Comscore Tracker

6 Barang ini Cuma Ada di Korea Selatan, Cocok Buat Suvenir

Jadi kamu mau beli yang mana?

Liburan ke luar negeri gak akan lengkap kalau kamu enggak beli oleh-oleh. Hal yang sama juga berlaku kalau kamu berkunjung ke Korea Selatan. Biasanya album K-Pop, atau produk kecantikan Korea menjadi salah satu oleh-oleh favorit banyak orang.

Tapi Korea Selatan bukan cuma soal K-Pop. Selain dunia K-Pop, Korea Selatan kaya akan budaya dan tradisi. Ada banyak suvenir tradisional yang cocok untuk oleh-oleh. Lebih kerennya lagi kamu hanya bisa menemukan suvenir-suvenir ini di Korea Selatan lho! Simak deretan suvenir tradisional Korea Selatan ini.

1. Hanji

6 Barang ini Cuma Ada di Korea Selatan, Cocok Buat Suvenirtrazy.com

Hanji adalah kertas tradisional Korea yang terbuat dari pohon mulberry dan seluruh prosesnya dikerjakan dengan tangan. Dulu, kertas ini digunakan untuk menutupi pintu dan jendela rumah agar suhu di dalam tetap hangat. Meski sekarang kertas ini jarang digunakan untuk rumah, namun kertas Hanji masih banyak digunakan untuk membuat boneka, kipas, lampu meja, kaligrafi, bahkan digunakan untuk membuat pakaian.

Kamu bisa menjadikan souvenir dari kertas Hanji ini sebagai oleh-oleh. Ada dua cara untuk mendapatkannya. Pertama, kamu bisa belajar membuatnya sendiri di toko kerajinan Hanji Chueok atau membeli souvenir Hanji yang sudah jadi di Gyeongil Hanji Department Store.

2. Dried seaweed

6 Barang ini Cuma Ada di Korea Selatan, Cocok Buat Suvenirkoreabizwire.com

Selain K-Pop, orang Korea Selatan adalah penggemar berat rumput laut. Orang Korea Selatan bahkan memiliki tradisi untuk menyantap sup rumput laut saat sedang berulang tahun. Selain dibuat sup, rumput laut juga dikemas menjadi dried seaweed atau rumput laut kering dan dijual dalam bentuk kemasan.

Kamu bisa membeli snack rumput laut ini di minimarket yang bisa ditemukan disetiap sudut kota. Tenang aja, selain mudah disantap, rumput laut kering ini juga tersedia dalam banyak rasa mulai dari rumput laut kering rasa bawang sampai wasabi. 

3. Hanbok

6 Barang ini Cuma Ada di Korea Selatan, Cocok Buat Suvenirinstagram.com/jjsaysofficial

Kalau kamu adalah penggemar drama Korea, kamu pasti sudah gak asing dengan Hanbok atau pakaian tradisional Korea. Hanbok pertama kali digunakan pada era dinasti Joseon dan menjadi pakaian sehari-hari orang Korea saat itu. Dan meski saat ini orang tidak lagi mengenakan Hanbok setiap hari, tapi mereka selalu menggunakannya untuk acara penting seperti pernikahan.

Kamu juga bisa nih mencoba menjadi orang Korea sehari dengan menyewa Hanbok. Biasanya para turis menggunakan Hanbok saat mengunjungi istana Gyeongbokgung. Selain menyewa, Hanbok juga cocok digunakan untuk oleh-oleh. Kamu bisa membeli Hanbok di pasar Dongdaemun. Selain Hanbok tradisional kamu juga bisa menemukan Hanbok versi modern. Menarik sekali bukan?

Baca Juga: Lucu dan Imut, 10 Ide Suvenir Pernikahan di Bawah Rp7 ribuan

4. Korean tea

6 Barang ini Cuma Ada di Korea Selatan, Cocok Buat Suvenirinstagram.com/osulloctea

Meski teh di Korea Selatan tidak sepopuler Jepang dan China, tidak berarti teh di negara ini tidak berkualitas. Di Korea Selatan, kamu bukan hanya akan menemukan teh hijau atau teh yang biasa kita temukan dimana-mana. Selain teh hijau atau teh hitam, kamu juga bisa mendapatkan daeju cha atau teh jujube. Buat kamu yang belum tau, jujube adalah kurma Korea.

Ada banyak teh kemasan yang bisa kamu dapatkan dengan harga murah di supermarket atau minimarket. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi pulau Jeju dimana ada banyak perkebunan teh berkualitas disana.

5. Ginseng

6 Barang ini Cuma Ada di Korea Selatan, Cocok Buat Suvenirinstagram.com/alan_travellingfoodies

Jika Jepang dikenal dengan Negeri Matahari Terbit, maka Korea Selatan dikenal dengan Negeri Ginseng. Nama ini diberikan karena ginseng asal Korea Selatan memang memiliki kualitas yang sangat baik. Ginseng sendiri memiliki banyak manfaat mulai dari menurunkan tekanan darah tinggi, meredakan stres, meningkatkan konsentrasi dan fokus, hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

Ada banyak tempat untuk mendapatkan ginseng di Korea, tapi yang paling populer ada di Seoul Herbal Medicine Market. Di sini kamu bukan hanya menemukan ginseng berkualitas tapi juga tanaman herbal lainnya.

6. Korean pillow

6 Barang ini Cuma Ada di Korea Selatan, Cocok Buat Suvenirlosangeleseventplanning.info

Korean buckwheat pillow atau bantal Korea juga menjadi salah satu barang yang bisa kamu jadikan oleh-oleh. Berbeda dengan bantal yang biasa kita gunakan untuk tidur, bantal tradisional Korea ini terbuat dari sejam gandum yang kemudian dilapisi oleh kain dan sulaman bunga yang cantik.

Meski bahannya agak kurang lazim, sekam gandum ini akan membuat bantal menyesuaikan dengan kepala setiap orang sehingga kamu bisa tidur dengan nyenyak. Manfaat lainnya, bantal ini juga sangat baik untuk menjaga agar tulang belakang tetap stabil saat sedang tidur. 

Baca Juga: Bertandang ke Banyuwangi, 6 Oleh-Oleh Khas Ini Wajib Kamu Cicipi

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You