Comscore Tracker

Liburan Ke Korea? 9 Kata ini Wajib Kamu Hafalkan Sebelum Berangkat

Bikin liburan kamu jadi lebih mudah nih!

Korea Selatan menjadi salah satu negara favorit banyak orang terutama para KPopers. Bisa dibilang bagi para penggemar oppa ini, Korea Selatan adalah negara impian. Meski kamu adalah fans KPop dan tahu banyak hal tentang Korea Selatan tapi yang namanya liburan ke luar negeri tetap membutuhkan banyak persiapan termasuk urusan bahasa.

Bahkan kalau kamu enggak bisa bahasa Korea tetap saja ada beberapa kata yang wajib kamu hafalkan jika ingin berlibur ke negeri para oppa. Apa saja? Berikut ini daftar lengkapnya!

1. Hallo - annyeonghaseyo

Liburan Ke Korea? 9 Kata ini Wajib Kamu Hafalkan Sebelum Berangkatdehapic.pw

Menyapa orang lain saat pertama kali bertemu adalah hal yang wajib kamu lakukan. Dalam bahasa Korea, orang-orang akan mengatakan "안녕하세요" atau diucapkan "annyeonghaseyo" yang artinya "Hallo, apa kabar?". Kamu bisa mengucapkan kata ini pada orang yang baru dikenal atau orang asing yang kamu temui di jalan. 

2. Senang berkenalan denganmu - banggapseumnida

Liburan Ke Korea? 9 Kata ini Wajib Kamu Hafalkan Sebelum Berangkatunsplash.com/Alexis Brown

Namanya berlibur ke negeri orang, bukan tidak mungkin kamu akan berkenalan dengan seseorang di sana. Nah agar kesannya baik, kamu enggak boleh hanya mengucapkan nama saja tapi juga harus disertai dengan kata-kata "senang berkenalan denganmu" atau yang dalam bahasa Korea adalah "방갑슴니다" dan dibaca "bang-gap-seum-nida". Selain memberikan kesan sopan, kata-kata ini juga akan membuat kamu terlihat lebih ramah saat berkenalan dengan orang asing.

3. Maafkan saya - joesong habnida

Liburan Ke Korea? 9 Kata ini Wajib Kamu Hafalkan Sebelum Berangkatthriveglobal.com

Beda negara beda juga peraturan dan kebiasaan masyarakatnya. Agar tidak bermasalah dengan orang lokal ada baiknya sebelum pergi kamu mencari tahu lebih dulu peraturan, kebiasaan, atau kebudayaan negara tujuan kamu.

Tapi yang namanya manusia kadang ada aja salahnya, nah kalau kamu enggak sengaja melakukan kesalahan kepada orang lokal, wajib hukumnya untuk minta maaf. Sebenarnya kamu bisa mengatakan maaf dalam bahasa Inggris, tapi akan lebih bagus lagi kalau kamu minta maaf dalam bahasa Korea. Caranya adalah dengan mengatakan "죄송 합니다" yang dibaca "joe-song hab-ni-da".

4. Terima kasih - kamshahamnida

Liburan Ke Korea? 9 Kata ini Wajib Kamu Hafalkan Sebelum Berangkatcellcode.us

Selain belajar cara menyapa orang lain dalam bahasa Korea, kamu juga wajib tahu bagaimana cara berterima kasih dalam bahasa Korea. Orang Korea akan mengatakan "감사함니다" dibaca "kam-sha-ham-nida" artinya terima kasih. Oh ya jangan lupa membungkukkan badan sedikit ya ketika mengucapkan terima kasih.

Baca Juga: Seru, Ini 5 Cara Asyik Belajar Bahasa Korea Sendiri

5. Tolong berikan saya - juseyo

Liburan Ke Korea? 9 Kata ini Wajib Kamu Hafalkan Sebelum Berangkatinstagram.com/euniseling

Yang namanya liburan, enggak akan lengkap kalau kamu enggak mencicipi makanan khas dari negara tersebut. Nah karena kebanyakan makanan khas dijual dipinggir jalan maka jangan heran kalau kebanyakan penjualnya tidak bisa berbahasa Inggris.

