Comscore Tracker

5 Tips untuk Menghemat Baterai Ponsel Saat Traveling!

Mudah kok!

Saat traveling tentunya ponsel merupakan hal yang penting bagi traveler. Namun saat kamu berwisata tentu kamu harus menerapkan tips jitu karena kamu tidak bisa setiap saat mengisi baterai smartphone-mu. Beruntung bila kamu mempunyai power bank, jika tidak maka kamu harus mengubah strategi dalam menggunakan smartphone.

Biar tetap bisa menggunakan smartphone saat traveling, kamu wajib menghemat baterai. Berikut lima tips untuk menghemat baterai ponsel saat traveling! Jadi kamu gak perlu panik smartphone low batt saat kamu membutuhkannya:

1. Ubah jadwal mengisi baterai

5 Tips untuk Menghemat Baterai Ponsel Saat Traveling!Pexels/Rawpixel

Saat traveling kamu tentu harus mengubah jadwal pengisian baterai. Lebih baik isi baterai saat malam hari sambil kamu beristirahat agar esoknya baterai smartphone-mu sudah penuh dan siap digunakan lagi. Namun jangan mengisi baterai sambil menyalakan ponsel karena akan cepat merusak ponselmu. Lebih baik kamu isi baterai smartphone sambil istirahat malam agar esok kamu siap lagi jalan-jalan dan smartphone dalam keadaan siap untuk dipakai.

2. Ubah pengaturan cahaya

5 Tips untuk Menghemat Baterai Ponsel Saat Traveling!Pexels/Ingo Yoseph

Penyebab baterai mudah habis adalah kamu menggunakan cahaya yang terlalu terang. Lebih baik atur pencahayaan ponselmu secukupnya saja agar baterai ponselmu tidak mudah habis. Untuk memotret alam ada baiknya gunakan kamera digital bukan ponsel untuk meminimalisir baterai ponsel yang cepat habis. Gunakan ponsel hanya untuk alat penghubung dengan begitu baterai ponselmu takkan mudah habis.

3. Atur aplikasi smartphone

5 Tips untuk Menghemat Baterai Ponsel Saat Traveling!Pexels/Alok Sharma

Penyebab baterai cepat habis selanjutnya adalah seringnya kamu membuka banyak aplikasi sekaligus. Tak hanya cepat habis, ponsel pun mudah hang dan bahkan berisiko cepat rusak. Oleh sebab itu saat traveling lebih baik matikan aplikasi yang memang tak dibutuhkan dan tutup notifikasinya. Dengan begitu baterai ponselmu takkan mudah habis saat berlibur.

Baca Juga: Rayakan Hari Baterai, Inilah Sejarah Barang Penyimpan Listrik Tersebut

4. Saat susah sinyal aktifkan mode pesawat

5 Tips untuk Menghemat Baterai Ponsel Saat Traveling!Pexels/Giftpundits.com

Tak selamanya sinyal berpihak pada kita saat traveling. Nah saat susah sinyal lebih baik kamu aktifkan mode pesawat agar baterai ponsel tetap awet. Lagipula hal yang percuma bukan kalau kamu tetap mengaktifkan ponsel dalam keadaan sinyal kurang mendukung. Nah lebih baik pakai mode pesawat saja dan nikmati liburanmu dengan baik bukan malah fokus terhadap ponsel saja.

5. Jangan buru-buru unggah ke media sosial

5 Tips untuk Menghemat Baterai Ponsel Saat Traveling!Pexels/Stockpic

Ada baiknya kamu gak perlu buru-buru unggah semua momen ke media sosial. Lebih baik tunggu unggah momenmu saat berada di penginapan atau hotel agar kamu bisa mengisi kembali baterai ponselmu yang terkuras. Jangan memaksakan diri hanya karena ingin pamer ke followers. Toh menggugah momen di hotel pun tidak buruk kok. Nah dengan begitu baterai ponselmu bisa tetap awet saat traveling bukan?

Lima tips untuk menghemat baterai ponsel saat traveling di atas adalah cara termudah untuk menghemat baterai handphone kamu. Sebagai tambahan, ada baiknya kamu membawa peta kertas serta kamera digital dan menggunakan sesuai fungsinya agar tak menggunakan ponsel ketika memerlukan keduanya.

Baca Juga: Hindari! 13 Faktor Berikut Ini Membuat Baterai Ponsel Jadi Boros

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan
  • Septi Riyani

Just For You