Comscore Tracker

6 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan di India, Hati-hati Ya!

Jangan sampai kamu membuat mereka marah ya!

Liburan ke India dan melihat langsung pesona Taj Mahal yang melegenda mungkin menjadi ide yang sangat menarik. Selain Taj Mahal, India juga dikenal sebagai negara yang kaya akan tradisi dan budaya. Alhasil, tidak heran jika setiap tahunnya ada jutaan turis yang menghabiskan waktu liburannya di negara ini.

Tapi sama seperti saat kamu berlibur ke negara lainnya, kamu pun wajib mempelajari kebiasaan orang-orang India. Termasuk apa saja yang tidak boleh kamu lakukan selama liburan di sana!

1. Menggunakan sepatu saat masuk ke kuil atau rumah

6 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan di India, Hati-hati Ya!instagram.com/jeronimo_imagenes

Kuil menjadi tempat suci bagi orang India mengingat mayoritas penduduknya memeluk agama hindu. Karena itu tidak heran jika orang India selalu melepaskan sepatunya saat masuk ke kuil. Jika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi kuil, pastikan kamu juga melakukan hal yang sama.

Oke, kamu memang tidak menganut kepercayaan yang sama tapi paling tidak kamu bisa tetap menghargai mereka dengan melakukan hal-hal sederhana, melepas sepatu dan mengikuti aturan misalnya.

2. Mengambil atau menerima sesuatu dengan tangan kiri

6 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan di India, Hati-hati Ya!unsplash.com/Chinh Le Duc

Sama seperti di Indonesia, di India mengambil atau menerima sesuatu dengan tangan kiri dianggap sebagai perbuatan yang tidak sopan. Ini karena, tangan kiri dianggap sebagai tangan yang kotor karena digunakan untuk membersihkan diri dari kamar mandi. Nah karena fungsinya, menggunakan tangan kiri saat menerima atau mengambil sesuatu akan membuat orang India tersinggung.

3. Memakai pakaian minim dan terbuka

6 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan di India, Hati-hati Ya!unsplash.com/Ionut Comanici

Di kota-kota besar, memakai pakaian yang sedikit terbuka akan dianggap sebagai sesuatu yang wajar. Tapi hal itu tidak berlaku jika kamu berkunjung ke kota-kota kecil. Di beberapa daerah, orang masih menggunakan pakaian tradisional.

Penggunaan pakaian minim dan terbuka akan dianggap sebagai sesuatu yang tidak sopan. Bahkan jika kamu berlibur di kota besar sekalipun, memakai pakaian minim terutama bagi perempuan adalah sesuatu yang seharusnya dihindari karena dapat memancing tindak kejahatan.

Baca Juga: 11 Tips Supaya Liburanmu ke India Tetap Aman & Bahagia

4. Menunjuk sesuatu dengan jari

6 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan di India, Hati-hati Ya!unsplash.com/Artem Beliaikin

Menunjukkan sesuatu dengan jari telunjuk dianggap sebagai sesuatu yang sopan. Tapi jika kamu berkunjung ke India, sebaiknya kamu menghindari kebiasaan satu ini. Sebagai gantinya, gunakan seluruh tangan untuk menarik perhatian seseorang atau paling tidak gunakan ibu jari kamu jika ingin menunjuk sesuatu.

5. Berharap semua orang bisa bahasa Inggris

6 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan di India, Hati-hati Ya!unsplash.com/Tom Chen

Menghafalkan beberapa kata dasar dalam bahasa asing jadi modal wajib jika kamu ingin berkunjung ke sebuah negara. Di India, banyak anak muda yang menguasai bahasa Inggris. Tapi tetap saja mayoritas penduduknya masih berkomunikasi dalam bahasa Hindi sehingga para turis pun harus mempelajari beberapa kata dasar dalam bahasa Hindi untuk berkomunikasi.

6. Mudah merasa tersinggung

6 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan di India, Hati-hati Ya!unsplash.com/Andre Hunter

Orang India kadang bersikap terlalu ingin tahu. Mereka tidak segan bertanya tentang berbagai hal pribadi seperti pekerjaan, status pernikahan, bahkan penghasilan kamu per bulannya. Meski pertanyaan ini dianggap mengganggu, tapi kamu tidak boleh marah ya. Mereka enggak bermaksud kepo kok! Kebalikannya, mereka hanya ingin memecah keheningan dan membuat suasana jadi lebih cair dan hangat.

Baca Juga: 11 Tips Supaya Liburanmu ke India Tetap Aman & Bahagia

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You