Comscore Tracker

5 Kebiasaan Tak Sopan yang Patut Dihindari saat ke Luar Negeri, Catat!

Jangan sampai merusak tujuan utamamu untuk berlibur

Mengunjungi suatu negara tentunya menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan. Walaupun tentu ada banyak hal yang perlu diperhatikan pada saat melakukan traveling di sana.

Salah satu hal yang tak boleh luput dari perhatian adalah mengenai tata krama. Kamu harus memastikan untuk menghindari lima kebiasaan buruk berikut ini pada saat berkunjung ke luar negeri.

1. Memotret warga lokal tanpa izin

5 Kebiasaan Tak Sopan yang Patut Dihindari saat ke Luar Negeri, Catat!ilustrasi memotret ketika traveling (pexels.com/@haleyve)

Kamera seolah menjadi teman perjalanan bagi para turis yang berkunkung ke suatu negara. Rasanya setiap tempat dan momen seolah ingin selalu diabadikan melalui jepretan kamera.

Walau begitu, tetap saja ada aturan yang perlu ditaati, khususnya bagi para turis asing. Aturan tersebut adalah tentang larangan untuk memotret warga lokal tanpa izin. Selain tak sopan, sama saja melanggar privasi dari para warga lokal tersebut.

2. Menunjukan gestur provokatif

5 Kebiasaan Tak Sopan yang Patut Dihindari saat ke Luar Negeri, Catat!ilustrasi provokatif (pexels.com/id-id/@olly/

Sebagai pendatang di negara asing, maka penting untuk senantiasa memperhatikan setiap peraturannya. Salah satu caranya adalah dengan tidak menunjukan gestur provokatif selama berada di sana.

Itulah mengapa, sebaiknya kamu dapat memahami apa saja gestur lokal yang memiliki makna provokatif. Dengan begitu, kamu dapat menghindari hal tersebut selama berada di sana.

Baca Juga: 5 Tips Berlibur ke Luar Negeri dengan Aman Tanpa Tour Guide, Catat!

3. Mengenakan pakaian yang bertentangan dengan norma lokal

5 Kebiasaan Tak Sopan yang Patut Dihindari saat ke Luar Negeri, Catat!ilustrasi berlibur (unsplash.com/@belart84)

Memang betul jika pemilihan pakaian merupakan hak bagi setiap orangnya, selama nyaman selama dikenakan. Meski begitu, kamu juga perlu paham aturan dan norma dari negara yang kamu kunjungi, termasuk dalam urusan berbusana.

Jangan sampai kamu melakukan kesalahan seperti mengenakan pakaian yang tak sesuai dengan norma di sana. Selain dianggap tak sopan, kamu juga hanya akan menyebabkan ketidaknyamanan bagi para warga lokal di sana.

4. Membuang sampah sembarangan

5 Kebiasaan Tak Sopan yang Patut Dihindari saat ke Luar Negeri, Catat!ilustrasi membuang sampah sembarangan (pexels.com/@suzyhazelwood)

Satu kebiasaan buruk yang harus dibuang jauh-jauh adalah mengenai membuang sampah sembarangan. Terkadang kebiasaan ini cukup sulit dihilangkan bagi beberapa orang, namun harus tetap dihindari, sebab mengganggi ketertiban umum.

Membuang sampah sembarangan di beberapa tempat juga akan dikenakan denda tertentu. Oleh sebab itu, pastikan untuk menjauhi kebiasaan-kebiasaan buruk selama berlibur ke luar negeri.

5. Mengumpat di depan warga lokal

5 Kebiasaan Tak Sopan yang Patut Dihindari saat ke Luar Negeri, Catat!ilustrasi masyarakat lokal (pexels.com/@quang-nguyen-vinh)

Kebiasaan mengumpat memang menjadi satu hal buruk yang tidak boleh dilakukan. Jangankan pada saat liburan, mengumpat pada aktivitas sehari-hari pun jelas tidak disarankan. 
Tentunya ini akan menjadi sinyal buruk apabila kamu sampai mengumpat sembarangan di luar negeri, apalagi di hadapan warga lokal. Kamu akan dianggap sebagai turis yang tidak sopan atau mungkin justru akan memperoleh sanksi sosial.

Memahami aturan dan kebiasaan yang ada di negara tujuan memang merupakan hal terpenting. Tentunya kamu jadi bisa menghindari segala kebiasaan buruk selama berada di sana. Hormati aturan setempat, ya!

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Akses Internet saat Liburan ke Luar Negeri 

Finley Shin Photo Verified Writer Finley Shin

Penulis biasa yang ingin selalu mencoba hal baru :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya