Comscore Tracker

5 Tips Camping di Curug Cilember Bogor, Bisa Sekalian Hiking!

Spot wisatanya juga super lengkap #LokalIDN

Salah satu cara terbaik kembali ke alam adalah dengan pergi berkemah. Beruntung, Indonesia punya banyak sekali camping ground yang memudahkanmu untuk camping bersama teman-teman maupun keluarga. Tak terkecuali camping area yang berada di kawasan curug Cilember.

Berada di Cisarua, Bogor, Curug Cilember begitu diminati sebagai destinasi wisata air terjun, sekaligus tujuan berkemah. Kalau kamu berminat ke Curug Cilember untuk camping, berikut beberapa tips yang mesti kamu simak. Yuk, kepoin!

1. Datanglah sepagi mungkin

5 Tips Camping di Curug Cilember Bogor, Bisa Sekalian Hiking!Jalur menuju Curug 6 dan Curug 7 (instagram.com/mannbae19)

Karena berada di dekat kawasan Puncak, sangat disarankan untuk berangkat sepagi mungkin ketika ingin camping di Curug Cilember sehingga kamu bisa menghindari macet. Selain itu, akses jalan dari Jalan Raya Puncak-Gadog menuju destinasi akhir terbilang agak sempit. Datang ketika menjelang siang dijamin bakal ramai dan rawan macet.

Berangkat lebih awal juga memberimu kesempatan untuk memilih lahan mendirikan tenda di dekat toilet dan musala. Lahan tersebut cukup berdekatan dengan warung makanan yang buka 24 jam.

2. Jika ingin sewa tenda di lokasi camping, perhatikan tips ini

5 Tips Camping di Curug Cilember Bogor, Bisa Sekalian Hiking!Camping di kawasan Curug Cilember (instagram.com/andiayay)

Barangkali kamu gak punya tenda sendiri dan berniat sewa tenda ke pengelola Curug Cilember, maka sebaiknya kamu reservasi jauh-jauh hari untuk menghindari kehabisan tenda. Pasalnya, tenda sewaan di Curug Cilember kerap ramai dicarter pengunjung, khususnya saat akhir pekan.

Kalau kamu memutuskan sewa tenda di lokasi, harga sewanya sudah include matras dan sleeping bag. Pastikan kamu mengecek kondisi tenda dan matras ketika petugas sudah selesai menyiapkan tendamu. Make sure gak ada tenda dan matras yang berlubang untuk menghindari bocor dan rembes jika tiba-tiba hujan turun.

Jangan lupa meminta nomor telepon petugas yang menyiapkan tendamu agar kamu mudah menghubunginya apabila terjadi hal-hal gak terduga terkait dengan kondisi tenda, matras, maupun sleeping bag yang kamu sewa.

Baca Juga: Info Wisata Glamour Camping Legok Kondang: Rute, Lokasi, dan Harga

3. Siapkan stamina dan bekal jika ingin hiking ke curug paling atas

5 Tips Camping di Curug Cilember Bogor, Bisa Sekalian Hiking!Menikmati segarnya air di Curug Cilember (instagram.com/aa.aldi_)

Belum lengkap rasanya camping di Cilember tanpa menyempatkan hiking ke curug-curugnya. Sekadar informasi, Curug Cilember memiliki tujuh curug yang tersebar dari titik paling dekat dengan camping ground hingga titik teratas. Curug 7 dan curug 6 berada di satu lokasi karena air terjunnya bersebelahan.

Kalau kamu berminat hiking ke curug 5 hingga curug 1 yang letaknya paling atas, maka pastikan kamu sudah menyiapkan stamina prima serta bekal camilan dan minum yang cukup. Perhatikan pula alas kakimu supaya langkahmu terasa nyaman dan tetap aman.

Kondisi jalur menuju curug-curug yang berada di atas adalah kombinasi jalan berbatu dan tanah dengan medan menanjak cukup terjal di beberapa titik. Perhatikan jalur dan petunjuk arah dengan baik supaya kamu gak tersesat. Sebab semakin ke atas, suasana semakin sepi dan pepohonan semakin rapat.

4. Bawa uang tunai dan uang pecahan kecil

5 Tips Camping di Curug Cilember Bogor, Bisa Sekalian Hiking!Wahana sepeda terbang (instagram.com/uyainaarshad)

Dijuluki sebagai wisata paket lengkap, gak cuma curugnya saja yang bisa kamu eksplor saat camping di Cilember. Ada banyak sekali wahana lain yang bisa kamu jajal yang dijamin bakal bikin camping kamu di sini makin berkesan.

Sebutlah Taman Kupu-kupu, paintball area, Rumah Hobbit atau Taman Kelinci, flying fox, dan sepeda terbang. Khusus Taman Kupu-kupu, kamu bisa masuk secara gratis karena tiket masuknya sudah include denga tiket camping.

Sedangkan untuk wahana lainnya, kamu perlu menyiapkan kocek antara Rp10-25 ribu per orang. Karena itulah, kamu wajib bawa uang tunai lebih banyak jika berminat menjajal beberapa spot wisata yang ada di kawasan Curug Cilember.

5. Beli kayu bakar untuk bikin api unggun

5 Tips Camping di Curug Cilember Bogor, Bisa Sekalian Hiking!Ilustrasi api unggun saat camping (pexels.com/Amit Thakare)

Menyalakan api unggun saat berkemah memang tidak disarankan. Namun, kalau kamu ingin membuat api unggun ketika di Cilember untuk menghangatkan badan, kamu bisa membeli kayu bakarnya di penjual yang tersedia dengan harga per ikat yaitu Rp30 ribu.

Pastikan kamu menyalakan api unggun di lokasi yang aman dan gak membahayakan tenda kamu, ya. Ketika nyala api sudah mengecil, pastikan api benar-benar padam sebelum kamu meninggalkannya.

Kawasan curug Cilember adalah pilihan tepat buat kamu yang baru ingin mencoba aktivitas camping, buat yang sudah rindu aroma hutan, maupun bagi kamu yang pengin mengajak anak-anak camping. Biaya camping-nya terjangkau dan bisa sekalian hiking.

Tertarik datang?

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Curug yang Paling Eksotis di Bandung Raya, Memukau!

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya