Comscore Tracker

5 Tips Hemat Mengelola Biaya Transportasi saat Traveling, Catat!

Bujetmu jadi tak hanya habis untuk transportasi saja, ya

Melakukan traveling tentunya merupakan salah satu kegiatan yang membutuhkan rencana panjang. Proses perencanaannya bahkan melibatkan budgeting mengenai beragam hal, dari mulai biaya wisata, hotel, hingga transportasi.

Sering kali biaya yang habis untuk transportasi, karena tidak diperhitungkan sebelumnya. Jika ingin mencegah over budget untuk pembiayaan transportasi, kamu dapat mencoba lima tips penting berikut ini. 

1. Membawa kendaraan pribadi

5 Tips Hemat Mengelola Biaya Transportasi saat Traveling, Catat!ilustrasi naik motor (unsplash.com/@samuelcarter)

Tips pertama adalah dengan membawa kendaraan pribadi. Sebetulnya sama saja membawa kendaraan pribadi atau pun naik kendaraan umum, karena sama-sama memerlukan biaya untuk dikeluarkan.

Perbedaannya terletak pada fleksibilitas, jika menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini semakin penting apabila kamu mengunjungi tempat yang menuntutmu harus transit berkali-kali.

2. Sudah menyiapkan rencana budget transportasi secara matang

5 Tips Hemat Mengelola Biaya Transportasi saat Traveling, Catat!ilustrasi tiket pesawat (pexels.com/@tdcat)

Perencanaan bujet transportasi sering sekali diabaikan dalam menentukan rencana liburan. Padahal penentuan bujet transportasi sangatlah penting untuk mengira-ngira jumlah biaya yang akan dikeluarkan selama bekerja.

Sayangnya, jika kamu tak merencanakan bujet transportasi secara matang, maka keuanganmu akan mudah bocor. Perhitungan bujetmu pun jadi semakin banyak, hanya untuk urusan ongkos semata.

Baca Juga: 5 Penyebab Tersesat saat Melakukan Traveling, Harus Lebih Hati-hati!

3. Tidak ragu menggunakan transportasi umum agar lebih murah

5 Tips Hemat Mengelola Biaya Transportasi saat Traveling, Catat!ilustrasi naik kereta (pexels.com/@enric-cruz-lopez)

Cerdik dalam menentukan transportasi liburan dapat menjadi cara penting untuk tetap hemat selama traveling. Itulah pentingnya kamu harus melakukan riset kecil-kecilan untuk melihat estimasi biaya transportasi di sana.

Jika memang ada opsi yang lebih murah, maka jangan ragu untuk memakainya. Apalagi jika memang perbedaan durasi jarak tempuhnya tak terlalu berbeda, sehingga tetap terasa cukup efektif untuk digunakan.

4. Cermat dalam mencari diskon jika ingin menyewa transportasi

5 Tips Hemat Mengelola Biaya Transportasi saat Traveling, Catat!ilustrasi pengendara motor (pexels.com/@@mlkbnl)

Opsi selanjutnya yang dapat kamu pilih adalah dengan menyewa transportasi. Apalagi saat ini menyewa transportasi sudah sangat mudah untuk dilakukan, bahkan dapat melalui aplikasi dan tidak sulit transaksinya.

Hal yang terpenting adalah kamu dapat menyewa transportasi dari pihak yang terpercaya. Jika memungkinkan memperoleh diskon, maka kamu dapat memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik.

5. Memilih destinasi dengan jarak yang saling berdekatan

5 Tips Hemat Mengelola Biaya Transportasi saat Traveling, Catat!ilustrasi berlibur (pexels.com/@te-lensfix)

Ada satu cara lain yang dapat kamu lakukan untuk menghemat bujet, yaitu dengan memilih tempat wisata yang berdekatan. Tempat wisata yang berdekatan tentu akan memudahkanmu dalam urusan mobilitas.

Jika memilih tempat wisata yang tak berjarak jauh, maka kamu juga dapat menghemat ongkos yang dimiliki. Tentunya dengan pertimbangan inilah, kamu jadi tidak membuang banyak biaya hanya untuk transportasi.

Ada banyak hal penting yang perlu kamu perhatikan dalam menjaga bujet transportasi tetap aman selama traveling. Proses liburan pun tentunya akan lebih hemat dan tak merogok kocek dalam. Rencanakan dengan matang, ya!

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Ketidakcocokan Selera Makan saat Traveling, Penting!

Finley Shin Photo Verified Writer Finley Shin

Penulis biasa yang ingin selalu mencoba hal baru :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya