Comscore Tracker

Lebih Banyak Rugi, 5 Alasan untuk Gak Mudik dalam Waktu Dekat Ini

Malah membahayakan diri sendiri dan orang lain

Pemerintah tengah bermaksud untuk memutus rantai penularan COVID-19. Kita diminta untuk tetap berada di dalam rumah dan meminimalisir kontak dengan orang lain. Namun, justru di situasi saat inilah keinginan untuk berada di tengah-tengah keluarga jadi tambah menggebu-gebu. Demi keselamatan kita semua, tahan dulu rindunya karena mudik justru lebih banyak ruginya.

1. Resiko tertular di transportasi umum

Lebih Banyak Rugi, 5 Alasan untuk Gak Mudik dalam Waktu Dekat Inivox.com

Berhubung SARS-CoV-2 bisa menempel di benda mati dan melayang di udara dalam waktu lama, risiko tertular penyakit ini di tempat umum jadi tambah tinggi. Jadi jika kamu memutuskan mudik menggunakan transportasi umum kamu juga punya risiko lebih besar untuk tertular.

2. Bahaya yang menghadang di jalan

Lebih Banyak Rugi, 5 Alasan untuk Gak Mudik dalam Waktu Dekat Iniunsplash.com/ @tak_tag

Jika kamu berpikir mudik memakai kendaraan pribadi aman-aman saja, kamu juga salah. Kalau kamu sampai mendapat musibah di jalan, sulit untuk social distancing. Belum lagi kalau kamu sampai mengalami kerusakan kendaraan di jalan. 

3. Badan yang lelah malah bikin imunitas menurun

Lebih Banyak Rugi, 5 Alasan untuk Gak Mudik dalam Waktu Dekat Iniunsplash.com/ Kinga Cichewicz

Baik memakai kendaraan pribadi atau transportasi umum, mudik pasti menyita tenaga dan pikiran. Lelah dan stres pun tidak bisa dihindari. Saat lelah dan stres, daya tahan tubuh juga menurun. Padahal, dalam situasi seperti sekarang kamu dituntut untuk selalu dalam kondisi prima.

Baca Juga: Ma'ruf Amin Imbau Mudik Lebaran Diganti Silaturahmi Lewat Media Sosial

4. Kamu membahayakan orang terkasih di rumah

Lebih Banyak Rugi, 5 Alasan untuk Gak Mudik dalam Waktu Dekat Iniunsplash.com/ @nathananderson

Terbayang gak sih, betapa sedihnya kalau harapanmu pulang ke rumah malah berakhir jadi acara penyebaran penyakit. Jika kamu sampai tertular baik di perjalanan atau malah sebelumnya, kamu bisa menularkannya pada orang-orang yang paling kamu sayangi di rumah.

5. Fasilitas kesehatan di daerah belum memadai

Lebih Banyak Rugi, 5 Alasan untuk Gak Mudik dalam Waktu Dekat Iniunsplash.com/ Natanael Melchor

Banyak fasilitas dan tenaga kesehatan di daerah yang belum disiapkan untuk menangani pasien COVID-19. Bayangkan betapa merepotkannya kalau kamu malah secara tidak sadar tertular virus tersebut. 

Lebih Banyak Rugi, 5 Alasan untuk Gak Mudik dalam Waktu Dekat Ini(IDN Times/Arief Rahmat)

Sudah, selama beberapa minggu ini kamu di kos saja. Badai pasti berlalu. Jangan lupa cuci tangan dan selalu menjaga jarak jika harus berinteraksi dengan orang. Jika merasa tidak enak badan dan merasakan tanda-tanda terserang virus corona, SEGERA memeriksakan diri.

Baca Juga: Virus Corona: Apa Itu Virus? Ini Asal Muasal dan Cara Terbentuknya

Olia Fiamay Photo Verified Writer Olia Fiamay

Love reading books Thanks Widuri for being my first love

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya