5 Tips Ampuh Menahan Godaan Belanja Selama Traveling, Anti Kalap!

Traveler, simak tipsnya

Banyak hal menarik dan menyenangkan yang bisa kita lakukan selama traveling. Yang paling umum adalah kegiatan shopping. Selama traveling ke tempat baru, pastinya banyak barang-barang unik dan menarik yang bikin kita tergoda untuk membelinya, apalagi di tempat wisata favorit dan terkenal.

Tidak salah kok keinginan berbelanja selama traveling, karena kegiatan tersebut juga bikin kita senang. Nah, yang jadi permasalahan adalah ketika kamu gak mampu menahan godaan belanja, sehingga pengeluaranmu jadi ikut tak terkendali. Tenang saja, supaya kamu gak kalap belanja selama traveling yuk kita simak 5 tips ampuh di bawah ini.

1. Selalu gunakan uang tunai, jangan pakai kartu kredit bila tidak benar-benar diperlukan

5 Tips Ampuh Menahan Godaan Belanja Selama Traveling, Anti Kalap!pexels.com/Artem Bali

Sekarang, kemudahan bertransaksi memang gak usah diragukan lagi seiring berkembangnya zaman. Beragam metode untuk bertransaksi dapat kamu temukan dengan mudah, misalnya seperti kartu kredit. Sering kali dengan adanya kartu kredit, kita akan mudah tergoda untuk membeli barang-barang yang sebetulnya tidak kita perlukan. 

Apalagi selama traveling, di mana kegiatan berbelanja ini merupakan momen yang pas untuk dilakukan. Jadi, usahakan untuk selalu menggunakan uang tunai saja ya, sehingga apabila uang di dompet kamu sudah mulai menipis, kamu bisa lebih menahan godaan untuk belanja.

2. Pikirkan kegunaan jangka panjang dari barang yang ingin kamu beli

5 Tips Ampuh Menahan Godaan Belanja Selama Traveling, Anti Kalap!pexels.com/Bùi Nam Phong

Sebelum membeli sesuatu, ada baiknya kalau kamu teliti dan berpikir sejenak dulu ya. Maksudnya, janganlah terburu-buru membeli sesuatu karena dikuasai keinginan untuk membeli secepat mungkin. Supaya tidak kalap, coba pikirkan apa kegunaan jangka panjang dari barang yang hendak kamu beli. 

Apakah manfaat atau kegunaan yang dirasakan hanya dapat bertahan sekali, dua kali atau berkali-kali. Ya, intinya sih kamu lebih selektif dalam membeli barang ya sehingga barang-barang yang akan kamu beli selama traveling itu memang barang yang lebih dibutuhkan atau tidak boros

3. Ajak teman seperjalanan yang suka berhemat dan pandai mengatur keuangan

5 Tips Ampuh Menahan Godaan Belanja Selama Traveling, Anti Kalap!pexels.com/Oleksandr Pidvalnyi

Nah, bagi kamu yang tidak berminat melakukan solo traveling, tips yang satu ini wajib banget kamu terapkan. Punya teman seperjalanan memang menyenangkan, tapi jangan lupa kalau kamu juga perlu memilih teman seperjalanan yang tepat ya. Pilihlah teman traveling yang kamu tahu tidak boros dan konsumstif serta dapat mengatur keuangan dengan baik.

Jadi, kamu bisa sambilan belajar nih bagaimana mengatur keuangan yang baik selama traveling. Selain itu, pergi bersama teman traveling yang hemat dan pandai mengatur keuangan tentu lebih dapat membantumu untuk menahan godaan belanja selama traveling, daripada pergi dengan teman traveling yang boros dan konsumstif.

Baca Juga: 5 Tips Traveling Menyenangkan Tanpa Tersesat, Bikin Liburan Jadi Happy

4. Bila traveling dan belanja ke luar negeri, coba hitung dan konversikan mata uang asing tersebut ke rupiah

5 Tips Ampuh Menahan Godaan Belanja Selama Traveling, Anti Kalap!Tofros.com

Belanja saat traveling ke luar negeri tentu memiliki daya tarik tersendiri. Berwisata dan mengunjungi tempat baru pastinya bikin kita excited  sehingga tak jarang kita jadi kalap saat berbelanja. Nah, sebagai traveler sering kali kita terjebak dengan nilai mata uang asing yang belum kita konversikan ke rupiah.

Sehingga, kita tidak sadar bahwa barang yang kita beli ternyata cukup mahal bila dikonversikan ke rupiah. Tenang saja, sekarang ini sudah banyak lho aplikasi smartphone yang dapat jadi 'asisten' untuk menghitung dan mengonversikan mata uang dengan mudah dan praktis.

5. Bersyukur bahwa kamu punya kesempatan untuk traveling

5 Tips Ampuh Menahan Godaan Belanja Selama Traveling, Anti Kalap!pexels.com/rawpixel.com

Tips yang terakhir ini mungkin tidak terasa penting ya, namun kalau kamu benar-benar menerapkannya maka godaan untuk belanja selama traveling ini bisa berkurang drastis lho. Ya, bersyukur kunci pentingnya. Seringkali kita merasa harus berbelanja karena didorong oleh rasa tidak puas sehingga mengakibatkan kita konsumsi dan boros.

Cobalah untuk bersyukur di setiap kesempatan, termasuk selama kamu traveling. Rasakan syukur yang mendalam bahwa dengan punya berkesempatan traveling saja sudah sangat bagus, sehingga kegiatan berbelanja walaupun perlu, tetap bukanlah tujuan utama dari traveling.

Nah, mudah-mudahan setelah membaca penjelasan penting di atas, kamu dapat menahan godaan belanja selama traveling ya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Tips Hemat Saat Traveling Supaya Gaji Gak Cepat Habis

Frederick Photo Community Writer Frederick

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You