Comscore Tracker

5 Penyebab Kamu Kehabisan Uang saat Berlibur, Harus Diperhitungkan!

Selalu rencanakan segala keuangan secara matang

Berlibur tentunya menjadi salah satu aktivitas yang disenangi oleh banyak orang. Selain karena mampu menghilangkan rasa stres, namun berlibur juga dapat memberikan efek relaksasi tersendiri.

Sayangnya terkadang tak semua rencana liburan dapat berjalan dengan baik. Salah satunya bisa terjadi apabila kamu tiba-tiba kehabisan uang pada saat berlibur. Hal seperti itu bisa saja terjadi karena beberapa penyebab yang berikut ini.

1. Kurang memperhitungkan keuangan

5 Penyebab Kamu Kehabisan Uang saat Berlibur, Harus Diperhitungkan!ilustrasi ponsel (unsplash.com/@nordwood)

Pada saat pergi berlibur tentunya ada banyak sekali hal yang perlu dipertimbangkan. Salah satunya tentu mengenai pembiayaan yang mungkin saja tidak murah.

Sayangnya justru terkadang perencanaan seputar budget tidak diperhitungkan dengan baik. Hal ini bisa membuatmu jadi kehabisan uang sebelum acara liburan selesai. Tentunya ini bisa menjadi masalah tersendiri dan mengganggu proses liburan tersebut.

2. Kesalahan dalam menghitung biaya

5 Penyebab Kamu Kehabisan Uang saat Berlibur, Harus Diperhitungkan!ilustrasi turis (unsplash.com/@giautran)

Memperhitungkan seputar biaya memang sangatlah penting, apalagi bagi kamu yang akan berlibur ke luar negeri. Alasannya karena memang terkadang nilai tukar akan cenderung tentatif, sehingga sering kali di luar prediksi sebelumnya.

Kesalahan dalam menghitung biaya perjalanan akan menyebabkan kamu jadi kehabisan uang sebelum acara selesai. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu dapat mempersiapkan budget lebih di luar rencana awal. Dengan demikian, dana darurat tersebut dapat membantu untuk mengatasi kesalahan dalam perhitungan biaya.

Baca Juga: Aplikasikan Sekarang, 8 Trik Ini Bisa Memangkas Budget Liburan

3. Menghabiskan banyak uang untuk belanja

5 Penyebab Kamu Kehabisan Uang saat Berlibur, Harus Diperhitungkan!ilustrasi belanja (unsplash.com/@freestocks)

Berlibur ke suatu tempat memang tak akan lengkap jika melewatkan sesi belanja. Rasanya sesi tersebut menjadi salah satu yang sangat ditunggu-tunggu, apalagi dengan beragam oleh-oleh yang membuat penasaran.

Tentu akan menjadi masalah apabila kamu tak bisa mengontrol diri dan justru menghabiskan uang untuk belanja yang tak perlu. Selalu berikan batasan budget, sehingga kamu tak menggunakannya secara berlebihan.

4. Memiliki pengeluaran tak terduga

5 Penyebab Kamu Kehabisan Uang saat Berlibur, Harus Diperhitungkan!ilustrasi uang (unsplash.com/@jpvalery)

Pengeluaran tak terduga memang menjadi salah satu hal yang tak boleh dilupakan. Terkadang tidak ada yang dapat memprediksi hal-hal yang mungkin terjadi selama perjalanan liburan.

Inilah mengapa perencnaan seputar dana darurat sangatlah penting. Jangan sampai justru kehabisan uang saat liburan, sebab memiliki pengeluaran yang tak terduga.

5. Tidak menyiapkan uang tunai yang cukup

5 Penyebab Kamu Kehabisan Uang saat Berlibur, Harus Diperhitungkan!ilustrasi uang (unsplash.com/@jinyun)

Pilihan untuk berlibur terkadang memang disesuaikan dengan selera tersendiri. Ada yang mungkin memiliki wisata luar negeri atau pun pedesaan yang jauh dari perkotaan.

Hal ini juga membuatmu harus memperhitungkan penggunaan uang tunai, sebab di beberapa area yang jauh dari perkotaan terkadang sulit untuk menemukan mesin ATM. Jangan sampai persiapan uang tunaimu justru habis di tengah perjalanan liburan.

Ada banyak penyebab mengapa seseorang bisa kehabisan uang selama liburan. Oleh sebab itu, kamu tentu perlu memperhitungkan dan merencanakan semuanya dengan matang. Persiapkan budget dengan baik, ya!

Baca Juga: 5 Kebiasaan Belanja yang Bikin Pasangan Kesal, Ujungnya Boros!

Finley Shin Photo Verified Writer Finley Shin

Penulis biasa yang ingin selalu mencoba hal baru :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya