Liburan Naik Campervan, Ini 7 Poin Penting yang Harus Disiapkan!

#PANJATPOIN Biar lancar menjelajah negeri orang, nih

Rupanya liburan ke luar negeri naik campervan sedang tren. Selain memangkas biaya sewa hotel kamu akan terkejut oleh pemandangan alam yang indah di sepanjang perjalanan.

Campervan atau motorhome merupakan mobil yang memiliki fasilitas lengkap seperti layaknya rumah. Ada dapur, tempat tidur, kamar mandi, bahkan ruang makan. Campervan adalah salah satu transportasi sekaligus cara favorit untuk jelajah.

Tujuan yang paling banyak di minati naik campervan yaitu New Zealand (Selandia Baru), Australia, bahkan di Indonesia juga ada lho rental campervan.

1. Pastikan kamu bisa menyetir mobil

Liburan Naik Campervan, Ini 7 Poin Penting yang Harus Disiapkan!Instagram.com/wildernessnz

Nah, penting. Karena kamu akan berkeliling dengan campervan 'mobil' otomatis wajib bisa mengemudi.

Pihak rental campervan umumnya juga menyediakan driver yang bisa di sewa per hari. Bisa jadi pilihan untuk yang nggak mau capek, tapi kamu harus mengeluarkan budget ekstra.

2. Cek biaya dan memilih tipe campervan

Liburan Naik Campervan, Ini 7 Poin Penting yang Harus Disiapkan!Nztravelorganiser.com

Searching harga sewa campervan serta fitur dan fasilitas sesuai kebutuhan seperti biaya sewa hotspot WiFi untuk akses internet selama liburan. Terutama untuk kelancaran mengemudi dengan GPS.

Beberapa referensi rental campervan terkenal yaitu wilderness, britz, motorhome republic, dan banyak lainnya. Tersedia kendaraan dengan berbagai tipe, ukuran, fasilitas, dengan pilihan transmisi manual atau otomatis. Harga sewa campervan sendiri tergantung musim liburan, dan umumnya dihitung per hari.

3. Cek musim biar gak salah bawa baju

Liburan Naik Campervan, Ini 7 Poin Penting yang Harus Disiapkan!Wilderness.co.nz

Cek kondisi musim negara tujuan. Kalau lagi musim salju artinya kamu perlu bawa beberapa baju tebal khusus musim dingin untuk menghangatkan tubuh.

4. Hitung budget perjalanan

Liburan Naik Campervan, Ini 7 Poin Penting yang Harus Disiapkan!Unsplash/Jess Watters

Sudah cek harga sewa campervan dan lainnya. Kini saatnya untuk menghitung berapa biaya yang akan kamu keluarkan untuk beberapa hari hidup di sana. Liburan naik campervan lebih hemat lagi kalau ajak beberapa teman atau keluarga, karena bisa patungan, deh.

5. Mengurus berkas: paspor, tiket, SIM Internasional, dan lainnya

Liburan Naik Campervan, Ini 7 Poin Penting yang Harus Disiapkan!Sharontravelogue.com

Kalau gak ada berkas ini, batal liburan naik campervan, deh! Jangan lupa untuk buat SIM Internasional. Pembuatan SIM Internasional di negara asal yaitu Indonesia bukan saat tiba di negara tujuan liburanmu, lho.

6. List tempat-tempat yang akan didatangi

Liburan Naik Campervan, Ini 7 Poin Penting yang Harus Disiapkan!Rullykustandar.com

Jangan sampai ada tempat kece yang terlewat. Buatlah daftar tempat-tempat yang ingin di datangi dan jangan lupa bawa peta juga kompas untuk sewaktu-waktu jika tidak ada sinyal internet.

7. Biar gak penasaran, ini lho referensi tipe dan fasilitas campervan

https://www.youtube.com/embed/_iLLQrOi-Ic

Beberapa bulan yang lalu keluarga mata belo, yakni Ayudia, Ditto, dan Sekala mengupload vlog youtube liburan terbarunya saat ke New Zealand dengan campervan selama 12 hari.

Mereka juga menjelaskan isi campervan yang mereka sewa. Mungkin bisa jadi inspirasi saat nanti kamu mau liburan naik campervan ke luar negeri.

Jadi gimana, berani gak menjelajah negara orang dengan naik campervan?

Baca Juga: 6 Tips Menghasilkan Foto Berkualitas Saat Kamu Liburan

Lisa Deslina Photo Community Writer Lisa Deslina

deslinalisa.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You