Comscore Tracker

Selain Traveling, 7 Aktivitas Ini Cocok Mengisi Liburan Akhir Tahunmu

Dijamin akhir tahun kamu akan tetap berfaedah

Siapa yang bilang libur hari raya Natal dan tahun baru selalu identik dengan jalan-jalan dan traveling. Sebagian orang justru kadang merasa jenuh berlibur di momen libur panjang lantaran malas terjebak dalam pusaran kemacetan dan keramaian yang menghantui di setiap obyek wisata yang dituju.

Buat kamu yang memutuskan untuk enggak liburan ke mana-mana, cobalah lakukan 7 aktivitas berikut agar akhir tahun kamu bisa tetap bermanfaat!

1. Berkunjung ke rumah orang tua dan kerabat

Selain Traveling, 7 Aktivitas Ini Cocok Mengisi Liburan Akhir Tahunmuunsplash.com/shrnaa

Buat kamu anak perantau yang sudah lama hidup mandiri alias tak serumah lagi dengan orang tua, momen libur akhir tahun adalah saat yang tepat untuk mengunjungi orang tuamu dan para kerabat.

Dengan jatah libur dan cuti yang lama, kamu bisa puas melepas celengan rindumu pada ayah dan ibu, pun bercerita panjang lebar dengan kerabat yang sudah lama tak bersua. Kamu bisa sekalian ajak mereka dinner bareng dan mengabadikan momen kebersamaan itu dalam jepretan foto dan rekaman video. So sweet!

2. Meet up dengan kawan-kawan lama

Selain Traveling, 7 Aktivitas Ini Cocok Mengisi Liburan Akhir Tahunmuinstagram.com/tasyakamila

Masih bertema silaturahmi, kali ini kamu bisa menyisihkan waktu liburmu untuk berjumpa dengan kawan-kawan lama semasa sekolah atau kuliah. Pasti kangen kan mengobrol ngalor ngidul berjam-jam dengan mereka? Setelah sekian lama tak bertemu, kamu bakal jadi manusia yang lebih bahagia dan ceria setelah tertawa lepas bersama kawan lamamu.

3. Nonton drama Korea terbaru

Selain Traveling, 7 Aktivitas Ini Cocok Mengisi Liburan Akhir Tahunmuasianwiki.com

Sudah menjadi rahasia umum kalau drama Korea selalu sukses menghibur kaum adam dan hawa. Selain alur cerita yang bervariasi dan setting yang menarik, para pemeran drama Korea digadang-gadang selalu bikin para penontonnya kembali segar.

Nah, buat kamu pecinta Kdrama, ada lebih dari lima judul drama Korea terbaru yang sudah tayang di bulan Desember 2018 ini lho. Beberapa di antaranya bahkan berhasil menyabet Top 9 Rating episode drama tvN.

Sebutlah KDrama berjudul Encounter dan Memories of Alhambra. Adanya judul-judul fresh drama Korea ini seketika akan membuatmu lupa kalau libur akhir tahun akan segera tiba.

Baca Juga: Intip Tempat-tempat Liburan Unik di Yogyakarta Bareng Jenius

4. Menyelesaikan bacaan yang lama tertunda

Selain Traveling, 7 Aktivitas Ini Cocok Mengisi Liburan Akhir Tahunmuunsplash.com/thoughtcatalog

Coba tengok rak kecil yang ada di sudut ruang tidurmu. Bukankah masih ada setumpuk judul buku yang belum kelar kamu baca? Mumpung sedang libur panjang, enggak ada salahnya untuk kembali menyentuh tumpukan buku tebal itu dan selesaikan membacanya.

Biasakan membeli buku untuk membacanya sampai tuntas ya. Kalau cuma berakhir di rak atau lemari tanpa dibaca, hal tersebut hanya akan jadi hal yang mubazir.

5. Melakukan kegiatan sosial yang belum sempat kamu lakukan

Selain Traveling, 7 Aktivitas Ini Cocok Mengisi Liburan Akhir Tahunmuinstagram.com/intandevianna

Pernah enggak kamu berpikir untuk mengisi jatah liburmu dengan hal-hal yang bersifat sosial? Kaum milenial seharusnya juga peka dong dengan aktivitas sosial semacam ini.

Sebutlah melakukan kunjungan ke panti asuhan, membagikan nasi bungkus untuk tukang becak dan pengemis, menjadi relawan pengajar untuk kegiatan di bidang pendidikan, menggalang dana untuk korban bencana alam, dan masih banyak lagi. Hidupmu akan lebih berarti bila bermanfaat untuk orang lain. Melakukan kegiatan sosial salah satunya.

6. Introspeksi diri adalah hal yang penting

Selain Traveling, 7 Aktivitas Ini Cocok Mengisi Liburan Akhir Tahunmuunsplash.com/e_sykes

Selama hampir satu tahun terakhir ini, sudah berapa pencapaian sih yang kamu dapat? Kira-kira kamu sudah bisa jadi manusia yang lebih baik belum ya dari tahun lalu? Kamu sudah membuat bahagia orang tua, keluarga, pasangan, atau kawanmu belum?

Tahu enggak, pertanyaan pada diri sendiri semacam ini akan menjadi peluang kamu berintrospeksi diri lho. Kamu otomatis akan langsung meninjau, hal-hal baik apa yang sudah kamu lakukan dan belum kamu lakukan. Kamu bakal langsung mengoreksi diri bila kamu pernah berbuat kesalahan di masa lalu. Harapan dari introspeksi diri tentu saja agar kamu bisa jadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya.

7. Bikin target baru untuk tahun depan

Selain Traveling, 7 Aktivitas Ini Cocok Mengisi Liburan Akhir TahunmuUnsplash/Glenn Carstens-Peters

Ini dia yang tidak kalah penting. Sebagai kaum yang beriman, kamu harus percaya bahwa hari esok harus lebih baik dari hari ini. Dengan membuat daftar capaian yang ingin kamu raih di tahun yang akan datang, akan memompa semangat kamu untuk bisa mewujudkannya.

Tulislah target-target tersebut di selembar kertas putih dengan kalimat tambahan sebagai penyemangat. Tak perlu digantung lima sentimeter di depan keningmu, cukup ditempel di dinding kamar atau cermin meja riasmu agar setiap hari kamu bisa mudah membaca dan mengingatnya.

Cukup seru kan ide-ide tadi untuk dilakukan di akhir tahun ini? Sudah menentukan belum mau merealisasikan ide yang mana dulu? Yuk segera bikin rencanamu!

Baca Juga: Tips Jitu! 5 Tutorial Agar Semua Resolusimu Tercapai di Tahun Depan

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You