Comscore Tracker

Tak Cuma Have Fun, Ini 6 Manfaat Travelling bagi Kesehatan

Yuk traveliing!

Travelling merupakan salah satu kegiatan yang mampu memberikan efek relaksasi yang menyegarkan. Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang yang menyempatkan waktu khusus untuk melakukan perjalanan dan mendapatkan kesenangan. Namun tidak hanya menyenangkan, travelling juga ternyata memiliki manfaat untuk pikiran dan juga tubuh tetap bugar.

1. Mengurangi Stres

Tak Cuma Have Fun, Ini 6 Manfaat Travelling bagi Kesehatanpexels.com

Stres biasanya banyak dirasakan orang-orang yang setiap harinya sibuk dengan pekerjaan. Tak cuma orang dewasa yang bekerja, anak anak juga terkadang mengalami stres dengan pelajaran di sekolahnya. Jangan pernah menganggap remeh stres, karena bisa menimbulkan penyakit dan efek negatif jangka panjang.

Untuk mengurangi resiko stres, bisa dilakukan dengan travelling atau jalan-jalan untuk menenangkan pikiran setelah disibukan dengan rutinitas yang ada. Usahakan luangkan waktu diakhir pekan atau akhir bulan untuk travelling

2. Latihan Fisik

Tak Cuma Have Fun, Ini 6 Manfaat Travelling bagi Kesehatancks.asia

Saat travelling, kamu akan berjalan kaki lebih jauh dari biasanya. Terutama jika tujuan wisata yang menantang seperti naik gunung, ataupun sekedar jalan-jalan ke taman. Berjalan lebih banyak membuat badan lebih sehat, khususnya yang jarang olahraga karena rutinitas kesibukan setiap hari. Berjalan memiliki banyak manfaat untuk mencegah osteoporosis, meningkatkan kesehatan jantung, dan membuat tubuh lebih sehat. 

3. Waktu Beristirahat

Tak Cuma Have Fun, Ini 6 Manfaat Travelling bagi Kesehatanphinemo.com

Sering lembur di kantor dan kurang tidur dapat membuat badan lemas dan menurunnya kesehatan tubuh. Kurang tidur juga menyebabkan stres, sehingga dapat menimbulkan risiko berbagai macam penyakit. Max Hirshkowitz, ketua National Sleep Foundation (NSF) mengatakan, liburan merupakan kesempatan yang sangat baik untuk membayar hutang tidur kita. Dengan liburan, kamu punya waktu istirahat lebih banyak dan melupakan kesibukan sementara waktu. 

Baca Juga: 7 Tips Pemula untuk Mengambil Foto Traveling yang Instagrammable Banget

4. Meningkatkan Rasa Syukur dan Empati

Tak Cuma Have Fun, Ini 6 Manfaat Travelling bagi Kesehatanpixabay.com

Mengunjungi tempat baru dan melihat keindahan alam, dapat meningkatkan rasa syukur kita terhadap tuhan dengan menikmati keindahan alamnya. Tak hanya itu, kita tentu bertemu dengan orang-orang baru dengan latar belakang hidupnya berbeda-beda selama liburan.

Sehingga meningkatkan rasa empati kita terhadap sesama manusia. Wallace J. Nichols mengatakan kalau liburan ke tempat yang dekat dengan air seperti pantai, danau, atau sungai dapat tingkatkan rasa empati dalam melakukan perbaikan jalinan dengan orang lain dan diri sendiri.

5. Meningkatkan Mood untuk Kembali Bekerja

Tak Cuma Have Fun, Ini 6 Manfaat Travelling bagi Kesehatanpexels.com

Bosan dan stres dengan kesibukan kerja? Travelling aja. Dengan travelling, kamu bisa melupakan tumpukan pekerjaan sejenak, dan mengumpulkan energi untuk memulai aktivitas kembali. Mengambil waktu liburan sendiri atau dengan keluarga menurunkan tingkat stres, serta melepaskan semua hormon stres yang berakibat buruk bagi kesehetan mental dan fisik. Kenangan bagus saat liburan juga bisa memberikan kebahagiaan lebih lama bagi kita.

6. Menambah Wawasan dan Pengalaman Baru

Tak Cuma Have Fun, Ini 6 Manfaat Travelling bagi Kesehatanpixabay.com

Travelling dapat membuatmu mencoba hal-hal baru, sehingga menambah pengalaman serta wawasanmu. Bertemu dengan orang baru, berkunjung ke tempat baru, serta dapat mencicipi makanan baru. Pengalaman baru seperti ini hanya bisa kamu rasakan dengan travelling. Pengetahuanmu juga akan bertambah dengan mempelajari kebudayaan suatu tempat, sejarahnya, maupun kuliner khasnya. Yuk, travelling!

Baca Juga: Bosan Keramaian? Simak 10 Tips Jitu “Solo Travelling” Bagi Si Penyendiri

Farhana Photo Writer Farhana

No one can write your story. So write it yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya