Comscore Tracker

5 Tips Jitu Mendapatkan Teman Baru Saat Kamu Melakukan Solo Traveling

Gak bakal kesepian, deh!

Salah satu hal yang pasti dirasakan oleh solo traveler adalah rasa kesepian lantaran tak ada teman yang bisa diajak berbagi cerita di sepanjang jalan. Melakukan perjalanan seorang diri tentu memiliki tantangan tersendiri lantaran jika terjadi masalah di jalan tak ada yang membantu menyelesaikan, kecuali diri kamu sendiri. Terlepas dari hal tersebut, solo traveling bisa memberikan pengalaman yang berbeda dan berharga bagi kamu yang melakukannya.

Nah, untuk mengatasi rasa kesepian dan kecemasan di saat melakukan solo traveling, tentu kamu harus bisa mendapatkan teman di perjalanan. Bagaimana caranya? Simak beberapa tips berikut!

1. Bersikap aktif

5 Tips Jitu Mendapatkan Teman Baru Saat Kamu Melakukan Solo Travelingpexels.com/Min An

Saat kamu melakukan solo traveling, penting bagi kamu untuk bersikap aktif pada lingkungan sekitar. Misalnya dengan tersenyum pada orang lain atau traveler yang lain, tidak malu bertanya, menikmati perjalanan dengan bebas dan tanpa tekanan, serta hal lainnya.

Pastikan kamu melakukan hal itu ya agar kamu bisa menemukan teman saat melakukan solo traveling sehingga perjalananmu semakin bermakna lantaran memiliki teman baru.

2. Jangan ragu untuk memulai pembicaraan

5 Tips Jitu Mendapatkan Teman Baru Saat Kamu Melakukan Solo Travelingpexels.com/Helena Lopes

Jika kamu ingin memiliki teman baru tentu tak bisa hanya dengan berdiam diri saja bukan? Kamu perlu memulai pembicaraan kepada orang lain kemudian bertanya-tanya mengenai hal lain yang bisa dijadikan sebagai topik pembicaraan. Nah, hal itupun juga berlaku bagi kamu yang ingin mendapatkan kenalan baru saat melakukan solo traveling.

Baca Juga: 10 Negara Ini Ternyata Cocok untuk Solo Traveling, Kapan Mau Pergi?

3. Jangan malu untuk bertanya

5 Tips Jitu Mendapatkan Teman Baru Saat Kamu Melakukan Solo Travelingunsplash.com/Ben White

Jika kamu merasa bingung mengenai suatu rute ataupun mengenai suatu tempat saat melakukan solo traveling, maka kamu jangan malu untuk bertanya. Kamu bisa bertanya pada petugas wisata di tempat tersebut atau bertanya kepada orang lain. Dengan bertanya pada mereka, maka bisa membuka kesempatan bagi kamu untuk mendapatkan teman baru.

4. Tawarkan bantuan kepada orang lain yang membutuhkan

5 Tips Jitu Mendapatkan Teman Baru Saat Kamu Melakukan Solo Travelingpexels.com/rawpixel.com

Salah satu tips jitu lainnya bagi kamu seorang solo traveler yang ingin mendapatkan teman baru adalah dengan menawarkan bantuan pada orang lain selama perjalanan. Jika kamu mendapati orang lain atau traveler lain yang butuh bantuanmu maka jangan segan untuk meringankan beban mereka. Pasalnya, menjalin hubungan pertemanan bisa dimulai dari hal sederhana, yaitu saling membantu.

5. Tunjukkan rasa antusiasmu

5 Tips Jitu Mendapatkan Teman Baru Saat Kamu Melakukan Solo Travelingpexels.com/Gianne Karla Tolentino

Bersikap antusiaslah saat kamu melakukan solo traveling. Pasalnya, rasa antusias itu akan membuatmu terbuka pada lingkungan setempat. Kamu bisa menerima hal-hal baru termasuk orang-orang baru yang kamu jumpai selama perjalanan dengan mudah. Dengan begitu, kamu akan mudah membangun komunikasi dengan orang baru selama perjalanan.

Itulah lima tips jitu agar kamu bisa mendapatkan teman saat melakukan solo traveling. Segera diterapkan, ya!

Baca Juga: Sakit Ketika Solo Traveling di Luar Negeri? Segera Lakukan 6 Hal Ini

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You