Comscore Tracker

Mudik Untung, Pegipegi Ingatkan Masyarakat Tak Pakai Cara Lama

Sebanyak 23,39 persen melakukan pemesanan seminggu sebelum Lebaran.

Mudik seolah menjadi tradisi yang rutin dilakukan masyarakat Indonesia tiap tahun, apalagi menjelang Hari Raya Idul Fitri. Pada masa ini, orang berbondong-bondong untuk membeli tiket, baik kereta maupun pesawat. Karena banyaknya permintaan, hampir pasti mereka harus berebut. Belum lagi, di masa ini, banyak keluarga yang merencanakan liburan. Pemesanan pun menumpuk. Akibatnya, tak sedikit yang harus rela gigit jari gagal memperoleh tiket.

Lonjakan harga yang tinggi saat Lebaran menambah "keributan" para pemburu tiket.

Mudik Untung, Pegipegi Ingatkan Masyarakat Tak Pakai Cara LamaFrancisca Christy Rosana/IDNTimes.com

Menilik hal ini, biro perjalanan online Pegipegi memiliki tips supaya masyarakat tidak kehabisan tiket, atau tak memperolehnya dengan harga berkali-kali lipat.

Baca Juga: Warna-warni Cerita Mudik, Apa Kamu Pernah Mengalaminya?

Sebelumnya, untuk menyikapi fenomena tersebut, Pegipegi menjabarkan fakta kebiasaan mudik Lebaran masyarakat. Menurut data Pegipegi, pola pemesan tiket yang dilakukan masyarakat tahun ini sama dengan tahun sebelumnya. Umumnya, tren memesan tiket, khususnya pesawat, dilakukan last minutes, yakni pada dua pekan hingga sehari menjelang keberangkatan.

Sebanyak 23,39 persen memesan tiket sepekan sebelum Lebaran.

Mudik Untung, Pegipegi Ingatkan Masyarakat Tak Pakai Cara LamaFrancisca Christy Rosana/IDNTimes.com

Sebanyak 15,40 persen memesan pada 1-2 pekan sebelum hari H Lebaran. Sekitar 19,58 persen memesan pada dua pekan hingga sebulan sebelum Lebaran; 15,21 persen pada 1-2 bulan; 10,98 persen 2-3 bulan sebelumnya, dan hanya 9,05 persen yang memesan tiket 3 bulan sebelum hari H.

Pada 2017, tren pemesanan tiket, khususnya pesawat, diprediksi bakal sama. Puncak pemesanan tahun ini bakal terjadi pada 11 Juni hingga 8 Juli, yakni dua pekan sebelum Lebaran dan dua pekan sesudahnya. Pemesanan tertinggi umumnya terjadi untuk tujuan dengan kota tertentu, seperti Yogyakarta, Bali, Solo, dan Semarang.

Pegipegi menyarankan masyarakat segera meninggalkan cara lama dalam memesan tiket pesawat supaya tak rugi.

Mudik Untung, Pegipegi Ingatkan Masyarakat Tak Pakai Cara LamaFrancisca Christy Rosana/IDNTimes.com

“Kami menyarankan untuk segera melakukan pemesanan tiket pesawat,” kata CEO Pegipegi Takeo Kojima . Selain itu, masyarakat digiring untuk memesannya melalui OTA (Online Travel Agent), agar bisa langsung membandingkan harga.

Terlebih, umumnya, bila memesan lewat aplikasi, terdapat potongan harga atau promo yang cukup signifikan. Bila beruntung, potongan tersebut bisa mencapai 15 persen. Belum lagi, pada masa ini, yakni 12-20 Juni nanti, Pegipegi menggelar program spesial Ramadan berupa diskon hotel hingga Rp 1,5 juta dan tiket pesawat Rp 100 ribu. 

Baca Juga: Begini Hukumnya Jika Kamu Berenang Saat Puasa

Topic:

Just For You