Comscore Tracker

6 Alasan Kamu Wajib Ikutan Walking Tour, Cara Asyik buat Jalan-jalan

Dijamin ketagihan!

Pernah mendengar tentang walking tour gak? Ini adalah salah satu cara jalan-jalan yang seru untuk mengeksplorasi suatu tempat. Gak sekadar tempat wisata terkenal saja, tapi justru mencari tahu seluk beluk dari kawasan yang menyimpan informasi yang belum banyak orang awam tahu.

Nah, kalau kamu belum pernah ikutan walking tour, berikut beberapa alasan kenapa kamu wajib mengikutinya sekali waktu. Apa saja? Yuk, simak!

1. Bikin badan kamu sehat

6 Alasan Kamu Wajib Ikutan Walking Tour, Cara Asyik buat Jalan-jalaninstagram.com/nandabells

Namanya juga walking tour. Artinya, kamu bakal berjalan kaki selama tur berlangsung. Biasanya, walking tour ini menempuh jarak sekitar 2-3 kilometer. Lumayan banget, kan buat bikin badan kamu jadi lebih sehat?

Supaya badan kamu bisa sekaligus mendapat vitamin D dari sinar matahari, kamu bisa pilih jadwal walking tour saat pagi hari. Tapi, kalau pengin lebih adem, ikutan jadwal tur sore hari juga gak masalah.

Yang penting, sebelum tur pastikan wajah kamu sudah memakai tabir surya, ya, guys! Ini untuk melindungi kulit wajahmu dari paparan sinar ultraviolet yang berbahaya.

2. Pay as your wish

6 Alasan Kamu Wajib Ikutan Walking Tour, Cara Asyik buat Jalan-jalaninstagram.com/tiarti9

Untuk melatih wisatawan agar lebih menghargai jasa seorang tour guide, maka para penyelenggara walking tour biasanya tidak menerapkan tarif tertentu untuk mengikuti tur. Melainkan mereka menerapkan sistem pay as your wish atau bayar suka-suka.

Sistem ini bakal membentuk mental kamu untuk lebih menghormati pekerjaan seorang pemandu wisata. Seberapa kamu puas dengan jasa mereka, kamu bisa ungkapkan melalui nominal pay as your wish ini.

3. Bisa request untuk private walking tour

6 Alasan Kamu Wajib Ikutan Walking Tour, Cara Asyik buat Jalan-jalaninstagram.com/sarrassswati

Nah, kalau jadwal walking tour yang sudah disediakan penyelenggara ternyata gak ada yang match dengan jadwal kamu, maka kamu bisa lho request untuk bikin private walking tour. Jadi, kamu bisa pilih sendiri hari dan jam pelaksanaan tur, termasuk siapa saja yang mau ikutan private walking tour ini.

Hanya saja private walking tour kebanyakan menerapkan tarif tertentu yang harus dibayar peserta. Namun, semakin banyak peserta yang ikut, biasanya tarifnya bisa lebih terjangkau. Wah, seru banget!

Baca Juga: 7 Hal yang Wajib Kamu Tahu sebelum Traveling ke Tana Toraja, Sulsel

4. Mengenal lebih dalam sejarah suatu kawasan

6 Alasan Kamu Wajib Ikutan Walking Tour, Cara Asyik buat Jalan-jalaninstagram.com/ladanseviolette

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel bahwa lokasi yang dikunjungi saat walking tour bukan sekadar obyek wisata terkenal, melainkan kawasan-kawasan yang dianggap menyimpan informasi sejarah yang belum banyak diketahui masyarakat awam.

Dengan begitu, walking tour ini memberi kamu kesempatan yang lebar untuk lebih mengenal sejarah dan kisah-kisah masa lampau, sekaligus melihat langsung jejak peninggalannya. Bagi yang suka sejarah, pasti betah ikutan walking tour, deh!

5. Menemukan banyak hidden gems yang menarik

6 Alasan Kamu Wajib Ikutan Walking Tour, Cara Asyik buat Jalan-jalaninstagram.com/ladanseviolette

Selain bisa tahu lebih dalam mengenai sejarah tempat-tempat yang dikunjungi, kamu juga bakal menjumpai banyak hidden gems yang selama ini kamu mungkin gak tahu.

Contohnya, kalau kamu ikut walking tour dengan rute kawasan Pecinan, Semarang. Kamu bakal diajak untuk mengunjungi banyak kelenteng yang ada di kawasan tersebut, berkunjung ke lokasi pembuatan Rumah Kertas, mampir ke toko obat Tionghoa tertua di Semarang, dan masih banyak lagi.

Sekilas lokasi-lokasi tersebut mungkin tampak biasa saja. Tapi, kalau kamu paham sejarah di baliknya, lokasi itu bakal jadi hidden gems yang sayang banget kalau gak dieksplorasi.

6. Bisa sekalian kulineran

6 Alasan Kamu Wajib Ikutan Walking Tour, Cara Asyik buat Jalan-jalaninstagram.com/travelmagzgo

Yang paling seru, rute walking tour biasanya juga bakal mengunjungi lokasi-lokasi kuliner, bahkan yang statusnya sudah legendaris. Jadi, kamu bisa sekalian mampir kulineran saat walking tour, atau biar lebih leluasa, kamu bisa mampir setelah acara tur selesai.

Ada pula rute walking tour yang memang cuma fokus untuk mengunjungi kawasan kuliner saja. Rute ini cocok banget buat kamu yang suka berwisata kuliner.

Nah, itulah tadi beberapa alasan kenapa kamu wajib coba ikutan walking tour. Gak semua kota menyediakan tur semacam ini, sih. Tapi, kalau ada jadwal walking tour yang dekat dengan lokasi kamu, jangan lupa sempatkan join, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Pergi Traveling ke Pelosok Indonesia

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya