Comscore Tracker

5 Tips Ketika Kamu Gak Beli Bagasi Pesawat Saat Traveling

Traveling dengan budget pas-pasan? Gak usah beli bagasi!

Apa kamu termasuk orang yang lagi bingung-bingungnya nentuin destinasi liburan kamu? Eh, ternyata harga tiket pesawat lagi gak murah, apalagi kalau harus beli bagasinya yang harganya kadang hampir sama kayak harga tiket satu penumpang.

Daripada kamu bingung dan akhirnya gak jadi berangkat hanya karena masalah bagasi pesawat. Yuk, simak 5 tips ketika kamu gak beli bagasi pesawat berikut ini.

1. Pilih tas backpack yang modis dan jangan gunakan tas jinjing

5 Tips Ketika Kamu Gak Beli Bagasi Pesawat Saat TravelingPexels.com/Dids

Gengs, ketika kamu harus menjadi seorang backpackers yang hanya bisa membawa 1 jenis tas, pilihlah tas model backpack atau ransel yang lebih nyaman jika dibandingkan model tas lain seperti tas selempang atau jinjing.

Alasannya sebenarnya simple, yakni karena tas backpack menggunakan pundak kiri kanan mu untuk memikul beban sehingga kamu tidak akan cepat lelah ketika kamu harus berjalan jarak jauh.

Berbeda dengan tas jinjing ataupun tas selempang yang hanya menggunakan satu bagian pundak yang tentunya akan cepat membuatmu lelah. 

Nah, jangan lupa juga untuk memilih tas yang modis, ya. Agar saat kamu harus membawa tas itu ke dalam mall ataupun museum kamu tetap terlihat trendy dan juga bagus untuk diabadikan dan di post di feed Instagram kamu. 

2. Packing pakaianmu dengan cara menggulungnya satu per satu

5 Tips Ketika Kamu Gak Beli Bagasi Pesawat Saat Travelingtravelfashiongirl.com

Hal ini dimaksudkan untuk menghemat ruang di dalam tas backpack kamu, karena kan kamu pasti membawa hal lain seperti alat mandi ataupun makeup ke dalam backpackmu. 

Tipsnya adalah dengan menggulung pakaian yang sudah kamu lipat seperti biasa, kemudian ikat dengan karet gelang satu per satu, agar gulungan tidak berantakan saat berada di dalam tas. 

Bawalah jumlah pakaian yang sesuai dengan berapa lama waktu travelingmu. Jangan sampai berlebihan atau malah kurang sehingga kamu harus repot mencuci pakaianmu saat kamu sedang traveling

Baca Juga: Trik Nih, 10 Rahasia Biar Terbebas dari Bagasi Maskapai yang Berbayar

3. Usahakan jangan memasukkan pakaian tebal ke dalam backpack

5 Tips Ketika Kamu Gak Beli Bagasi Pesawat Saat Travelingplovidba.me

Jatah bagasi bagi kamu yang enggan untuk membeli bagasi pesawat hanyalah bagasi kabin. Nah, seperti yang kita tahu bahwa bagasi kabin maksimal adalah 7 kg. Sehingga kamu harus menyortir jenis pakaian apa yang harus kamu bawa saat traveling.

Hindari seperti jaket yang berbahan jeans, tebal, dan juga celana jeans. Karena 2 jenis pakaian ini sangat memengaruhi berat dari backpackmu. Jika terpaksa harus membawanya, pakailah jaket dan celana jeans itu saat kamu melakukan perjalanan dengan pesawat. 

Tips pakaian yang disarankan dapat dibawa adalah pakaian berbahan dasar kain, celana kain ataupun chino, dan berwarna yang tidak mudah kotor. 

4. Perhatikan pula batas cairan yang dapat masuk ke dalam bagasi kabin

5 Tips Ketika Kamu Gak Beli Bagasi Pesawat Saat Travelingexpress.co.uk

Sekadar informasi cairan yang diperbolehkan masuk ke dalam kabin pesawat maksimal 100 ml. Dari peraturan ini, tentunya pertama kamu akan bingung bagaimana dengan peralatan mandimu dan juga makeup mu yang berbentuk cairan. 

Sebenarnya kamu bisa membeli alat mandi atau make up mu di tempat tujuan travelingmu. Atau kamu akan mendapatkannya di penginapan kamu nantinya. Namun, bagi kamu yang hendak pergi ke luar negeri kamu belum tahu apakah harga peralatan mandi di sana sesuai dengan budgetmu atau tidak, dan juga label mu adalah seorang backpackers, tentunya fasilitas tempat menginap mu tidaklah selengkap dengan mereka yang menyewa hotel bintang 5. 

Jadi, jika kamu memilih untuk membawa peralatan mandi dan makeup dari rumah, maka tipsnya adalah ubahlah segala alat mandi mu seperti sabun mandi, sabun muka ke dalam bentuk sabun batang. Juga shampoo, pilihlah yang berkemasan sachet yang isinya sekitar 15 ml. Setelah selesai traveling kamu bisa meninggalkan alat mandi itu dan pulang tanpa membawa cairan. 

5. Harus belajar akting seolah backpackmu itu ringan

5 Tips Ketika Kamu Gak Beli Bagasi Pesawat Saat Travelingnomadicmatt.com

Sehabis traveling, dijamin berat backpackmu yang sudah kamu persiapkan dengan baik dan mengikuti berat maksimum yakni 7 kg, berubah drastis hingga mungkin melebihi berat maksimal. 

Tipsnya adalah kamu harus pack belanjaanmu sama seperti sebelum kamu berangkat. Jika itu baju, lakukanlah dengan menggulungnya dan lepaskan dari plastik yang membungkusnya. 

Tips selanjutnya jika memang sudah kamu lakukan dan ternyata beratnya masih melebihi, pakailah dobel bajumu. Jangan terlihat kamu sedang memikul beban berat, dan jangan sering membenahi posisi tas di pundakmu

Dengan tidak membeli bagasi pesawat, tentunya kamu akan lebih dapat menekan biaya travelingmu, dan bisa melakukan hal lain dengan uang yang tersedia.

Baca Juga: Pusing karena Bagasi Pesawat Berbayar? Ini Tips Supaya Tetap Hemat

Laurensius Aldiron Photo Community Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You