkendara.

Gimana, siap mudik tahun ini?

Baca Juga: [LINIMASA] Data dan Fakta Arus Mudik Lebaran 2019

Eka Amira Photo Community Writer Eka Amira

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You