Comscore Tracker

6 Tips Hiking Ceria ke Curug Leuwi Asih Bogor, Cocok buat Newbie

Bisa menikmati lanskap gunung Pancar di kejauhan #LokalIDN

Di era pandemi seperti sekarang, kegiatan outdoor tampaknya makin diminati ya. Mulai dari olahraga bersepeda, berkemah, hingga aktivitas hiking. Banyak orang yang mulanya gak pernah melakukan kegiatan tersebut, mendadak latah ikutan mencobanya.

Salah satu yang sekarang lagi nge-trend banget adalah hiking ceria di kawasan Sentul. Area pegunungan di kabupaten Bogor tersebut memang menyimpan pesona yang layak banget dijelajahi. Di antara rute hiking yang ada, rute curug Leuwi Asih adalah paling favorit sebab cocok banget buat para newbie.

Tertarik pengin mencoba hiking ke curug Leuwi Asih? Yuk, simak dulu beberapa tips berikut.

1. Tiba di Sentul lebih awal

6 Tips Hiking Ceria ke Curug Leuwi Asih Bogor, Cocok buat Newbieinstagram.com/patricialina2

Jika kamu datang dari Jakarta dan sekitarnya, sebaiknya kamu sudah tiba di Sentul sebelum jam 7 pagi atau lebih awal. Hal ini agar kegiatan hiking-mu gak dimulai terlalu siang untuk menghindari cuaca yang terik. Dari kawasan Sentul, kamu masih harus berkendara selama 20 menit untuk tiba di titik awal hiking.

2. Kamu bisa ajak orang tua maupun anak-anak

6 Tips Hiking Ceria ke Curug Leuwi Asih Bogor, Cocok buat Newbieinstagram.com/nonee.ycs

Panjang rute Leuwi Asih sekitar 3 kilometer dengan kondisi jalur yang gak begitu ekstrem. Tanjakan terjal hanya di beberapa spot sehingga sangat cocok buat pemula. Kamu bisa ajak orang tua, anak-anak, bahkan batita selama kamu kuat menggendongnya.

Beberapa view yang akan kamu jumpai di rute Leuwi Asih adalah perkebunan singkong milik warga lokal, sawah-sawah, sungai, perbukitan, dan gunung Pancar dari kejauhan. Rindumu pada lanskap hijau membentang dijamin langsung terobati.

3. Disarankan memakai sandal gunung

6 Tips Hiking Ceria ke Curug Leuwi Asih Bogor, Cocok buat Newbieinstagram.com/peirifai12

Alas kaki apa pun sebetulnya bisa kamu pakai saat hiking di rute Leuwi Asih selama sol bawah alas kakimu gak licin. Namun, kalau kamu punya sandal gunung, cukup direkomendasikan untuk memakainya.

Sebab salah satu jalur yang bakal kamu lalui adalah melintasi sungai tanpa lewat di atas jembatan. Jika kamu menggunakan sandal gunung alih-alih sepatu, kamu gak akan perlu kerepotan melepasnya saat melintasi medan tersebut.

Baca Juga: 10 Curug Ini Wajib Kamu Kunjungi Saat Pelesir ke Banten, Adem dan Asri

4. Buat kamu yang bawa anak, spot kolam di dekat penyewaan pelampung lebih aman buat basah-basahan

6 Tips Hiking Ceria ke Curug Leuwi Asih Bogor, Cocok buat Newbieinstagram.com/dastan_musyarrof

Di titik di mana kamu melintasi sungai tanpa lewat jembatan, terdapat area yang cukup datar tanpa ada banyak batu-batu sungai. Letaknya memang bukan tepat di bawah curug Leuwi Asih, tapi aliran air di sini lebih tenang sehingga lebih aman buat kamu yang membawa anak-anak.

Kamu bisa sekalian menyewa pelampung ke tempat penyewaaan yang lokasinya di tepian sungai. Tarifnya sekitar Rp20 ribuan dan bisa kamu pakai sepuasnya.

5. Buat kamu yang suka tantangan, wajib trekking sampai ke destinasi utama

6 Tips Hiking Ceria ke Curug Leuwi Asih Bogor, Cocok buat Newbieinstagram.com/ghiegrunge

Sebaliknya, jika kamu berniat menyelesaikan rute hiking hingga destinasi utama, yaitu curug Leuwi Asih, maka kamu perlu trekking sedikit lagi dari area penyewaan pelampung. Curugnya sendiri berada di tepi aliran sungai yang turun dari atas tebing yang gak begitu tinggi. Debit air terjun terbilang sedikit deras dan bagian dasar sungai gak begitu dalam.

Namun, sedikit di bawah aliran curug terdapat sebuah kolam alami yang lumayan dalam sehingga bakal seru banget buat berenang sampai puas. Batu-batu besar yang membelah sungai bikin spot ini makin keren.

6. Gak perlu bawa bekal banyak-banyak

6 Tips Hiking Ceria ke Curug Leuwi Asih Bogor, Cocok buat Newbieinstagram.com/erissyahw

Di sepanjang jalur hiking, setidaknya ada tiga titik pemberhentian yang menyediakan warung makanan. Jadi, kamu sebenarnya gak perlu membawa bekal terlalu banyak karena kebutuhan perut sudah tersedia di warung-warung yang ada.

Usai lelah trekking dan puas main air, kamu bisa sempatkan isi bahan bakar lagi di warung terdekat sebelum kembali ke titik start. Indomie rebus dan gorengan menjadi menu favorit para pengunjung.

So, buat para pemula yang pengin cobain hiking di Sentul, Bogor, rute Leuwi Asih benar-benar recommended. Kamu tinggal memilih jasa operator tur yang melayani rute tersebut dengan tarif sekitar Rp130 ribu per orang. Tertarik?

Baca Juga: 7 Tempat Makan Bakso Terenak di Bogor untuk Wisata Kulineranmu

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya