Comscore Tracker

Menulis Destinasi Lokal Jadi Global ala Trinity Traveler

Sebuah tips menulis dari penulis buku best selling

IDN Times kembali menggelar festival menulis bertajuk Lombok Writers 2022. Acara ini diselenggarakan selama dua hari di di Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat.

Travel writer dan blogger, Trinity Traveler, menjadi salah satu pengisi acara Lombok Writer 2022 ini. Ia membagikan pengalamannya dalam tema Menulis Destinasi Lokal Jadi Global Ala Trinity The Explorer, Kamis (10/3).

Penulis buku The Naked Traveler  tersebut mengupas beberapa tips dalam menulis sebuah perjalanan. Sebab, travel writing bukanlah perkara mudah. Ada banyak hal yang bisa dideskripisikan kepada para pembaca.

Nah, kalau mau memulai menulis tentang traveling, simaklah tips-tips dari Trinity berikut ini, ya!

1. Latihan mengumpulkan informasi

Menulis Destinasi Lokal Jadi Global ala Trinity TravelerTrinity di LWF 2022 (instagram.com/trinitytraveler)

Sebelum menulis, menurut Trinity, kita harus mengenali diri sendiri. Apakah kita orang yang introver atau ekstrover. Dari situ, akan menjelaskan bagaimana cara menulis seseorang. 

Dia pun menekankan bahwa dalam sebuah tulisan travel, penulis harus mengumpulkan banyak informasi. Banyak hal yang bisa dieksplorasi dari sebuah perjalanan. "Perjalanan itu dari titik A ke B, di antaranya banyak yang bisa terjadi," ujarnya.

Sebagai contoh, saat kita berkunjung ke sebuat tempat, bisa digali informasi terkait akses, pelayanan, jam operasional, harga, suasana, dan fasilitas pendukungnya. Konsep 5W+1H harus ada.

Dalam mendeskripsikan sebuah kalimat pun harus jelas. Bukan hanya bagus dan baik saja, harus ada deskripsi yang menjelaskan. Gunakan seluruh pancaindera, karena informasi yang didapat bukan hanya yang bisa dilihat, tapi juga didengar dan dirasakan.

Setelah informasi sudah jelas, baru sesuaikan dengan audiens. Tentukan apakah kita akan menulis untuk koran, website, majalah, dan sebagainya. Itu akan sangat membantu dan memperkaya tulisan. 

2. Latihan membuat judul round up

Menulis Destinasi Lokal Jadi Global ala Trinity TravelerTrinity di LWF 2022 (instagram.com/trinitytraveler)

Selanjutnya, Trinity membagikan bagaimana cara mencari judul, khususnya judul round up. Judul itu sangat penting. Secara pribadi, ia mengaku menentukan judul di akhir menulis. 

Tulisan round up terdiri dari angka, seperti 10 rekomendasi wisata dan lain-lainnya. Menurutnya, tulisan perjalanan itu adalah apa yang kita lihat, alami, dan rasakan sendiri.

"Kalau ingin menulis travel writing, harus jadi traveler. Kalau kita mau menulis tempat-tempat itu, berarti kita harus benar-benar jalan ke situ," ujar perempuan yang telah berkunjung ke 84 negara ini. 

3. Latihan mencari angle

Menulis Destinasi Lokal Jadi Global ala Trinity TravelerTrinity di LWF 2022 (instagram.com/trinitytraveler)

Sebagai seorang travel writer, penting untuk bisa melihat berbagai macam angle. Misalnya, saat bicara tentang Sirkuit Mandalika, banyak hal yang bisa dikupas. Bukan hanya ajang balapnya, tapi juga pemandangan, tiket, wisata sekitar, hingga bagaimana cara menonton pertandingan di Sirkuit Mandalika.

Baca Juga: Review Film Trinity Traveler: Labuan Bajo, Traveling & Pencarian Cinta

4. Tulis tempat yang berkesan

Menulis Destinasi Lokal Jadi Global ala Trinity TravelerTrinity di LWF 2022 (instagram.com/trinitytraveler)

Trinity membeberkan caranya bagaimana tetap bisa menulis, meski sedang stuck. Ia menganjurkan untuk menulis tempat-tempat yang berkesan saja.

Tulis apa pun yang berkesan, baik itu yang meninggalkan kesan bagus atau tidak.  "Tulislah apa yang ingin kamu baca," pungkasnya. 

Ia menambahkan, jangan lupa melengkapi tulisan dengan riset. Lagi-lagi riset tersebut yang akan memperkaya sebuah tulisan.

5. Cari tempat sesuai bujet

Menulis Destinasi Lokal Jadi Global ala Trinity TravelerTrinity di LWF 2022 (instagram.com/trinitytraveler)

Penulis yang telah menerbitkan 15 buku ini juga membagikan pengalamannya pertama kali menjadi traveler. Dahulu, Trinity bekerja sambil kuliah demi mendapat uang tambahan, karena untuk traveling memang membutuhkan bujet. 

Selain bekerja, ia juga menyarankan untuk travel writer pemula untuk mencari tempat sesuai bujet. Bisa juga dengan mengawali perjalanan dengan backpacker yang hemat dan nekat. Contohnya menginap di hostel, jajan di pinggir jalan, dan menggunakan transportasi umum.

Itulah beberapa tips ala Trinity untuk menulis travel writing. Di akhir sesi, Trinity menambahkan bahwa pencapaian terbesar sebagai penulis adalah ketika tulisan-tulisan yang kita buat bisa menginspirasi orang lain. Gimana, jadi semangat ingin menulis, kan?

Baca Juga: 5 Kisah Unik Trinity Traveler, Pernah Berwisata ke Lokasi Horor Juga!

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya