Comscore Tracker

Terapkan 5 Tips Kurangi Jumlah Sampah Saat Berkemah, Save Our Earth!

#PanjatPoin Yuk jaga bumi kita!

Sah-sah saja jika kamu suka berkemah serta berpetualang untuk menikmati indahnya alam. Hanya saja kamu pun tetap harus ikut berkontribusi untuk melestarikan lingkungan bukan malah mengotori tempat kemah dengan sampah apalagi sampah plastik yang sulit untuk hancur. Pedulikan lingkungan, terapkan lima tips berikut untuk mengurangi jumlah sampah saat berkemah!

1. List barang apa saja yang akan dibawa

Terapkan 5 Tips Kurangi Jumlah Sampah Saat Berkemah, Save Our Earth!Pexels/Suzy Hazelwood

Sebaiknya sebelum kemah siapkan barang apa saja yang akan kamu bawa dan usahakan jangan membawa yang tidak perlu apalagi kalau harus dibuang yang akhirnya menambah jumlah sampah. Pastikan barang yang kamu bawa benar-benar dibutuhkan bukan hanya sekedar gaya-gayaan saja. Dengan begitu kamu sudah ikut berkontribusi untuk melestarikan bumi.

2. Bungkus dengan kain

Terapkan 5 Tips Kurangi Jumlah Sampah Saat Berkemah, Save Our Earth!Pexels/Madhuri

Barang-barang yang dibawa saat kemah pun ada baiknya jangan dibungkus dengan plastik dan lebih baik dibungkus dengan kain saja. Kain pembungkus bisa digunakan kembali dan tidak perlu dibuang sehingga jumlah sampah pun tidak akan semakin banyak. Menjaga lingkungan tidak perlu dengan hal yang besar dulu karena dengan tidak menambah jumlah sampah plastik pun sudah berkontribusi untuk lingkungan.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mengolah Sampah Kosmetik, Gak Sulit Kok!

3. Bawa perlengkapan makan

Terapkan 5 Tips Kurangi Jumlah Sampah Saat Berkemah, Save Our Earth!Pexels/Ella Olsson

Salah satu jenis sampah yang sulit membusuk adalah sampah plastik. Oleh sebab itu ada baiknya kamu membawa peralatan makan dari rumah saja agar tak ada sampah plastik yang harus dibuang saat kemah. Hindari membungkus makanan dengan plastik karena akan mencemari lingkungan tempat kemah. Meski tempat tersebut bukan halaman rumahmu tetap saja kamu harus menjaga kebersihannya.

4. Siapkan lubang sampah organik

Terapkan 5 Tips Kurangi Jumlah Sampah Saat Berkemah, Save Our Earth!Pexels/Suzy Hazelwood

Jika kamu memiliki sampah dari sisa-sisa makanan yang kamu konsumsi ada baiknya kamu kumpulkan sampah tersebut di satu tempat dan buatlah lubang sebagai tempat sampah. Tak perlu khawatir akan mencemari lingkungan karena sampah organik mudah membusuk. Namun setelah kemah selesai kuburlah sampah organik tersebut agar lingkungan kembali bersih.

5. Bawa makanan yang tahan lama

Terapkan 5 Tips Kurangi Jumlah Sampah Saat Berkemah, Save Our Earth!Pexels/Outsource

Saat kamu berkemah ada baiknya jangan menambah jumlah sampah di tempat tersebut terlalu banyak. Oleh sebab itu bawalah makanan yang tak mudah basi supaya tidak cepat terbuang dengan begitu saja seperti telur yang mampu bertahan sampai cangkangnya rusak atau pecah. Dengan begitu kamu mampu mengurangi jumlah sampah dan tidak akan mengotori lingkungan.

Yuk jaga bumi kita dari sampah!

Baca Juga: Wajib Ditanggulangi, Ini 7 Bahaya Fatal Sampah Plastik di Laut

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya