Comscore Tracker

5 Tips Ampuh Menghemat Uang Saat Traveling ke Luar Negeri

Bisa liburan tanpa bikin kantong kering

Liburan merupakan salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan, baik dengan istirahat maupun dengan traveling. Traveling atau jalan-jalan sudah menjadi hobi tersendiri bagi sebagian orang baik traveling di dalam negeri maupun di luar negeri dalam menghabiskan liburan.

Nah, buat kamu yang pergi traveling ke luar negeri, tentu akan menghabiskan biaya yang lebih banyak daripada traveling di dalam negeri, salah satunya karena perbedaan kurs mata uang. Jadi, kamu harus punya siasat nih buat berhemat supaya kantong kamu gak kering setelah pulang ke Indonesia. Nah, tips-tips di bawah ini mungkin sederhana, tapi benar-benar ampuh untuk menghemat pengeluaran kamu saat traveling ke luar negeri.

1. Manfaatkan Fasilitas Isi Ulang Air Minum Gratis

5 Tips Ampuh Menghemat Uang Saat Traveling ke Luar Negeripinterest.com

Biasanya nih, di penginapan tersedia berbagai fasilitas, salah satunya fasilitas isi ulang air. Air minum di luar negeri bisa sangat mahal lho, misalnya saja di Singapura: 1 botol air mineral kecil seharga S$2 saja jika dikurskan dengan mata uang rupiah nilainya menjadi sekitar Rp20.000 lho!

Nah, beberapa negara di luar negeri juga ada yang menyediakan fasilitas isi ulang air minum untuk publik di tempat-tempat tertentu misalnya saja di bandara. Jadi, kamu hanya perlu membawa botol kosong sebagai wadah untuk menampung air gratis tersebut jika kamu menemukan fasilitas isi ulang air minum di tempat yang kamu kunjungi.

2. Gunakan Transportasi Umum

5 Tips Ampuh Menghemat Uang Saat Traveling ke Luar NegeriPixabay.com/ArtisticOperations

Nah, tentu saat mengunjungi luar negeri tidak semua tempat dapat kamu kunjungi dengan bermodalkan jalan kaki saja. Menggunakan transportasi umum seperti bus, MRT dan lain-lain merupakan salah satu alternatif terbaik untuk berpergian. Menggunakan transportasi lain seperti taksi tentu lebih mahal daripada menggunakan transportasi publik.

Selain transportasi publik, kamu bisa menggunakan transportasi online juga lho di beberapa negara meski tidak semurah transportasi publik. Transportasi online biasa sudah punya range tarif standar sehingga harganya terjangkau dan kadang-kadang memiliki promo menarik, cocok untuk kamu yang traveling bersama beberapa orang. Selain bisa membagi uang transport, pastilah lebih nyaman untuk sampai ke tempat tujuan.

3. Pahami Jenis-jenis Penginapan

5 Tips Ampuh Menghemat Uang Saat Traveling ke Luar NegeriPixabay.com/lenalindell20

Hotel, sering menjadi pilihan utama untuk menginap termasuk ketika traveling ke luar negeri. Padahal selain hotel, masih banyak jenis-jenis penginapan lain yang lebih murah, misalnya saja hostel, losmen, motel, apartement yang disewakan dan lain-lain. Tapi perlu diingat, fasilitas di hotel apalagi hotel berbintang lima lebih lengkap dibandingkan jenis penginapan lainnya atau tentu sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Nah, jika kamu tipe traveler backpacker yang suka berangkat pagi pulang malam maka kamu sebaiknya memilih jenis penginapan yang lebih murah saja. Toh, tujuanmu menginap hanya untuk beristirahat atau bermalam saja kan?

4. Jelajahi Street Food

5 Tips Ampuh Menghemat Uang Saat Traveling ke Luar NegeriPixabay.com/kirkandmimi

Street food atau makanan jalanan gak ada hanya di Indonesia, di luar negeri juga banyak lho misalnya di Bangkok, Thailand. Street food sangat digemari oleh para turis yang berkunjung ke luar negeri, karena memiliki cita rasa lokal yang unik. Selain itu, street food juga harganya relatif murah dan punya bermacam-macam pilihan makanan untuk dicicipi, dibandingkan dengan restoran maupun gerai-gerai fast food yang biasanya lebih mahal dan dikenakan pajak tambahan.

Selain itu, biasanya di sekitar pedagang penjual street food pada malam hari terdapat night market yang menjual bermacam-macam barang mulai dari baju, tas, sepatu dan masih banyak lagi yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh dengan harga yang lebih murah asal kamu pandai tawar-menawar dengan si penjual.

5. Manfaatkan Aplikasi Smartphone untuk Mencatat Pengeluaran

5 Tips Ampuh Menghemat Uang Saat Traveling ke Luar NegeriPixabay.com/StockSnap

Satu hal penting yang perlu diingat, ketika traveling gak ada yang namanya pemasukan/pendapatan yang ada hanya pengeluaran saja. Tujuan traveling memang untuk bersenang-senang, tentu akan ada banyak pengeluaran tapi jangan sampai kebablasan ya. Berbelanja misalnya, kamu sebaiknya mencatat apa saja pengeluaran yang telah kamu keluarkan sekecil apapun itu.

Nah, selain dengan cara konvensional seperti membawa notes/catatan kecil kamu bisa juga lho memanfaatkan smartphone kamu. Sekarang, banyak aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk mencatat transaksi keuangan sederhana yang bisa kamu unduh di google playstore dan banyak fitur menarik yang berguna banget bisa kamu temukan dalam aplikasi-aplikasi ini. Jadi, ketika kamu melihat catatan pengeluaran uang di smartphone kamu, mungkin kamu akan berpikir dua kali tentang barang yang memang layak atau tidak layak dibeli.

Jadi, tips-tips di atas wajib banget kamu coba saat traveling ke luar negeri. Selamat mencoba!

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya