Comscore Tracker

6 Tips yang Wajib Diikuti Kamu yang Hendak Solo Traveling Pertama Kali

Biar solo travelingmu aman, nyaman, dan menyenangkan 

Alih-alih menakutkan, melakukan perjalanan sendirian atau solo traveling justru menyenangkan dan memberdayakanmu. Kamu tidak hanya akan menemukan budaya dan adat istiadat baru, tapi kamu juga akan belajar banyak tentang dirimu sepanjang perjalanan.

Buat kamu yang hendak melakukan solo traveling untuk pertama kalin, berikut ada beberapa tips untuk memudahkanmu melakukan perjalanan yang luar biasa dan tak terlupakan ini.

1. Buat perencanaan terlebih dahulu

6 Tips yang Wajib Diikuti Kamu yang Hendak Solo Traveling Pertama KaliUnsplash.com/Thought catalog

Membuat rencana perjalanan sejak jauh-jauh hari akan membuat kegiatan solo travelingmu tetap dalam kendali. Solo traveling memang membuatmu memiliki fleksibilitas tinggi, tapi jika kamu tidak membuat perencanaan dulu, bukan tidak mungkin kamu jadi bingung.

2. Jangan takut mengobrol dengan orang asing

6 Tips yang Wajib Diikuti Kamu yang Hendak Solo Traveling Pertama KaliUnsplash.com/Arnold Stephen

Sebenarnya di luar sana banyak sekali orang-orang yang baik dan ramah pada pendatang atau turis yang berkunjung. Sayangnya, banyak di antara para turis yang takut berbicara dengan orang asing, khususnya para solo traveler. Padahal, dengan membuka diri dan menunjukkan minat terhadap suatu tempat dan budaya, sudah mampu membuatmu mendapat sambutan dan ramah-tamah dari penduduk setempat.

Baca Juga: Harus Diketahui, 5 Manfaat Solo Traveling bagi Kehidupanmu

3. Pelajari kapan kamu boleh dan tidak boleh menggunakan smartphone

6 Tips yang Wajib Diikuti Kamu yang Hendak Solo Traveling Pertama Kaliestarguapas.com

Memainkan smartphone merupakan satu cara yang sering dilakukan untuk melawan kecanggungan. Padahal sejatinya solo traveling bertujuan untuk membuatmu lebih mengenal dunia luar. Ditambah, terlalu sering memainkan smartphone bisa memancing orang yang berniat jahat untuk merampasnya. Jadi, cukup gunakan smartphone saat diperlukan, misalnya untuk navigasi, mencari tempat makan, dan semisalnya.

4. Perluas jangkauan penjelajahanmu dengan GPS

6 Tips yang Wajib Diikuti Kamu yang Hendak Solo Traveling Pertama KaliUnsplash.com/Nicolas cool

Ini adalah salah satu keuntungan dari solo traveling. Kamu bisa menjelajahi tempat-tempat baru cukup dengan bantuan GPS. Jadi, tak ada salahnya kamu menyewa kendaraan, misalnya sepeda atau vespa kemudian berkeliling mencari tempat-tempat baru atau event-event yang sedang berlangsung.

5. Terbuka dengan pengalaman baru

6 Tips yang Wajib Diikuti Kamu yang Hendak Solo Traveling Pertama Kaliunsplash.com/Veronica Carswell

Setelah melakukan solo traveling, kamu pasti akan merasakan betapa transformatifnya perjalananmu kali ini. Kuncinya adalah keluar dari zona nyaman dan lebih terbuka dengan pengalaman baru. Misalnya, dengan bergabung dengan penduduk dalam suatu festival, memasak bersama, dan sebagainya.

6. Tidak perlu tampil mencolok

6 Tips yang Wajib Diikuti Kamu yang Hendak Solo Traveling Pertama Kalijerseygirltexanheart.com

Solo traveling sebenarnya tidak berbahaya. Asalkan kamu mau berbaur dan mengikuti kebiasaan setempat. Serta berpakaian sopan, tidak menunjukkan perhiasan mencolok, dan kamera mahal. Dengan begitu, kamu tidak akan menarik perhatian dan memancing orang-orang yang berniat jahat.

Solo traveling adalah salah satu cara terbaik untuk belajar tentang diri sendiri, mengembangkan kepercayaan diri, keterampilan komunikasi, dan pengetahuan budaya. Untuk itu, nikmati solo travelingmu dan ikuti tips-tips di atas.

Baca Juga: 7 Tips Solo Traveling buat Introvert, Tetap Seru Walau Sendirian!

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You