Comscore Tracker

Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui Saat Naik Pesawat untuk Pertama Kali

Gak perlu gugup, kok!

Sebagian orang mungkin sebelumnya tidak pernah bepergian dengan pesawat terbang dan menjadi gugup ketika akan melakukan perjalanan untuk pertama kali. Meski begitu tak seharusnya kamu gugup dan cukup mengetahui berbagai hal agar perjalananmu dengan pesawat terbang terasa nyaman.

Berikut 5 hal yang harus kamu ketahui saat traveling dengan pesawat terbang untuk yang pertama kali, sudah tahu?

1. Tak perlu mencetak e-ticket

Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui Saat Naik Pesawat untuk Pertama KaliPexels/Torsten Dettlaff

Kebanyakan orang biasanya mengandalkan untuk membeli tiket secara online karena lebih mudah, cepat dan tidak perlu mengantre. Nah, saat mendapatkan e-ticket kamu gak perlu repot-repot untuk mencetaknya. Cukup dengan memperlihatkan dokumennya yang ada di hansphone-mu pada petugas karena mereka pun akan mengerti. Sesudah itu mereka akan membantu mencetak boarding pass-nya.

2. Cari tahu check in secara online maupun manual

Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui Saat Naik Pesawat untuk Pertama KaliPexels/VisionPic .net

Jangan lupa sebelum kamu hendak bepergian dengan pesawat terbang kamu harus check in secara manual atau secara online dulu. Biasanya check in secara manual biasa dilakukan satu jam sebelum berangkat tetapi kamu harus siap-siap mengalami antrian panjang yang melelahkan.

Oleh sebab itu, baiknya kamu manfaatkan check in secara online saja. Beberapa maskapai membuka fasilitas check in online selama 14 hari sebelum keberangkatan tetapi ada juga yang membuat fasilitas check in online hanya 24 jam sebelum waktu keberangkatan.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Biar Perjalananmu di Pesawat Menyenangkan

3. Perhatikan berapa jumlah barang yang boleh masuk bagasi

Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui Saat Naik Pesawat untuk Pertama KaliPexels/Skitterphoto

Saat hendak bepergian dengan pesawat pastinya kamu akan membawa barang seperti baju, kosmetik atau benda lainnya. Nah, benda-benda ini biasanya masuk dalam bagasi dan kebanyakan maskapai menetapkan bobot maksmal sebesar 7-20 kg saja.

Namun, jika barang bawaanmu nyatanya lebih besar dari jumlah maksimal maka kamu harus menyiapkan dana lebih karena barangmu memerlukan tempat bagasi lain.

4. Perhatikan barang apa saja yang boleh masuk kabin pesawat

Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui Saat Naik Pesawat untuk Pertama KaliPexels/Longxiang Qian

Area kabin memang merupakan area penumpang oleh sebab itu mereka membatasi bawaan yang boleh masuk ke kabin. Kamu hanya diperbolehkan membawa 1 tas bawaan dengan ukuran 40x30x20 cm entah itu tas jinjing atau tas laptop.

Selain itu, kamu pun boleh membawa benda cairan dengan ukuran volume 100 ml dan biasanya ini berlaku untuk air mineral saja. Sedangkan kosmetik dan skin care biasanya langsung masuk bagasi.

Barang-barang elektronik seperti tablet atau smartphone boleh dibawa masuk kabin hanya saja kamu harus mengaturnya dalam mode pesawat atau keadaan non aktif.

5. Pergilah menuju area imigrasi jika hendak ke luar negeri

Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui Saat Naik Pesawat untuk Pertama KaliPexels.com/Negative Space

Jika semua dokumen telah siap ada baiknya kamu langsung saja menuju area imigrasi. Jangan lupa untuk menyiapkan dokumen seperti paspor agar bisa langsung diperiksa oleh petugas dan mendapatkan cap. Begitu pula saat kamu sudah mendarat di negara tujuan, kamu harus mendatangi jalur imigrasi terlebih dahulu untuk memperlihatkan paspor dan visa pada petugas yang berwenang.

Ada baiknya jika kamu memutuskan untuk jalan-jalan ke luar negeri belajar dan pahamilah bahasa inggris dengan baik. Hal ini karena saat petugas menginterogasimu dan dia tidak memahami apa yang kamu ucapkan. Bisa-bisa kamu malah dipulangkan lagi ke Indonesia, apalagi jika bepergian ke negara wajib visa.

Nah, perhatikan 5 hal di atas, ya agar perjalananmu terasa lebih mudah!

Baca Juga: 4 Perbedaan Dasar Paspor & Visa, Biar Rencana ke Luar Negeri Lancar!

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You