Comscore Tracker

5 Tips Menjaga Koper Agar Tidak Mudah Rusak

Yuk rawat dengan baik!

Bagi para traveler, koper merupakan sesuatu hal yang amat penting dan selalu menjadi teman setia para traveler. Oleh sebab itu penting pula untuk menjaga kebersihan dan kerapihan koper agar tetap awet dan masa pakainya lama. Apalagi bila kamu merupakan tipe orang yang sering berpergian dan jalan-jalan otomatis amatlah penting dalam merawat koper. Berikut 5 cara yang bisa kamu terapkan untuk merawat koper, yuk simak!

1. Bersihkan bagian luar koper dengan lap basah

5 Tips Menjaga Koper Agar Tidak Mudah Rusakprofile.wimiu.com

Kamu bisa membersihkan bagian luar koper dengan menggunakan wash lap atau kain basah. Apalagi bila kopermu berbahan poliester atau polikarbonat otomatis cara membersihkannya pun mudah hanya menggunakan kain basah saja. Bahan ini memang didesain agar mudah dibersihkan dan tak memakan waktu banyak untuk membersihkannya.

2. Gunakan tisu basah atau alkohol

5 Tips Menjaga Koper Agar Tidak Mudah Rusakamazon.com

Lakukan hal ini bila kopermu terbuat dari kulit karena biasanya bahan kulit lebih sukar dibersihkan. Tambahkan alkohol dan gunakan tisu basah untuk membersihkannya. Meski lumayan sulit dan butuh waktu agak lama, lakukan terus-menerus sampai bagian luar koper pun bersih agar masa pakai kopermu pun awet terlebih bila kamu merupakan sosok yang suka traveling.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Liburan Dengan Agen Travel Jauh Lebih Menyenangkan

3. Bersihkan dengan wash lap

5 Tips Menjaga Koper Agar Tidak Mudah RusakPexels/Vinta fesyen

Bagian dalam koper pun jelas perlu juga dibersihkan agar koper lebih awet dan bisa digunakan untuk traveling. Cukup gunakan washlap dan bersihkan dengan pelan agar koper tak mudah rusak. Namun untuk hasil yang lebih baik tambahkan washlap dengan alkohol agar koper bisa lebih bersih. Nah amat sangat mudah kan?

4. Jemur di bawah sinar matahari

5 Tips Menjaga Koper Agar Tidak Mudah RusakPexels/Khan Le

Agar tidak menimbulkan bau apek, jangan lupa untuk jemur koper di bawah sinar matahari sampai kering. Koper yang sudah dibersihkan jangan langsung disimpan dalam ruangan karena justru koper akan mudah rusak serta rapuh. Biarkan sinar matahari mengeringkan koper namun jemur koper sampai kering tak perlu sepanjang hari karena justru akan membuat koper rusak.

5. Gunakan plastik wrap dan posisi koper dalam keadaan berdiri

5 Tips Menjaga Koper Agar Tidak Mudah RusakPexels/Pixabay

Kesalahan yang sering dilakukan para traveler adalah menyimpan koper dalam keadaan terlentang. Padahal harusnya koper disimpan dalam keadaan berdiri dan lapisi dengan plastik wrap agar tetap awet digunakan. Nah mulailah untuk menjaga serta merawat koper dengan baik agar saat kita traveling nanti koper pun sudah dalam keadaan bersih dan bisa langsung digunakan. Yuk pelihara kopermu dengan baik!

Baca Juga: 5 Cara Bikin Traveling Kamu Menyenangkan Meski Sedang Musim Hujan

Indah Shaliha Photo Community Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung. Email : shalihaindah@gmail.com. Follow my instagram: instagram.com/indahshaliha. Thanks for reading my articles

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You