Comscore Tracker

Bertualang ke Bukit Ollon Tana Toraja, Wajib Perhatikan 6 Tips Ini! 

Benar-benar permata tersembunyi

Tana Toraja memang identik dengan wisata pekuburan dan upacara pemakaman jenazah yang unik. Namun, siapa sangka, potensi wisata alamnya juga gak kalah menarik, lho.

Salah satu destinasi alam yang wajib kamu kunjungi ketika datang ke Tana Toraja adalah Bukit Ollon. Sebuah permata tersembunyi yang menyajikan panorama bukit dan lembah yang sungguh cantik.

Namun, jika benar-benar berencana menjelajah Bukit Ollon, sebaiknya catat dulu beberapa tips berikut. Sebab kamu perlu persiapan maksimal agar petualangan ke sini gak sia-sia. Apa saja tips tersebut? Yuk, simak ulasan lengkapnya.

1. Gunakan mobil dengan ground clearance tinggi

Bertualang ke Bukit Ollon Tana Toraja, Wajib Perhatikan 6 Tips Ini! instagram.com/tety.agustiin

Berada di kecamatan Bonggakaradeng, Bukit Ollon dapat ditempuh selama kurang lebih 3 jam perjalanan dari pusat kota Makale, ibu kota kabupaten Tana Toraja.

Yang perlu diperhatikan, karena meskipun akses jalan menuju Bukit Ollon sudah disediakan sejak tahun 2016, namun jalur yang ada bukanlah jalan raya aspal yang mulus, melainkan berbatu dengan medan naik turun. Karena itu, kamu perlu menggunakan mobil dengan ground clearance tinggi agar perjalananmu aman hingga tujuan akhir.

Jika gak ada kendaraan mobil yang proper, kamu bisa menggunakan motor. Tapi, selalu pastikan kendaraan yang akan kamu pakai berada dalam kondisi prima, ya.

2. Perhatikan prakiraan cuaca di hari kamu akan berkunjung 

Bertualang ke Bukit Ollon Tana Toraja, Wajib Perhatikan 6 Tips Ini! instagram.com/rheaanastah

Memperhatikan prakiraan cuaca sebelum menjelajah Bukit Ollon wajib banget kamu lakukan karena kondisi medan cukup berbahaya apabila kamu melewatinya saat cuaca sedang buruk. Hindari pula perjalanan saat malam hari karena mendekati lokasi wisata, penerangan lampu sama sekali gak tersedia.

Waktu yang paling ideal untuk mengunjungi Bukit Ollon adalah saat musim kemarau. Berangkatlah sepagi mungkin agar saat tiba di Bukit Ollon kamu masih bisa mendapat pencahayaan yang baik untuk foto-foto.

3. Siapkan bekal logistik yang cukup 

Bertualang ke Bukit Ollon Tana Toraja, Wajib Perhatikan 6 Tips Ini! instagram.com/om_mangg

Sejauh mata memandang, Bukit Ollon hanyalah barisan bukit dan lembah yang ditutupi rerumputan dan beberapa pepohonan. Jika beruntung, kamu bisa bertemu kawanan kuda dan sapi milik warga lokal yang dilepas begitu saja di padang rumput Bukit Ollon.

Karena itulah, kamu gak bakal menjumpai warung atau penjaja makanan ketika ada di atas Bukit Ollon. Penting bagimu untuk membawa bekal logistik yang mencukupi agar perutmu aman selama bertualang ke sini.

Baca Juga: 10 Potret Kece Wisata Bukit Sanjaya yang Mirip Pura Lempuyangan Bali

4. Jangan lupa bawa baju ganti 

Bertualang ke Bukit Ollon Tana Toraja, Wajib Perhatikan 6 Tips Ini! instagram.com/ibrhmrsyd

Kenapa harus bawa baju ganti? Sebab kawasan Bukit Ollon gak hanya terdiri dari bukit dan lembah, namun diantaranya juga menyelinap aliran sungai Sadang yang airnya sangat jernih dan segar. Hmm, kebayang gak indahnya gimana?

Jadi, kalau kamu berniat bermain air di sekitar sungai Sadang sampai bajumu basah, artinya baju ganti gak boleh sampai tertinggal. Tenang, sungainya terbilang dangkal dengan banyaknya bebatuan. Sangat aman buat kamu bermain-main di tepian sungai. Mau?

5. Sewa motor trail ke penduduk lokal

Bertualang ke Bukit Ollon Tana Toraja, Wajib Perhatikan 6 Tips Ini! instagram.com/daeng_mallinrungi

Nah, bagi kamu yang ingin memacu adrenalin, kamu bisa menyewa motor trail ke penduduk lokal untuk menjelajah setiap sudut Bukit Ollon yang gak bisa terjamah dengan kendaraan mobil. Trek di sini memang asyik banget untuk motor trail-an!

6. Please, take nothing but picture. Leave nothing but footprints

Bertualang ke Bukit Ollon Tana Toraja, Wajib Perhatikan 6 Tips Ini! @amalfatwa via instagram.com/kitaina.id

Nama Bukit Ollon sudah makin dikenal oleh para penikmat alam, traveler, bahkan wisatawan asing. Hal itu menjadi bukti bahwa destinasi ini sungguh-sungguh punya pesona yang bikin siapa saja jatuh cinta.

Satu hal yang patut kamu jaga, yaitu kebersihan dan keasrian lokasi ini. Ingat selalu pepatah yang bilang take nothing but picture, leave nothing but footprints. Karena hanya dengan cara itulah Bukit Ollon dan semua tempat wisata di dunia bakal tetap terjaga kecantikan dan kelestariannya.

Oke, guys? Satu lagi bucket list jalan-jalan menanti kamu kunjungi. Semoga tips di atas bisa membantumu merencakan petualangan ke Bukit Ollon sebaik mungkin, ya.

Baca Juga: 7 Hal yang Wajib Kamu Tahu sebelum Traveling ke Tana Toraja, Sulsel

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya