Comscore Tracker

Waspada! Ini 10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Traveller

Jangan sampai terjadi ya..

Berbagai macam kejadian tak terduga memang kerap menimpa seorang traveller saat pergi atau berada di destinasi tujuan. Meski sudah dipersiapkan secara matang, terkadang ada saja hal sepele yang tak disadari menjadi pengacau liburan. Bahkan, menjadi sebuah masalah serius yang mengganggu.

Berikut ini beberapa kesalahan seorang traveller yang sering tidak disadari, tetapi sayangnya sering kita lakukan:

1. Melupakan back-up dokumen penting.

Waspada! Ini 10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Traveller pixabay.com

Mem-backup paspor, visa, dan beberapa dokumen perjalanannya lainnya terkadang luput dari ingatan. Hal ini penting sebagai bentuk antisipasi kejadian tak terduga, seperti hilang atau sengaja dicuri orang lain.

2. Terlambat booking hotel.

Waspada! Ini 10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Traveller pixabay.com

Karena terlalu sibuk mengurusi segala persiapan dan perlengkapan untuk travelling, terkadang kita terlambat booking tiket pesawat atau hotel. Selain tiket pesawat, kita juga harus sekaligus memesan kamar hotel yang sesuai dengan budget kita.

3. Melupakan review travel blog.

Waspada! Ini 10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Traveller pixabay.com

Konten travel blog akan memudahkan kita untuk memilih destinasi wisata. Berbagai macam hal tersedia secara lengkap di sana, mulai dari harga, fasilitas, life hacks, hingga tips-tips bermanfaat. Namun, kita malah sering abai membaca review travel blog tersebut karena terlalu sibuk dengan persiapan lain.

4. Over-packing.

Waspada! Ini 10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Traveller pexels.com

Jangan membawa perlengkapan yang tidak terlalu penting saat melakukan travelling. Selain karena akan menambah beban bawaan, packing terlalu banyak pun terkadang membuat orang-orang ‘iseng’ semakin gencar melakukan aksi kejahatan. Daripada membawa koper, lebih baik membawa tas ransel agar lebih aman saat dibawa.

5. Berangkat tanpa asuransi.

Waspada! Ini 10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Traveller pexels.com

Tak ada salahnya mengurus asuransi perjalanan meski harus menambah beban pengeluaran, daripada menyesal nantinya. Tapi, masalahnya banyak yang masih menganggap remeh asuransi karena menganggap perjalanan akan selalu baik-baik saja.

Baca Juga: Aksesoris Lucu a la Traveller, Bikin Kamu Makin Hits!

6. Tidak waspada taksi ilegal.

Waspada! Ini 10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Traveller pixabay.com

Cari informasi sedetail mungkin tentang angkutan resmi yang beroperasi di tempat tujuan. Sebaiknya kita bisa meminta bantuan petugas hotel memesankan taksi jika ingin bepergian. Jangan sekali-kali menggunakan taksi yang tidak memiliki izin operasional, meski harga yang ditawarkan lebih murah. 

7. Memakai perhiasan mencolok.

Waspada! Ini 10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Traveller pixabay.com

Biasakan melepas barang-barang dan perhiasan yang mencolok saat melakukan travelling. Jangan memancing orang-orang tidak bertanggung jawab memanfaatkan kesempatan untuk berbuat jahat. Usahakan jangan bertingkah “ndeso” jika tidak ingin kamu  menjadi korban kejahatan.

8. Tidak memanfaatkan lubang kecil pintu kamar hotel.

Waspada! Ini 10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Traveller pexels.com

Terkadang, orang tidak terlalu peduli dengan lubang kecil di depan pintu kamar hotel karena dinilai tidak penting. Jangan asal membuka pintu kamar hotel tanpa melihat dahulu siapa "tamu" kamu. Kamu tetap harus waspada.

9. Terlalu akrab dengan orang asing.

Waspada! Ini 10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Traveller usahaproperti.com

Karena berada di tempat asing, seringkali kita banyak bertanya kepada orang-orang asing yang berada di sana. Usahakan jangan terlalu akrab dengan orang yang baru pertama kiita kenal karena bisa jadi orang tersebut memiliki niat tidak baik terhadap kita.

Sudah siap liburan? Jangan lupakan 9 hal di atas ya supaya liburanmu tetap menyenangkan!

Baca Juga: Siapa Bilang Travelling Harus Keluar Uang Banyak? Ini 11 Trik Budget Travelling

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya