Comscore Tracker

Informasi dan Cara Mendapatkan Miles Penerbangan, Traveler Wajib Tahu!

Bisa naik pesawat atau update kelas gratis, lho

Bagi traveler yang suka bepergian naik pesawat, pasti sudah tidak asing dengan istilah miles. Miles atau sering disebut sebagai frequent-flyer program (FFP) atau loyalty program ini merupakan penghargaan yang diberikan sebuah maskapai kepada penumpang atau pelanggan setianya.

Dalam program ini, pelanggan akan mendapatkan berbagai keuntungan. Apa saja keuntungan dari miles dan bagaimana cara mendapatkannya? Simak ulasannya di bawah ini, ya!

1. Pelanggan setia akan mendapatkan poin dari setiap penerbangan

Informasi dan Cara Mendapatkan Miles Penerbangan, Traveler Wajib Tahu!Ilustrasi penumpang di bandara (unsplash.com/jeshoots)

Untuk mendapatkan miles, pelanggan biasanya harus melakukan registrasi terlebih dahulu dan membuat akun di laman resmi maskapai. Kemudian, kamu bisa langsung memesan tiket pesawat.

Poin atau miles akan didapatkan setiap kali memesan tiket pesawat. Jumlah poinnya berbeda-beda tergantung tarif, jenis kelas yang dipesan, dan jarak terbang.

2. Poin juga bisa didapatkan dari pembelanjaan

Informasi dan Cara Mendapatkan Miles Penerbangan, Traveler Wajib Tahu!ilustrasi belanja (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain dari pembelian tiket pesawat, miles bisa didapatkan dari pembelanjaan menggunakan kartu debit dan kartu kredit di gerai ritel tertentu, perusahaan persewaan mobil, pemesanan hotel, pembelian di restoran, dan sebagainya.

Jumlahnya pun berbeda-beda tergantung pada kebijakan bank yang mengeluarkan kartu debit dan kredit tersebut. 

3. Keuntungan dari miles dalam penerbangan

Informasi dan Cara Mendapatkan Miles Penerbangan, Traveler Wajib Tahu!Potret kursi kelas bisnis di Garuda Indonesia (garuda-indonesia.com)

Dilansir dari akun resmi Garuda Indonesia, miles yang sudah mencapai jumlah tertentu dapat ditukarkan dengan tiket pesawat atau upgrade kelas dari kelas ekonomi ke bisnis dari dan ke destinasi favorit kamu.

Penumpang dengan miles juga bisa mendapatkan beberapa keistimewaan, antara lain checkin counter khusus di bandara, kuota bagasi tambahan, prioritas untuk baggage handling, prioritas waiting list untuk reservasi tiket, akses untuk lounge, dan berbagai penawaran menarik dari partner Garuda Indonesia di seluruh dunia.

Keuntungan ini tidak hanya untuk kamu sendiri, tetapi juga bisa dihadiahkan untuk orang lain, seperti keluarga, sahabat, atau kolega terdekat.

Selain hal yang berkaitan dengan penerbangan, miles juga dapat ditukarkan untuk beberapa hal di luar itu. Mulai dari pemesanan hotel, belanja di gerai ritel atau e-commerce, pembelian makanan dan minuman di restoran tertentu, hingga untuk donasi.

Baca Juga: 5 Rahasia Maskapai Penerbangan yang Jarang Diketahui Penumpang 

4. Miles juga bisa ditukarkan untuk penerbangan maskapai lain

Informasi dan Cara Mendapatkan Miles Penerbangan, Traveler Wajib Tahu!Potret pesawat di Bandara Internasional Soekarno Hatta (unsplash.com/fasyahalim_)

Serunya menggunakan miles adalah bisa ditukarkan dengan tiket dari berbagai maskapai yang berada dalam satu jaringan atau memiliki partnership.

Sebagai contoh kamu mendapatkan banyak miles dari penerbangan Garuda Indonesia. Kamu tetap bisa menukarkan miles tersebut dengan maskapai lain yang menjadi partner Garuda Indonesia.

Di antaranya Korean Air, Etihad Airways, Air France, KLM, China Airlines, China Eastern, Middle East Airlines, Saudi Airlines, Vietnam Airlines, All Nippon Airways, dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Cara menukarkan miles untuk penerbangan

Informasi dan Cara Mendapatkan Miles Penerbangan, Traveler Wajib Tahu!Ilustrasi suasana di bandara (unsplash.com/philm1)

Ada beberapa cara dan langkah untuk menukarkan miles untuk penerbangan, antara lain:

Pemesanan melalui aplikasi dan laman resmi maskapai

  1. Pastikan kamu memiliki jumlah miles yang cukup untuk tujuan yang akan kamu pilih. 
  2. Masuk ke laman resmi maskapai yang ingin kamu naiki.
  3. Login dengan memasukkan email atau nomor anggota dan password.
  4. Isi detail perjalanan yang kamu inginkan, meliputi kota keberangkatan dan tujuan, tanggal penerbangan, jumlah penumpang, perjalanan sekali jalan atau pulang pergi, hingga kelas yang diinginkan.
  5. Pilih kolom miles redeem, kemudian klik cari penerbangan.
  6. Pilih jadwal penerbangan yang kamu kehendaki. Ikuti petunjuk pemesanan dan selesaikan pembayaran pajak bandara dan fuel surcharge (kedua hal ini tidak ditanggung maskapai dan dibebankan ke penumpang).

Cara upgrade kelas dengan miles

  1. Kamu harus sudah memiliki tiket pesawat kelas ekonomi dan bisnis yang kamu beli tanpa menggunakan miles.
  2. Pastikan jumlah miles yang kamu miliki cukup untuk melakukan upgrade ke kelas yang lebih atas.
  3. Isi formulir yang tersedia dan bisa kamu unduh di laman resmi maskapai.
  4. Serahkan formulir tersebut ke bagian penjualan tiket maskapai yang ada di bandara dengan menyertakan tiket, kartu anggota miles asli yang masih berlaku (jika tidak ada bisa ditunjukkan akunnya), dan identitas asli berupa KTP atau paspor.
  5. Kamu akan mendapatkan upgrade kelas yang baru dan membayar beberapa biaya tambahan di luar tanggungan maskapai, seperti pajak bandara dan fuel surcharge.
  6. Batas penukaran upgrade kelas antara lain empat jam sebelum keberangkatan untuk first class, dua jam sebelum keberangkatan untuk kelas bisnis internasional, dan satu jam sebelum keberangkatan untuk kelas bisnis domestik.

Nah, kini kamu sudah tahu informasi, cara mendapatkan, dan cara menukarkan miles penerbangan. Manfaatkan miles ini agar mendapatkan keuntungan yang bisa kamu manfaatkan untuk traveling ke berbagai destinasi, ya.

Baca Juga: 10 Rute Penerbangan Domestik Tersibuk di Dunia, Jakarta-Bali Termasuk

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya