Comscore Tracker

5 Alasan Momen Berharga Liburanmu jadi Kurang Relaks

Hindari hal-hal berikut ini biar liburanmu menyenangkan

Liburan adalah momen berharga yang selalu dinantikan oleh sebagian besar orang. Banyak orang selalu menyempatkan untuk berlibur jika memiliki kesempatan. Oleh karena momen liburan adalah sesuatu yang berharga maka jangan sampai ada hal-hal yang akan merusak momen tersebut.

Untuk sebagian besar orang tujuan liburan adalah menyegarkan dan menenangkan pikiran namun tidak jarang sebagian orang merasa tidak relaks dan tidak santai atau bahkan malah tidak menikmatinya. Berikut beberapa alasannya.

1. Fokus pada gadget

5 Alasan Momen Berharga Liburanmu jadi Kurang Relaksilustrasi fokus pada gadget (pexels.com/pixabay)

Pada saat liburan kamu malah banyak menghabiskan waktu dengan gadget-mu seperti bermain game atau hal lain di gadget-mu bukan malah menikmati destinasi tempat kamu berlibur, ini membuatmu tidak bisa fokus pada hal-hal di sekitarmu.

Waktu liburanmu yang seharusnya bisa kamu manfaatkan untuk mengeksplor tempat-tempat dan aneka kegiatan yang bisa kamu lakukan di sana. Ada baiknya kamu mengurangi waktumu dengan gadget. Jika kamu memiliki kecanduan bermain gadget kamu bisa mengatasinya dengan melatih untuk mengurangi waktu bermain gadget di beberapa hari sebelum kamu liburan. Latihlah dirimu membatasi penggunaan gadget di waktu luangmu.

2. Terlalu banyak menghabiskan waktu bermedia sosial

5 Alasan Momen Berharga Liburanmu jadi Kurang Relaksilustrasi orang muram (pexels.com/alex-green)

Sudah hal biasa kita lakukan yaitu mengunggah foto atau video ke media sosial saat kita liburan namun jika kamu fokus pada media sosial dan malah menghabiskan banyak waktu bermedia sosial hal ini tentu tidak terlalu baik untuk relaksasi liburanmu.

Jadikan momen liburan adalah momen di mana kamu benar-benar menyegarkan kembali pikiran. Salah satu efek negatif seseorang terlalu banyak bermedia sosial adalah kamu malah menerima hal-hal negatif atau kamu malah teralihkan dengan membandingkan kehidupanmu dengan kehidupan orang lain di media sosial. Jika kamu ingin mengunggah momen liburan ke media sosial bisa dilakukan selepas kamu berlibur.

Baca Juga: 5 Kegiatan yang Bikin Liburan Kurang Memuaskan, Kerap Jadi Pembenaran!

3. Lupa membawa barang penting

5 Alasan Momen Berharga Liburanmu jadi Kurang Relaksilustrasi orang lupa membawa barang (pexels.com/Ono Kosuki)

Untuk mendapat momen liburan yang menyenangkan memang perlu mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan saat liburan. Jika kamu malah lupa membawa barang penting dan yang yang dibutuhkan tentu akan mengganggu kenyamanan berlibur.

Sehingga ada baiknya melakukan packing barang-barang esensial yang akan dibawa minimal sehari sebelum pergi berlibur.

4. Membawa pekerjaan saat berlibur

5 Alasan Momen Berharga Liburanmu jadi Kurang Relaksilustrasi orang membawa pekerjaan saat liburan (pexels.com/Yankrukov)

Apa jadinya jika berlibur namun malah bekerja di saat liburan? Tentu hal ini tidak nyaman dan kamu malah membuang waktu berhargamu yang seharusnya bisa dipakai untuk bersantai malah menjadi momen untuk tetap serius menyelesaikan pekerjaan.

Jika kamu memang berencana berlibur untuk menyegarkan kembali pikiran serta memperbaiki mood, maka ada baiknya jika kamu memang benar-benar lepas dari membawa pekerjaan saat berlibur.

5. Kesehatan pencernaan terganggu

5 Alasan Momen Berharga Liburanmu jadi Kurang Relaksilustrasi orang sakit (pexels.com/Sora Shimazaki)

Kesehatan sangat penting di mana pun kita berada. Pada saat momen liburan, kesehatan pencernaan sangat penting untuk tetap terjaga. Jika kesehatan pencernaan terganggu misalnya sedang diare, maka ini jelas mengganggu waktu kuliner liburanmu. Kamu menjadi kurang bisa menikmati makanan-makanan yang ada di tempat liburanmu. Begitu pula kamu menjadi tidak santai ketika jalan-jalan di momen penting liburanmu.

Untuk itu perlu memperhatikan dan menjaga kesehatan sebelum kamu berlibur. Hindari mengonsumsi makanan yang akan membuatmu sakit atau alergi yang akan merusak liburanmu atau malah membatalkan rencana liburan indahmu.

Momen yang terjadi pada saat liburan memang tidak dapat diprediksi. Kadang berjalan sesuai rencana dan tidak jarang akan melenceng dari rencana awal. Oleh karena itu penting untuk mengetahui hal-hal yang mungkin akan mengganggu waktu berliburmu sehingga akan lebih mudah membantumu memikirkan solusinya.

Baca Juga: 10 Penyesalan yang Muncul Saat Kamu Terlalu Fokus Sama Itinerary

Eka Laura Ferdianti Photo Verified Writer Eka Laura Ferdianti

Practice Makes Perfect

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya