Comscore Tracker

Jangan Dilanggar, 6 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan di Venice Italia

Turis wajib tahu nih!

Kota Venice merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi turis dari seluruh dunia. Setiap tahunnya, ada jutaan orang berkunjung ke kota yang terkenal dengan kanal airnya ini.

Meski kota ini adalah kota wisata, tidak berarti kamu bebas melakukan apa pun yang kamu mau. Sama seperti tempat lainnya, kota Venice juga memiliki beberapa aturan yang tidak boleh kamu langgar. Aturan apa saja?

1. Dilarang berenang di kanal

Jangan Dilanggar, 6 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan di Venice Italiainstagram.com/cool_space__

Beda dengan kota lain, Venice tidak didirikan di atas tanah melainkan di atas sebuah sungai. Karena itu tidak heran jika di Venice kamu akan menemukan banyak kanal. Tapi tidak peduli ada berapa kanal yang kamu temukan di sini, kamu tidak boleh sekalipun berenang.

Alasannya karena kanal ini berfungsi sebagai jalan atau lintasan bagi gondola yang lewat, sehingga berenang di sini akan membuat kamu berada dalam keadaan berbahaya. Selain itu, kanal di sini juga berfungsi sebagai saluran pembuangan di mana semua air limbah dari rumah warga akan berakhir di sini. Jadi bisa dibayangkan betapa kotor dan menjijikannya kalau kamu berenang di kanal.

Lagipula, berenang di kanal adalah perbuatan ilegal dan membuat siapa pun yang berani melanggar akan dikenai denda atau bahkan kurungan.

2. Jangan pernah berhenti atau duduk di jalan

Jangan Dilanggar, 6 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan di Venice Italiainstagram.com/antoine_ufficial_virdisgram

Karena di kota ini tidak ada mobil, motor, atau sepeda, penduduk dan turis akan berjalan kaki untuk menuju ke sebuah tempat dan membuat jalanan jadi ramai. Agar tidak membuat jalanan jadi macet, kamu tidak boleh berhenti mendadak atau duduk di tengah jalan.

Selain mengganggu orang lain, duduk di jalanan juga akan menyebabkan kamu terkena denda sebesar €50 hingga €500. Kalau pun kamu lelah, akan lebih baik jika kamu masuk ke salah satu kafe dan duduk di sana sambil menikmati minuman yang kamu pesan.

3. Bertanya kepada orang lokal "kapan Venice tutup"

Jangan Dilanggar, 6 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan di Venice Italiainstagram.com/pietrophoto89

Jangan pernah menanyakan "kapan Venice tutup" kepada warga lokal karena itu akan membuat mereka marah. Mungkin karena Venice adalah kota kecil, banyak turis salah sangka dan menganggap Venice adalah tempat wisata atau museum.

Yang benar adalah, Venice merupakan salah satu kota di Italia dan tidak memiliki jam operasional seperti tempat wisata. Jadi kapan pun kamu datang, Venice akan selalu terbuka untuk kamu.

Baca Juga: 10 Potret 'Rue Cremieux', Gang Cantik Paling Instagramable di Paris!

4. Buang sampah sembarangan

Jangan Dilanggar, 6 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan di Venice Italiaunsplash.com/Jilbert Ebrahimi

Menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan menjadi salah satu aturan yang akan selalu kamu temukan di mana-mana. Tapi di Venice, aturan ini benar-benar harus kamu patuhi.

Sebagai kota air, sampah apa pun yang kamu buang bukan hanya membuat jalanan jadi kotor tapi membuat sejumlah saluran air tersumbat, bahkan menyebabkan masalah serius seperti banjir. Kalau kamu mau membuang sampah, kamu bisa membuangnya di tempat sampah yang sudah disediakan.

5. Memesan pizza

Jangan Dilanggar, 6 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan di Venice Italiaunsplash.com/Nicolás Perondi

Berkunjung ke Italia tidak akan terasa lengkap jika kamu belum mencicipi Pizza. Tapi aturan itu tidak berlaku jika kamu berkunjung ke Venice. Meski merupakan bagian dari Italia, kamu akan kesulitan menemukan restoran pizza di sini.

Ini karena pizza Italia dibakar dengan menggunakan oven pembakaran kayu sedangkan Venice adalah kota yang hampir semua tempatnya disangga oleh kayu. Jadi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, restoran pizza dilarang buka di Venice.

6. Makan di restoran tanpa warga lokal

Jangan Dilanggar, 6 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan di Venice Italiainstagram.com/italy_top_fashion

Layaknya kotak wisata lainnya, kamu bisa dengan mudah menemukan restoran atau kafe di setiap sudut kota. Sayangnya tidak semua kafe dan restoran di sini makanannya enak.

Nah agar tidak salah menyesal, sebaiknya pilih restoran yang ramai bukan hanya oleh turis tapi orang-orang lokal. Di Venice, jika restoran yang kamu datangi ramai oleh warga lokal itu berarti restoran tersebut menyajikan makanan dengan rasa yang enak.

Pelajari ya kalau mau berlibur ke Venice!

Baca Juga: 10 Potret Memukau Caffè Florian Venice, Cafe Mewah Tertua di Dunia 

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You