Jadi kamu wajib memesan makanan menggunakan bahasa Korea. Tenang, untuk memesan sesuatu kamu hanya perlu mengucapkan "주세요" dibaca "ju-se-yo" artinya "tolong berikan saya". Contohnya, kamu ingin membeli kimbab maka kamu tinggal mengatakan "김밥 주세요" dibaca "kimbab juseyo" atau "tolong berikan saya kimbab". Nah gampang kan?

6. Di mana letak - eodi yeyo

Liburan Ke Korea? 9 Kata ini Wajib Kamu Hafalkan Sebelum Berangkatprwide.com

Liburan ke luar negeri rasanya enggak akan lengkap kalau kamu enggak nyasar di negara tersebut. Meski nyasar di negara orang itu bikin deg-degan tapi juga bisa jadi pengalaman yang berkesan. Karena kebanyakan orang Korea enggak terlalu lancar dalam bicara bahasa Inggris, biasanya mereka akan kabur kalau ditanya menggunakan bahasa Inggris.

Jadi supaya mereka mau membantu, di awal kamu bisa bertanya menggunakan bahasa Korea. Caranya cukup ucapkan "어디 예요?" dibaca "eo-di ye-yo?" artinya adalah "dim anakah letak..?". Contoh kamu ingin bertanya jalan menuju stasiun subway terdekat, karena dalam bahasa Korea subway adalah "지하철" dibaca "jihacheol", kamu tinggal mengatakan " 지하절 어디 예요?" yang dibaca "jihacheol eodi yeyo?".

7. Ini - ige

Liburan Ke Korea? 9 Kata ini Wajib Kamu Hafalkan Sebelum Berangkatolympic.ca

Ketika kamu ingin membeli sesuatu makanan atau barang tapi tidak tahu nama makanan tersebut kamu bisa menggantinya dengan mengucapkan "이게" dibaca "i-ge", artinya adalah "ini". Agar lebih sopan kamu bisa menambahkan kata "주세요" atau kata tolong sehingga ketika diucapkan menjadi "이게 주세요" atau "i-ge ju-se-yo" yang artinya adalah "tolong berikan saya ini/saya pesan ini".

Kata "이게" juga bisa digunakan ketika menanyakan harga. Caranya tinggal menambahkan kata "얼마 예요" pada akhir kalimat. Contoh "이게 얼마 예요?" dibaca "i-ge eol-ma ye-yo?" yang artinya adalah "berapa harga makanan/barang ini?.

8. Permisi - jeogiyo

Liburan Ke Korea? 9 Kata ini Wajib Kamu Hafalkan Sebelum Berangkatallure.com

Sama seperti di Indonesia, di Korea Selatan pun kamu harus mengatakan permisi sebelum bertanya tentang sesuatu. Untuk permisi kamu bisa mengucapkan "잠시만요" atau "jam-shi-man-yo". Selain itu kamu juga bisa mengatakan "저기요" artinya "jeo-gi-yo" untuk menarik perhatian orang yang ada di depanmu.

9. Saya tidak bisa bahasa Korea - hangukmal jal motheyyo

Liburan Ke Korea? 9 Kata ini Wajib Kamu Hafalkan Sebelum Berangkatvkc.or.kr

Sama seperti di Indonesia, kadang ada saja penduduknya yang penasaran dengan orang asing. Mereka kadang mendekati orang asing dan mengajak perkenalan. Kalau bahasa Korea kamu benar-benar minim, kamu bisa mengatakan "한국말 잘 못해요" atau dilafalkan "han-guk-mal jal mot-hey-yo" artinya "bahasa Korea saya tidak bagus". Jika mendengar ini, orang Korea akan mengerti dan mencoba menjelaskan dalam bahasa Inggris.

Baca Juga: Wah, 7 Istilah dalam Bahasa Korea Ini Gambarkan Situasi Asmara Kamu!

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 26 Apr 2019 16:30:05

Progress: 310.542 dari 813.350 TPS (38.18061%)

Just For You