Comscore Tracker

11 Tips Supaya Liburanmu ke India Tetap Aman & Bahagia

Ingat, keselamatan itu nomor satu!

Ke mana pun kamu, keamanan adalah hal yang utama. Hal yang sama juga berlaku jika kamu berlibur ke India. Selama ini, India sendiri dikenal sebagai salah satu negara favorit para turis asing untuk berkunjung. Biasanya, Taj Mahal di Agra menjadi tujuan favorit para turis asing.

Namun hanya karena menjadi negara favorit turis, tidak berarti India adalah negara yang aman. Nyatanya, India cukup rawan terutama bagi perempuan. Nah agar kamu tetap aman selama liburan, yuk simak 11 tips di bawah ini!

1. Gunakan kompartemen khusus wanita

11 Tips Supaya Liburanmu ke India Tetap Aman & Bahagiaunsplash.com/Fabrizio Verrecchia

Kalau kamu seorang wanita dan naik kereta sendirian, akan lebih baik jika kamu duduk di kompartemen atau gerbong khusus wanita terutama di jam-jam sibuk. Selain lebih nyaman, gerbong khusus wanita juga akan membuat kamu terhindar dari pandangan berlebihan dari para penumpang laki-laki.

Untungnya saat ini, beberapa kereta api seperti Metro Delhi atau Mumbai Local sudah menyediakan gerbong khusus wanita yang bisa kamu gunakan selama perjalanan.

2. Pilih lingkungan yang aman untuk tinggal

11 Tips Supaya Liburanmu ke India Tetap Aman & Bahagiaunsplash.com/Guilherme Stecanella

Tidak semua daerah atau kota di India cukup aman terutama bagi para pelancong. Jadi sebelum memutuskan liburan, ada baiknya jika kamu searching di internet tentang wilayah yang aman untuk di tempati. Hindari wilayah yang memiliki reputasi buruk dalam hal keamanan seperti Prashant Vihar yang terletak di selatan Delhi.

3. Jangan keluar sendirian malam-malam

11 Tips Supaya Liburanmu ke India Tetap Aman & Bahagiaunsplash.com/Alexandre Godreau

Sama seperti negara lain, di India juga terdapat banyak tempat hiburan malam seperti bar. Tapi pergi ke bar terutama bagi seorang perempuan bukanlah ide yang bagus. India sendiri merupakan salah satu negara dengan tingkat pemerkosaan tertinggi di dunia. Jadi kamu bisa membayangkan betapa berbahayanya bagi seorang perempuan untuk keluar malam-malam. Bahkan jika kamu laki-laki, akan lebih baik untuk tetap tinggal di hotel setelah matahari terbenam.

4. Gunakan kartu SIM lokal

11 Tips Supaya Liburanmu ke India Tetap Aman & Bahagiaunsplash.com/Brett Jordan

Kartu SIM lokal menjadi salah satu hal pertama yang harus kamu beli begitu mendarat di India. Di negara ini, jaringan wifi gratis adalah sesuatu yang cukup langka. Paling tidak, dengan menggunakan SIM lokal kamu bisa menghubungi seseorang jika terjadi sesuatu. Selain itu, kamu juga tidak boleh sembarangan memilih kartu, pilih SIM yang punya jaringan yang kuat dan menjangkau semua tempat termasuk kota-kota kecil.

5. Bawa power bank kemana pun kamu pergi

11 Tips Supaya Liburanmu ke India Tetap Aman & Bahagiagramha.net

Tidak ada gunanya memiliki SIM lokal dengan pulsa penuh kalau smartphone kamu mati. Untuk menjaga agar smartphone tetap menyala, pastikan kamu sudah mengisi ulang baterai hingga penuh. Selain itu jangan lupa bawa power bank ke mana pun kamu pergi.

Baca Juga: 5 Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Sebelum ke Taj Mahal, India

6. Jangan percaya pada orang asing

11 Tips Supaya Liburanmu ke India Tetap Aman & Bahagiaunsplash.com/Sharon Christina Rørvik

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, India bukan negara yang terlalu aman bagi turis. Untuk itu, penting bagi kamu untuk selalu hati-hati dan waspada terutama pada orang baru. Jangan mudah percaya pada siapa pun termasuk anak-anak kecil dan remaja.

Di India, banyak penjahat menggunakan anak kecil untuk memancing korban. Selain bisa dengan mudah menarik hati para turis, kalau pun tertangkap oleh polisi maka hukuman yang diterima pun akan jauh lebih ringan.

7. Catat nomor-nomor darurat

11 Tips Supaya Liburanmu ke India Tetap Aman & Bahagiaunsplash.com/Mark Boss

Sebenarnya tips ini bukan hanya berlaku di India tapi juga di semua tempat yang kamu kunjungi. Ke negara mana pun kamu pergi, pastikan selalu menyimpan nomor darurat seperti polisi atau rumah sakit. Jadi kapan pun kamu mengalami kecelakaan, atau jadi korban tindak kejahatan kamu bisa menelpon polisi atau rumah sakit terdekat.

8. Hati-hati di jalan

11 Tips Supaya Liburanmu ke India Tetap Aman & Bahagiaunsplash.com/Mourad Saadi

Para supir atau pengguna jalan raya di India bukanlah orang yang sabar. Mereka cenderung mengabaikan peraturan lalu lintas, dan tergesa-gesa. Jadi kapan pun kamu naik taksi atau kendaraan, selalu ingatkan supirnya untuk tidak ngebut selama berkendara. Hal yang sama juga berlaku ketika kamu menyebrang jalan karena zebra cross di India hanya dianggap sebagai dekorasi. Jadi hati-hati ya!

9. Jangan bicara sembarangan

11 Tips Supaya Liburanmu ke India Tetap Aman & Bahagiaunsplash.com/Frank Holleman

Orang India juga dikenal sangat mudah tersinggung. Jadi kapan pun kamu punya kesempatan untuk berkomunikasi dengan mereka, kamu harus menjaga ucapanmu. Jangan sampai terjadi kesalahpahaman dan membuat orang India tersinggung apalagi sampai marah. Percaya deh, kamu enggak akan mau melihat orang India marah-marah didepanmu!

10. Berani untuk bilang "tidak" pada orang lain

11 Tips Supaya Liburanmu ke India Tetap Aman & Bahagiaunsplash.com/Isaiah Rustad

Sama seperti kebanyakan tempat wisata di Indonesia, tempat wisata di India juga dipenuhi dengan pedagang asongan, supir taksi, hingga pemandu wisata. Namanya orang mencari uang, begitu melihat kamu mereka akan berlomba-lomba menawarkan barang atau jasa. Kalau kamu tidak tertarik, katakan "tidak" dengan tegas tapi tetap sopan.

11. Hindari memakai pakaian terbuka

11 Tips Supaya Liburanmu ke India Tetap Aman & Bahagiaunsplash.com/Ibrahim Rifath

Perempuan India terutama mereka yang tinggal di kota besar mungkin banyak yang menggunakan pakaian terbuka. Tapi sebaiknya kamu tidak ikut meniru mereka. Tetaplah berpakaian tertutup, selain lebih sopan juga akan lebih aman bagi kamu.

Meski India tempat yang indah, tapi tetap hati-hati ya!

Baca Juga: 7 Oleh-oleh yang Wajib Kamu Bawa Pulang Saat Berkunjung ke India

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya