Comscore Tracker

Bikin Bahaya, 5 Kebiasaan Buruk Saat Traveling Ini Harus Ditinggalkan!

Jangan dibiasakan ya!

Ketika kita hendak berwisata ke luar kota bahkan ke luar negeri, ada baiknya kita harus meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk karena justru akan membahayakan bila terus dilakukan.

Saat traveling atau wisata tentunya kita akan banyak bertemu dengan orang asing. Di saat seperti itu tentunya kita harus meningkatkan kewaspadaan dengan tidak mempercayai orang yang tidak dikenali.

Yuk waspada dan tinggalkan 5 kebiasaan buruk ini demi kebaikan dirimu sendiri!

1. Membuka peta atau buku panduan di depan umum

Bikin Bahaya, 5 Kebiasaan Buruk Saat Traveling Ini Harus Ditinggalkan!Pexels/Porapak Apichodilok

Membaca buku panduan atau peta saat travel sih sah-sah saja. Namun usahakan jangan membacanya di tempat umum atau ramai, karena ini mengundang kejahatan. Kamu akan dicap tidak tahu apa-apa tentang tempat yang sedang kamu kunjungi ini dan oknum penjahat bisa saja mendatangimu dan menipumu.

Lebih baik buka buku panduan atau peta saat sedang sendiri dan lebih baik berpura-pura tahu benar mengenai tempat yang sedang kamu kunjungi demi keamananmu sendiri.

2. Tidak mengawasi makanan atau minuman yang sedang dikonsumsi

Bikin Bahaya, 5 Kebiasaan Buruk Saat Traveling Ini Harus Ditinggalkan!Pexels/Stockpic

Di tempat asing kamu harus waspada termasuk selalu awas terhadap makanan yang sedang kamu makan. Karena saat oleng sedikit, bisa saja orang asing atau penjahat memasukkan sesuatu ke dalam makanan atau minumanmu yang mana situasi ini jelas membahayakan bagi dirimu sendiri.

Baca Juga: Gak Perlu Repot, Ini 5 Alasan Kamu Harus Nyoba Minimalis Traveling!

3. Paspor dibawa kemana-mana

Bikin Bahaya, 5 Kebiasaan Buruk Saat Traveling Ini Harus Ditinggalkan!Pexels/Nappy

Mungkin kamu sedikit kurang percaya pada hotel atau tempat menginap saat traveling sehingga kamu membawa paspor kemana-mana. Tetapi hal ini akan membuat paspormu tanpa sengaja kamu hilangkan atau tanpa sengaja basah karena kamu selalu membawanya kemana-mana.

Lebih baik simpan di tempat penginapan. Namun pastikan dulu tempat penginapan yang kamu pilih itu aman sehingga kamu bisa tenang menyimpan paspormu di sana.

4. Bertanya pada orang yang tak dikenal ketika tersesat

Bikin Bahaya, 5 Kebiasaan Buruk Saat Traveling Ini Harus Ditinggalkan!Pexels/Spencer

Saat traveling sesekali kita akan tersesat apalagi bila tempat tersebut baru pertama kali kamu datangi. Namun usahakan saat tersesat jangan bertanya pada orang asing. Masih untung kamu mendapatkan orang asing yang baik, bagaimana kalau orang asing yang kamu tanyai berniat jahat kepadamu?

Oleh sebab itu usahakan saat tersesat tetap tenang cari tahu lewat GPS dahulu sebelum memutuskan untuk bertanya pada orang asing.

5. Masa bodoh dengan lingkungan sekitar

Bikin Bahaya, 5 Kebiasaan Buruk Saat Traveling Ini Harus Ditinggalkan!Pexels/Chanaka

Hal terakhir yang sering kamu lakukan dan harus kamu hindari saat wisata adalah masa bodoh dengan lingkungan sekitar. Terlalu asyik sendiri sehingga tanpa sadar dompetmu dicuri misalnya. Hal ini tentu merugikan dirimu kan? Oleh sebab itu jangan cuek dengan lingkungan sekitar karena kejahatan bisa datang dari mana saja tanpa kita sadari.

Kamu doyan travelling? Yuk tinggalkan kebiasaan itu!

Baca Juga: Best Planner, Ini 5 Zodiak Wajib Kamu Libatkan Saat Travelling

Indah Shaliha Photo Community Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung. Email : shalihaindah@gmail.com. Follow my instagram: instagram.com/indahshaliha. Thanks for reading my articles

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You