Comscore Tracker

6 Tips untuk Kamu yang Baru Pertama Kali ke Perpustakaan Nasional RI

Yuk, simak panduan pertama kali datang ke perpusnas RI!

Kamu baru pertama kali ke Perpustakaan Nasional RI? Gak tahu harus ngapain setelah ke sana?

Berikut tips dan panduan yang bisa membantu kamu ketika pertama kali datang ke Perpustakaan Nasional RI. Langsung saja lihat di bawah ini, ya!

1. Simpan tas di loker penyimpanan dulu

6 Tips untuk Kamu yang Baru Pertama Kali ke Perpustakaan Nasional RIlobi Perpustakaan Nasional RI (dok. Perpusnas RI/virtual tour)

Hal yang harus kamu lakukan ketika pertama kali menginjakkan kaki di Perpustakaan Nasional RI adalah mengunjungi loker penyimpanan. Simpan tas dan seluruh bawaan kamu ke dalam loker penyimpanan yang sudah disediakan.

Sebelum mengeskplorasi perpustakaan lebih dalam, resepsionis akan memberikan kamu sebuah kunci dan tas khusus perpustakaan. Dalam kunci tersebut sudah terdapat nomor loker didalamnya. Kamu hanya tinggal masuk ke dalam ruang loker dan menyimpan barang-barangmu di loker penyimpanan. 

2. Buat kartu perpustakaan

6 Tips untuk Kamu yang Baru Pertama Kali ke Perpustakaan Nasional RIantrian pembuatan kartu Perpustakaan Nasional RI (dok. pribadi/Irna Noerrochmah)

Setelah menyimpan barang bawaan, yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah membuat kartu perpustakaan. Meskipun kamu hanya berkunjung sekali, kamu dianjurkan untuk memiliki kartu keanggotaan. Pembuatan kartu anggota terdapat di lantai dua.

Agar tidak perlu mengantre terlalu lama, sebelum berangkat sebaiknya kamu melakukan registrasi lebih dulu di website perpusnas yang bisa kamu akses di https://keanggotaan.perpusnas.go.id/. Sampai di perpustakaan nanti, kamu tinggal print out nomor token milikmu. Nomor tersebut yang selanjutnya akan menjadi nomor antreanmu. Sepuluh menit juga sudah jadi, kok.

3. Luangkan waktu seharian buat jelajahi 24 lantai perpustakaan

6 Tips untuk Kamu yang Baru Pertama Kali ke Perpustakaan Nasional RIList Lantai Perpusnas RI (dok. pribadi/Irna Noerrochmah)

Jika sudah mendapatkan kartu anggota, selanjutnya kamu bisa mengeksplorasi setiap lantai yang ada di Perpusnas. Jika kamu belum tahu, tarif untuk masuk ke dalam Perpusnas itu gratis. Terdapat 24 lantai yang bisa kamu jelajahi satu per satu.

Luangkanlah waktumu sehari penuh untuk eksplorasi secara menyeluruh. Namun jika kamu datang ke sini hanya untuk mengerjakan tugas, menyelesaikan skripsi, atau butuh tempat tenang untuk belajar, lantai-lantai yang akan disebutkan berikutnya bisa menjadi rekomendasi untukmu.

Baca Juga: Perpustakaan Terbesar di Era Kuno, 12 Fakta Perpustakaan Alexandria

4. Nugas paling nyaman di ruang baca

6 Tips untuk Kamu yang Baru Pertama Kali ke Perpustakaan Nasional RIRuang Baca Perpusnas RI (dok. Perpusnas RI/virtual tour)

Di dalam Perpusnas terdapat ruang baca yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat tugas atau mengerjakan sesuatu yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Semua orang yang datang ke ruang baca memiliki satu tujuan, yaitu belajar dan berkonsentrasi. Jadi, meskipun terlihat ramai, kamu tetap bisa mendapatkan suasana hening yang kamu inginkan.

Terdapat beberapa ruang baca yang ada di Perpusnas RI, yaitu di lantai 9, 12, 12A, 14, 15, 16, 21, dan 22. Lantai yang sering dipakai biasanya adalah lantai 21 dan 22. Jadi, jika kamu ingin memilih lantai yang lebih sepi pengunjungnya, lantai 12 dan 12A bisa menjadi pilihanmu. Perpusnas juga menyediakan akses gratis terhadap wifi dan password untuk mengaksesnya adalah 'smartlibrary'.

5. Lapar? Mampir ke kantin di lantai 4

6 Tips untuk Kamu yang Baru Pertama Kali ke Perpustakaan Nasional RIKantin Perpustakaan Nasional RI (dok. Perpusnas RI/virtual tour)

Setelah merasa lelah mengeksplorasi seluruh lantai yang ada di perpustakaan, tentunya kamu merasa lapar. Meskipun tidak membawa bekal makanan atau minuman, kamu tidak perlu khawatir. Perpusnas punya kantin yang bisa mengatasi laparmu.

Kantin ini terletak di lantai 4. Banyak pilihan makanan dan minuman yang bisa kamu pilih. Tempat makannya pun sangat bersih dan nyaman. Kamu bisa makan sepuasnya di sini.

6. Mushola ada di lantai 6, ya!

6 Tips untuk Kamu yang Baru Pertama Kali ke Perpustakaan Nasional RIMushola Perpustakaan Nasional RI (dok. Perpusnas RI/virtual tour)

Buat kamu yang beragama Islam dan tidak ingin melewatkan waktu beribadah, di lantai 6 perpusnas terdapat mushola yang bisa kamu akses jika sudah masuk waktu salat. Fasilitasnya pun lengkap. Tersedia mukena bersih yang bisa kamu gunakan dan tempat wudhu yang nyaman.

Di sana juga terdapat tempat sepatu agar sepatu milik pengunjung tidak berserakan dan berantakan. Semuanya sudah tersedia untuk memudahkanmu dalam beribadah.

Nah, sekian tips untuk kamu yang baru pertama kali datang ke Perpustakaan Nasional RI. Perpusnas buka setiap hari Senin—Jumat, pukul 08.00—16.00. Untuk hari Sabtu—Minggu, Perpusnas hanya buka pada pukul 09.00—15.30. Semoga bermanfaat!

Irna Noerrochmah Photo Writer Irna Noerrochmah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya