Comscore Tracker

10 Tips Anti Gagal Merencanakan Road Trip, Dijamin Seru!

Traveling makin asyik! #4GPlusKuat #MakinKuatInternetan

Melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan kendaraan pribadi untuk tujuan traveling, atau lebih familier dengan istilah road trip, menjadi seni melakukan jalan-jalan yang kian diminati oleh para pecinta perjalanan, traveler, backpacker, atau petualang. Demi memperoleh pengalaman dan sensasi perjalanan yang berbeda dan anti mainstream, mereka rela meninggalkan kenyamanan naik pesawat atau kereta api untuk tiba di destinasi impian.

Nah, kalau kamu mulai tergoda juga untuk menjajal serunya road trip seperti yang pernah dilakukan Sam, Ibu Uci, dan Happy di film Kulari ke Pantai, coba deh simak dulu tips ampuh berikut.

Persiapan matang sebelum road trip itu sangat perlu supaya perjalanan kamu aman, nyaman, dan lancar. Siap menyimak?

1. Menentukan kawan seperjalanan dan transportasi yang dipakai untuk road trip

10 Tips Anti Gagal Merencanakan Road Trip, Dijamin Seru!Pixabay/Igor Ovsyannykov

Memutuskan menjajal road trip artinya kamu harus memilih terlebih dahulu, ingin road trip menggunakan motor atau mobil. Pilihan kendaraan ini sebaiknya disesuaikan dengan orang yang akan kamu jadikan kawan seperjalanan. Termasuk jika kamu memutuskan untuk road trip seorang diri. Kamu harus yakin dengan kendaraan yang kamu pilih, terlebih bila kamu berniat mengendarai motor.

2. Menentukan destinasi road trip

10 Tips Anti Gagal Merencanakan Road Trip, Dijamin Seru!Pexels/Skitterphoto

Jauh dekatnya destinasi road trip sebaiknya kamu sesuaikan dengan transportasi yang sudah kamu tentukan di poin pertama. Jangan sampai tujuan akhir road trip kamu terlampau jauh sehingga justru bikin kondisi badan kamu drop. Ada baiknya kamu diskusikan dengan kawan seperjalananmu agar tidak ada yang merasa keberatan dengan destinasi road trip.

3. Memilih waktu terbaik untuk melakukan road trip

10 Tips Anti Gagal Merencanakan Road Trip, Dijamin Seru!Pexels/Victor Freitas

Tanggal pelaksanaan road trip sebaiknya disesuaikan dengan kondisi cuaca terkini dan memperhatikan hari besar atau libur nasional. Cuaca yang buruk bisa membahayakan perjalanan, sedangkan hari besar atau libur nasional biasanya akan membuat jalanan dan tempat wisata menjadi semakin padat pengunjung.

Kalau kamu seorang pekerja kantoran, perhatikan juga jadwal cuti dan peak season di kantormu. Road trip biasanya membutuhkan waktu agak panjang. Jangan sampai cutimu ditolak karena jadwal road trip yang berbenturan dengan deadline pekerjaan kantor.

4. Membuat itinerary

10 Tips Anti Gagal Merencanakan Road Trip, Dijamin Seru!Pexels/Rawpixel

Meski road trip identik dengan backpacking di mana biasanya pejalan gak perlu repot-repot memikirkan itinerary, nyatanya gambaran kasar rencana perjalanan itu tetap dibutuhkan, lho. Terlebih jika rute road trip yang akan kamu lakukan menempuh jarak yang gak dekat.

Kamu harus bikin minimal itinerary kasar, seperti start dari rumah jam berapa, target sampai di kota A jam berapa, kapan melanjutkan perjalanan lagi, dan akan menginap di mana. Rencana perjalanan ini akan jadi pedoman kamu melakukan road trip biar lebih terstruktur, gak over budget, dan lebih punya tujuan pasti.

5. Bikin estimasi biaya road trip

10 Tips Anti Gagal Merencanakan Road Trip, Dijamin Seru!Pexels/Rawpixel

Setelah memegang itinerary, kamu bisa punya bayangan estimasi biaya yang bakal kamu habiskan untuk menyelesaikan rencana road trip kamu. Terlepas kamu sebetulnya punya budget lebih, kamu sebaiknya tetap punya perkiraan ongkos perjalanan ini agar kamu bisa sekaligus belajar mengatur keuangan selama menempuh perjalanan.

Baca Juga: Gak Cuma Liburan, 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Traveling

6. Menentukan akomodasi menginap

10 Tips Anti Gagal Merencanakan Road Trip, Dijamin Seru!Pixabay/Bishnu Sarangi

Dari itinerary yang sudah kamu bikin tadi, saatnya kamu menentukan di mana kamu akan menginap selama menjalani road trip dan ketika sampai di tujuan akhir.

Untuk menghemat biaya, kamu bisa pilih homestay atau penginapan murah di kota yang kamu kunjungi. Lebih bagus lagi kalau kamu punya kerabat atau kenalan di kota tersebut. Sembari silaturahmi, kamu bisa sekalian meminta izin menginap di rumahnya sejenak. Dengan catatan jika tidak merepotkan mereka, ya.

7. Menentukan wisata kuliner yang khas

10 Tips Anti Gagal Merencanakan Road Trip, Dijamin Seru!Dok. Pribadi/Intan Deviana

Menjelajah ke kota atau daerah baru, tentu akan terasa gak lengkap kalau belum mencicipi kuliner khasnya. Dari itinerary yang sudah kamu buat, kamu bisa memperkirakan di mana saja kamu bisa berhenti untuk menyempatkan menjajal kuliner khas kota yang kamu lewati, termasuk saat kamu sudah tiba di destinasi akhir. Untuk mencari tahu ada kuliner apa saja, kamu bisa browsing informasinya dulu di internet.

Nah, biar akses pencarian info kuliner di internet tersebut cepat dan lancar tanpa hambatan, coba deh pakai #4GPlusKuat punya IM3 Ooredoo. Dengan jangkauan jaringan internet 4G Plus IM3 Ooredoo yang kuat dan luas, di mana infonya bisa kamu cek di link ini https://indosatooredoo.com/4gplus, kamu bisa #MakinKuatInternetan untuk menghimpun daftar kuliner favorit di kota yang akan kamu datangi.

Kamu sekaligus bisa mencari info di mana lokasi kuliner yang enak dan berapa harga per porsinya. Asyik banget, kan?

8. Cek kondisi kendaraan dan tubuh kamu sebelum memulai road trip

10 Tips Anti Gagal Merencanakan Road Trip, Dijamin Seru!Pexels/Guduru Ajay bhargav

Kendaraan yang prima menjadi syarat wajib supaya road trip kamu berjalan sukses. Pastikan motor atau mobil yang akan kamu gunakan sudah kamu servis, roda dan rem tidak ada masalah, dan setiap detailnya sudah kamu cek tuntas sebelum perjalanan kamu mulai.

Pun begitu dengan kondisi tubuh kamu. Jika perlu, kamu bisa konsumsi vitamin untuk menjaga badan kamu selalu dalam kondisi sehat dan bugar.

9. Siapkan kamera dan perlengkapannya

10 Tips Anti Gagal Merencanakan Road Trip, Dijamin Seru!Pixabay/SplitShire

Momen road trip tentu akan jadi pengalaman baru yang luar biasa. Kamu gak boleh sekalipun melewatkan setiap momen tersebut dalam bidikan lensa kamera atau merekamnya. Pastikan kameramu masih berfungsi dengan baik. Jangan lupa membawa baterai cadangan dan charger-nya, ya.

10. Siapkan diri menghadapi hal-hal gak terduga

10 Tips Anti Gagal Merencanakan Road Trip, Dijamin Seru!Pexels/Rawpixel

Seperti kata pepatah, manusia cuma bisa berencana, namun hanya Tuhan-lah yang menentukan. Jadi, sedetail dan serapi apapun kamu menyusun itinerary, kamu tetap harus siap menghadapi kondisi di luar kendali kamu. Jangan sampai kamu gampang terbawa emosi jika hal-hal gak menyenangkan terjadi selama road trip.

Gimana, guys? Sudah kebayang mau bikin road trip ke mana? Semoga kesepuluh tips tadi bisa bikin road trip kamu seru, menyenangkan, dan berakhir sukses, ya.

Adakah tips tambahan dari kamu? Share di komentar, yuk!

Baca Juga: 6 Persiapan yang Wajib Kamu Ikuti Biar Momen Traveling Makin Seru 

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You