Comscore Tracker

5 Persiapan Wajib Sebelum Trekking untuk Pemula, Pahami Yuk!

Ada banyak hal yang harus dipersiapkan dengan matang

Aktivitas trekking ke alam liar sangat berisiko karena kita tidak tahu persis medan seperti apa yang akan dilalui. Belum lagi cuaca bisa berubah dengan cepat, dengan hujan atau badai muncul entah dari mana.

Ini mungkin lebih mudah dipahami oleh orang-orang yang terampil. Namun bagi pemula, tentu ini merupakan situasi yang berbeda. Alhasil, jangan pergi trekking tanpa mempersiapkan diri terlebih dahulu. Trekking sebagai pemula membutuhkan persiapan ekstra untuk mengantisipasi potensi bahaya.

Seorang pemula harus melakukan sejumlah persiapan ekstra sebelum trekking untuk memastikan perjalanan aman dan menyenangkan. Berikut ini adalah tips persiapan yang harus dilakukan oleh seorang pemula.

1. Membuat rencana perjalanan

5 Persiapan Wajib Sebelum Trekking untuk Pemula, Pahami Yuk!ilustrasi seorang pria yang sedang berpikir (pexels.com/Vanessa Garcia)

Tips bagi pemula yang akan mengikuti kegiatan outdoor tentunya harus merencanakan dan mengatur manajemen perjalanan. Hal tersebut meliputi perencanaan dan persiapan sebelum melakukan kegiatan.

Bagian ini wajib dilakukan agar dapat memperkirakan segala sesuatunya selama perjalanan sehingga tidak memakan waktu. Melakukan perencanaan juga bisa membantu kamu mengambil langkah antisipasi jika ada masalah di tengah perjalanan nanti.

2. Cari informasi tempat yang akan dituju

5 Persiapan Wajib Sebelum Trekking untuk Pemula, Pahami Yuk!ilustrasi mencari informasi (pexels.com/Koalivska)

Pemula tidak hanya harus membuat manajemen perjalanan, tetapi juga mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang daerah dan tujuan yang direncanakan. Ini dimaksudkan untuk membuat segalanya lebih mudah, baik sebelum dan sesudah persiapan.

Dalam hal ini meliputi kebutuhan logistik, administrasi, atau peralatan lainnya. Seorang pemula dapat mempersiapkan diri dengan baik dengan memahami banyak pengetahuan. Jika benar-benar ada sesuatu yang menghalangi, ia bisa mengantisipasinya.

3. Wajib melakukan latihan fisik

5 Persiapan Wajib Sebelum Trekking untuk Pemula, Pahami Yuk!ilustrasi latihan fisik (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Aktivitas fisik diperlukan sebelum trekking karena akan menjelajah alam bebas dengan berbagai medan yang berat dan sulit. Seorang pemula bisa melakukan jogging secara rutin sebelum trekking agar stamina tetap segar dan terjaga.

Jangan malas berolahraga sebelum berangkat! Daya tahan fisik akan menurun jika kamu malas berolahraga. Lagipula dengan berolahraga, otot-otot kamu gak akan kaget saat melakukan trekking nantinya.

Baca Juga: 5 Tempat Favorit untuk Trekking di Asia, Panoramanya Penuh Pesona!

4. Mempersiapkan perlengkapan dengan sebaik mungkin

5 Persiapan Wajib Sebelum Trekking untuk Pemula, Pahami Yuk!ilustrasi kompas (pexels.com/Valentin)

Sebagai pemula, kamu dapat menyusun daftar perlengkapan untuk mempermudah menyiapkan barang-barang yang akan dibawa selama perjalanan. Langkah ini untuk memastikan tidak ada barang yang terlupakan atau terlewatkan. Dengan begitu, perjalanan berjalan lebih lancar dan aman.

Selama persiapan, periksa juga kondisi barang-barang yang akan digunakan untuk trekking. Jika ada yang rusak, dapat segera diperbaiki atau diganti.

5. Mengajak teman yang berpengalaman

5 Persiapan Wajib Sebelum Trekking untuk Pemula, Pahami Yuk!ilustrasi mendaki gunung (pexels.com/Saikat Ghosh)

Perjalanan trekking untuk pemula paling baik dilakukan bersama teman, terutama yang sudah lebih berpengalaman. Membawa teman dalam perjalanan, terutama yang berpengalaman, bisa sangat bermanfaat.

Apalagi jika orang tersebut tersebut pernah menempuh jalan yang sama. Persiapannya bisa lebih luas dan matang karena ia sudah terbiasa dengan medan yang akan dilalui.

Itulah tips untuk para pemula yang ingin melakukan trekking. Jika kalian adalah pemula yang baru ingin memulai trekking, semoga informasi ini dapat membantu.

Baca Juga: 6 Info Seputar Trekking di Desa Wisata Pujon Kidul Malang, Seru!

Kizaru Photo Writer Kizaru

Hello

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya