Comscore Tracker

8 Kegiatan Positif Penghalau Rasa Bosan Saat Dalam Perjalanan 

Cobain deh

Bagi kamu yang biasa melakukan perjalanan jauh, entah itu tujuannya ke tempat wisata, kampung halaman, sekolah/kampus atau tempat kerja, tentunya seringkali rasa bosan datang apalagi jika durasi perjalanan tergolong cukup lama.

Nah, agar waktumu ketika di perjalanan tidak tebuang begitu saja dengan pikiran kapan sampai, kamu bisa melakukan 8 aktivitas dibawah ini yang dijamin bisa mengusir rasa bosan dan pastinya positif. Yuk, baca list selengkapnya dibawah ini.

1. Membaca buku atau artikel

8 Kegiatan Positif Penghalau Rasa Bosan Saat Dalam Perjalanan Pexels.com/Lisa Fotios

Bawa beberapa buku kesukaanmu saat bepergian untuk dibaca saat dalam perjalanan. Membeli buku baru sebagai teman perjalananmu nanti juga bisa kamu lakukan agar tidak hanya bergelut dengan buku lama milikmu.

Sebisa mungkin, bawa buku yang merupakan kumpulan cerpen agar kamu tidak cepat merasa bosan membacanya. Hal ini dikarenakan kalimat dan jalan cerita yang digunakan cenderung sederhana dan mudah dipahami.

Buku yang menyajikan cerita panjang dan membutuhkan konsentrasi penuh tentunya ide buruk untuk kamu bawa sebagai "cemilan" mata dalam perjalanan. Apalagi jika rute yang dilalui kendaraan yang kamu tumpangi memiliki jalanan rusak atau belokan tajam sehingga kamu tidak bisa membaca buku tersebut dengan maksimal.

Selain itu, kamu juga bisa membaca artikel lewat smartphone milikmu. Usahakan agar menyimpan secara offline artikel tersebut terlebih dahulu agar mudah diakses meskipun tanpa jaringan internet di perjalanan.

Penulis sendiri tidak menyarankan membaca e-book  ketika dalam perjalanan karna dapat membuat matamu cepat lelah akibat memandangi gadget milikimu dalam jangka waktu yang lama. Tentunya hal ini juga tergantung dari seleramu sendiri. 

2. Mendengarkan musik

8 Kegiatan Positif Penghalau Rasa Bosan Saat Dalam Perjalanan Pexels.com/Burst

Siapkan playlist lagu kesukaanmu untuk diputar saat dalam perjalanan. Kamu bisa memilih sendiri genre yang menurutmu dapat mengusir rasa bosan serta terdengar nyaman di telingamu.

Sebaiknya, gunakan earphone atau headphone agar tidak mengganggu orang lain yang satu armada kendaraan denganmu. Hal ini juga berguna agar lagu yang kamu dengarkan bisa kamu nikmati secara maksimal dengan suara bising yang minim.

Penulis menyarankan agar menyetel volume lagu yang kamu putar tidak terlalu tinggi agar telingamu tidak cepat panas atau malah berakibat buruk bagi indra pendengaranmu. Selain itu, kamu juga bisa mendengar jika ada orang lain yang berbicara denganmu.

3. Menikmati pemandangan

8 Kegiatan Positif Penghalau Rasa Bosan Saat Dalam Perjalanan Leahtravels.com/Leah Walker

Pilih tempat duduk yang memungkinkan kamu melihat keindahan alam dalam perjalanan. Tentunya, kursi yang terletak di dekat jendela adalah spot terbaik untuk menikmati karya Sang Pencipta di dunia ini.

Baca Juga: 5 Manfaat Asuransi Perjalanan Bagi Penyuka Liburan ke Luar Negeri

4. Menulis, apapun yang terlintas di pikiranmu

8 Kegiatan Positif Penghalau Rasa Bosan Saat Dalam Perjalanan Pexels.com/Picjumbo

Selain menghilangkan rasa bosan, menulis segala yang kamu dapatkan selama dalam perjalanan juga bisa melatih kepekaan otak dan daya imajinasimu, siapa tahu kamu bisa mendapatkan sejumlah ide brilian. Oleh karna itu, selalu sediakan peralatan menulismu.

5. Bincang santai dengan teman sebangku

8 Kegiatan Positif Penghalau Rasa Bosan Saat Dalam Perjalanan Pexels.com/Helena Lopes

Kamu bisa memulai percakapan dengan senyuman lalu menanyakan kabar serta destinasi yang dia tuju. Jika lawan bicaramu memberikan respon positif, kamu bisa melanjutkan percakapan ke hal-hal yang lebih luas lagi seperti kegiatannya sehari-hari, asal daerah maupun rekomendasi tempat wisata yang keren untuk dikunjungi.

Selain bisa mendapatkan teman baru, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi yang bisa saja tidak kamu ketahui selama itu. Hal ini juga dijamin akan membuat perjalananmu menjadi lebih seru bersama teman barumu.

6. Berselancar di dunia maya

8 Kegiatan Positif Penghalau Rasa Bosan Saat Dalam Perjalanan Pexels.com/Tracy Le Blanc

Cari tau dan kenali jaringan internet provider mana yang memiliki kualitas dan kekuatan sinyal yang kuat, stabil dan cepat di sekitar rute perjalanan yang kamu lalui. Kamu bisa membuka website dan akun media sosial resmi mereka atau bertanya ke teman yang sering melalui rute tersebut untuk mencari informasi seputar layanan internet yang bagus.

Untuk mengusir rasa bosan, kamu bisa membuka berbagai media sosial untuk membaca postingan atau quote yang bernada positif maupun berbagai informasi terbaru mengenai persitiwa hari ini.

7. Bermain game

8 Kegiatan Positif Penghalau Rasa Bosan Saat Dalam Perjalanan Pexels.com/Pixabay

Entah itu game online atau offline, kamu bisa menginstal beberapa game yang seru untuk dimainkan dalam perjalanan. Tentunya, game yang memiliki tampilan, gameplay serta alur cerita yang sederhana dan mudah dipahami, tentunya lebih rekomended untuk dimainkan dalam perjalanan. 

Penulis menyarankan kamu untuk tidak memainkan game yang membutuhkan konsentrasi penuh serta strategi yang matang seperti genre FPS atau RPG atau racing karna akan membuatmu lebih mudah kalah dalam permainan.

Kamu bisa memainkan beberapa game ringan seperti domino, ular tangga, monumen valley, hago maupun sonic dash. Jika kamu memiliki rekomendasi game yang cocok dimainkan dalam perjalanan, silahkan ditulis di kolom komentar di bawah yaa.

8. Tidur untuk melepaskan penat

8 Kegiatan Positif Penghalau Rasa Bosan Saat Dalam Perjalanan Pexels.com/Bruce Mars

Daripada melakukan aktivitas yang bisa saja mengganggu kenyaman orang lain, lebih baik kamu beristirahat untuk melepas penat dan rasa capek. Buat dirimu setenang dan senyaman mungkin dengan bantal leher agar kamu tidak merasa pegal saat bangun.

Nah, kamu sendiri melakukan apa saat dalam perjalanan untuk mengusir rasa bosan ? yuk, share di kolom komentar.

Baca Juga: 5 Manfaat Asuransi Perjalanan Bagi Penyuka Liburan ke Luar Negeri

Irvin Photo Community Writer Irvin

Merdeka dalam berkarya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You