Comscore Tracker

Ternyata 5 Hal yang Bikin Menstruasi Gak Lancar Selama Traveling!

Ini lho sebabnya!

Setiap bulannya wanita pasti akan mengalami menstruasi sebagai tanda tidak terjadi pembuahan di dalam tubuhnya. Menstruasi umumnya terjadi selama 7 hari dan kerap beberapa wanita mengeluh jika menstruasi yang mereka alami tidak lancar.

Kurang lancarnya menstruasi bisa dipicu karena traveling atau berlibur ke suatu tempat. Ternyata lima hal inilah penyebab mengapa menstruasi sering gak lancar selama traveling, yuk simak ulasannya!

1. Jam biologis berubah

Ternyata 5 Hal yang Bikin Menstruasi Gak Lancar Selama Traveling!Pexels/Burst

Saat memutuskan traveling ke luar negeri misalnya tentu terdapat perubahan waktu antara siang dan malam. Waktu yang berubah tentunya menyebabkan jam biologis tidur juga ikutan berubah. Perubahan ini memicu ketidakseimbangan hormon dan perlu waktu untuk menyesuaikan atau beradaptasi terhadap jam biologis yang berubah tersebut. Tentunya hal ini menyebabkan siklus menstruasi menjadi kurang normal atau bahkan tidak lancar seperti biasanya.

2. Susah tidur

Ternyata 5 Hal yang Bikin Menstruasi Gak Lancar Selama Traveling!woolcock.org.au

Tak sedikit saat berlibur banyak orang-orang yang mengalami insomnia karena situasi yang berbeda dari negara asal. Situasi ini berhubungan erat dengan iklim, suasana, bahkan jam tidur sehingga tak sedikit yang mengalami insomnia karena membutuhkan waktu untuk penyesuaian. Insomnia yang terjadi ini dapat memicu kurang lancarnya menstruasi selama traveling berlangsung. Namun jangan khawatir, saat kembali ke negara asal biasanya siklus menstruasi kembali normal.

Baca Juga: Ini 5 Spot Terbaik untuk Dapatkan Teman Baru Saat Solo Traveling!

3. Kebiasaan berubah

Ternyata 5 Hal yang Bikin Menstruasi Gak Lancar Selama Traveling!Pexels/Olexandr

Kebiasaan yang terjadi selama traveling jelas berubah secara signfikan. Mungkin yang biasanya jam tidurmu teratur, selama liburan kamu harus memangkasnya karena kamu harus mengunjungi banyak tempat selama liburan dengan waktu yang terbatas. Kebiasaan yang berubah ini juga dapat memicu menstruasi menjadi kurang lancar karena kelelahan.

4. Stres

Ternyata 5 Hal yang Bikin Menstruasi Gak Lancar Selama Traveling!Pexels/David Garrison

Jangan menyangka liburan tidak akan membuatmu stres karena keterlambatan jam terbang, kehilangan barang bahkan tersesat di tempat yang baru akan memicu terjadinya stres selama liburan. Saat stres terjadi biasanya siklus menstruasi pun menjadi tidak lancar karena ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Oleh sebab itu usahakan hal-hal semacam itu tidak terjadi selama traveling dan lebih baik ikut saja agen travel agar berbagai masalah bisa di minimalisir.

5. Sakit selama traveling

Ternyata 5 Hal yang Bikin Menstruasi Gak Lancar Selama Traveling!besthealthmag.ca

Selama liburan pun boleh jadi kamu sakit karena kelelahan, terpapar virus, makanan yang kurang sehat bahkan daya tahan tubuhmu menurun. Saat sakit tubuh bekerja keras untuk melawan berbagai mikrobiologis patogen yang masuk ke dalam tubuh. Oleh sebab itu siklus menstruasi pun menjadi tidak lancar. Oleh sebab itu ada baiknya selama liburan kamu tetap menjaga kesehatan dan istirahat yang cukup agar terhindar dari sakit.

Yuk minimalisir penyebabnya!

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Indah Shaliha Photo Community Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung. Email : shalihaindah@gmail.com. Follow my instagram: instagram.com/indahshaliha. Thanks for reading my articles

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You