Comscore Tracker

6 Step Bikin Travel Vlog yang Ciamik buat Para Newbie, Gampang Banget!

Tertarik mencoba?

Guys, merasa gak sih kalau semakin ke sini, konten audio visual makin diminati? Hal tersebut berdampak pada meningkatnya konten di YouTube, juga Instagram TV. Banyak para pembuat konten yang awalnya hanya membuat tulisan, kini juga berlomba-lomba menciptakan konten video.

Nah, khusus buat kamu yang mulanya lebih senang menulis cerita traveling tapi mulai tertarik untuk bikin konten video, gak ada ruginya mencoba. Hanya saja kamu perlu tahu step by step membuat travel vlog supaya hasilnya menarik dan ciamik. Simak ulasannya di artikel berikut, yuk!

1. Konsep kasar konten video

6 Step Bikin Travel Vlog yang Ciamik buat Para Newbie, Gampang Banget!unsplash.com/Mesut Kaya

Sebelum memulai perjalanan, kamu perlu banget menyiapkan konsep kasar atau gambaran secara umum tentang cerita apa yang ingin kamu sampaikan di video kamu. Kenapa penting? Karena konsep ini yang bakal membantu kamu dalam membuat footage di destinasi yang dituju.

Misalnya saja kamu pengin bikin travel vlog ke wisata Situ Gunung, Sukabumi. Maka, rangkaian konsep yang bisa kamu bikin antara lain tentang akses transportasi dari lokasi asalmu, informasi harga tiket, aktivitas seru apa yang bisa kamu lakukan di objek wisata, dan tips yang kamu rekomendasikan buat para pengunjung yang pengin ke Situ Gunung.

2. Footage sebanyak-banyaknya

6 Step Bikin Travel Vlog yang Ciamik buat Para Newbie, Gampang Banget!pexels.com/Teono123 No

Bikin footage bisa kamu mulai sejak dari rumah atau saat persiapan memulai perjalanan. Buatlah sebanyak-banyaknya agar kamu punya banyak referensi saat menggabungkan rekaman-rekaman tersebut di proses editing.

Namun, pastikan footage kamu berkualitas. Perhatikan gimana cara pengambilan gambar yang baik dan cukup rekam spot-spot yang relevan dengan konsep yang sudah kamu bikin.

3. Pemilihan lagu atau musik

6 Step Bikin Travel Vlog yang Ciamik buat Para Newbie, Gampang Banget!unsplash.com/C D-X

Sepulangnya dari traveling, saatnya masuk ke proses editing. Hal pertama yang sebaiknya kamu lakukan untuk menyunting video adalah memilih lagu atau musik yang bakal kamu pakai sebagai back sound di travel vlog-mu. Musik ini sebetulnya gak wajib, tapi videomu bakal lebih hidup kalau ditampilkan dengan back sound.

Kenapa disarankan memilih lagu atau musik lebih dulu? Sebab lagu atau musik itulah yang bakal jadi pedoman atau patokan kamu dalam menggabungkan footages yang sudah kamu bikin sebelumnya.

Video yang menarik haruslah seirama dengan perpindahan suara yang ada di dalam musik.

Baca Juga: 10 Kamera Canon Terbaik 2019 untuk Fotografi, Video dan Vlog!

4. Penggabungan footage dan tips-nya

6 Step Bikin Travel Vlog yang Ciamik buat Para Newbie, Gampang Banget!YouTube.com/Jack Cole

Setelah menemukan lagu atau musik yang pas, langkah selanjutnya adalah menggabungkan footages. Kalau kamu edit di smartphone, aplikasi video editing yang recommended salah satunya InShot dan VN. Pilihlah footage yang kira-kira sesuai dan gabungkan sesuai jalan cerita yang ingin kamu sajikan.

Nah, supaya hasil penggabungan footage tersebut menarik, perhatikan beat atau ketukan di lagu yang kamu pakai. Sesuaikan perpindahan antar footage dengan ketukan yang ada di lagu.

Kamu juga bisa memberikan efek transisi antar footage, misalnya efek zoom in, zoom out, rotate, dan sebagainya supaya videomu lebih atraktif.

5. Sisipkan narasi atau tulisan yang informatif

6 Step Bikin Travel Vlog yang Ciamik buat Para Newbie, Gampang Banget!unsplash.com/Sandra Tenschert

Item lainnya yang gak kalah penting adalah narasi atau tulisan yang informatif. Setelah footages tergabung menjadi satu video utuh, sisipkan narasi berupa audio atau bisa juga berupa teks. Untuk membuat audio narasi, kamu bisa bikin narasi tertulisnya dulu, baru setelahnya kamu rekam suara kamu sembari membaca narasi tersebut.

Untuk bikin audio narasi yang jelas dan enak didengar, kamu bisa pakai aplikasi Lexis Audio Editor dan menggunakan mikrofon eksternal. Tapi, kalau gak ada mikrofon eksternal, pakai mic bawaan hape juga gak masalah.

Sedangkan untuk tulisan, sebaiknya sisipkan teks yang singkat namun padat dan jelas, juga gunakan font yang mudah dibaca, ya. Jika sudah menggunakan audio narasi, teks hanya berfungsi sebagai tambahan saja. Gak disertakan pun gak apa-apa.

6. Sentuhan akhir

https://www.youtube.com/embed/mDNAOfru7mk

Wah, travel vlog kamu sudah hampir selesai, nih. Sebelum disimpan atau di-export menjadi file MP4, pastikan kamu tonton lagi dari awal sampai akhir untuk mengecek apakah masih ada kekurangan.

Kamu bisa memberi sentuhan akhir pada videomu dengan mengubah filter gambar agar lebih sinematik dan berkelas. Selesai, deh. Travel vlog-mu siap diunggah ke YouTube channel atau Instagram TV.

Gimana? Ternyata prosesnya gak seribet yang dibayangkan, bukan? Meskipun memang time-consuming, tapi bikin travel vlog yang kece sangat bisa dilakukan oleh para newbie atau orang awam sekalipun. Semoga menginspirasi.

Baca Juga: Ini 5 Rekomendasi Channel YouTube dengan Konten Korean Cafe Vlog 

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya