Comscore Tracker

9 Aktivitas Seru Bareng Anak saat Campervan, anti Bosan!

Bermain bersama anak buat liburan jadi lebih menyenangkan

Mengajak anak-anak berlibur menggunakan campervan merupakan pengalaman baru yang menyenangkan. Saat inilah kamu dapat membangun momen berharga untuk menguatkan ikatan antara anak dan oang tua.

Untuk itu, perlu adanya persiapan dan rencana yang matang untuk setiap aktivitas yang akan kamu dilakukan. Berikut ini 9 aktivitas seru bareng anak saat campervan pertamamu yang bisa dipraktikkan. Dengan begitu, kamu akan membangun quality time bersama anak yang berkesan dan tak terlupakan.

1. Ajak anak melatih konsentrasinya dengan bermain catur

9 Aktivitas Seru Bareng Anak saat Campervan, anti Bosan!ilustrasi seorang ayah dan anak yang sedang bermain catur (freepik.com/freepik)

Catur termasuk permainan yang asyik dilakukan di waktu senggang. Walaupun catur dimainkan dalam waktu yang lama, namun permainan ini tak membosankan sama sekali.

Permainan ini tak hanya seru dan menantang, tetapi juga dapat melatih anak untuk lebih fokus dan berkonsentrasi.

2. Kenalkan anak dengan alam dan mulailah menjelajah

9 Aktivitas Seru Bareng Anak saat Campervan, anti Bosan!ilustrasi mengajak anak menjelajah alam (freepik.com/rawpixel.com )

Mengajak anak berpetualang di alam bebas menjadi aktivitas yang menarik selama liburan campervan. Kamu bisa menjelajahi perbukitan atau tempat wisata alam lain yang dekat dengan lokasi pemberhentianmu. Inilah kesempatan kamu untuk mulai mengenalkan beragam flora dan fauna kepada anak-anak.

Selain menyenangkan dan memberi pengalaman baru, kegiatan ini juga berguna untuk melatih kemampuan adaptasi anak terhadap lingkungan sekitar. Jangan lupa untuk membawa persediaan makanan dan minuman yang cukup. Kamu bisa merencanakan piknik dan menikmati suasana santai alam bebas. 

3. Memanggang bersama bisa jadi momen yang tak terlupakan

9 Aktivitas Seru Bareng Anak saat Campervan, anti Bosan!ilustrasi kegiatan barbeque ayah dan anak (freepik.com/pch.vector)

Momen memasak di alam terbuka menjadi kegiatan asyik selama liburan campervan. Ajaklah anak untuk ikut menyiapkan santapan untuk makan siangmu. Kamu bisa memanggang jagung, sosis atau makanan lainnya.

Jangan lupa untuk selalu mengawasi anak dan pastikan jarak aman anak dengan panggangan. Kamu juga bisa mengajak anak untuk menyiapkan minuman bersama. Dengan begitu, kegiatan memasak dengan anak bisa jadi momen kebersamaan yang tak terlupakan.

4. Salurkan hobi anak dengan bermain bulu tangkis

9 Aktivitas Seru Bareng Anak saat Campervan, anti Bosan!ilustrasi seorang ayah dan anak yang sedang bermain bulu tangkis (freepik.com/freepik)

Jika anakmu memiliki hobi bermain bulu tangkis, maka tak ada salahnya untuk membawa raket miliknya saat liburan campervan. Kamu bisa bermain secara bergantian dengan anggota keluarga yang lainnya. 

Bermain permainan yang anak sukai menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan. Bermain bersama juga bisa merekatkan hubungan antara anak dan orangtuanya. Sehabis bermain, ambillah posisi nyaman untuk beristirahat sejenak dan melihat pemandangan sekitar.

5. Bangun kekompakkan dengan memancing ikan

9 Aktivitas Seru Bareng Anak saat Campervan, anti Bosan!ilustrasi seorang ayah dan anak yang sedang memancing ikan (freepik.com/freepik)

Memancing bisa jadi salah satu aktivitas sederhana untuk menghilangkan penat sekaligus menghabiskan quality time bersama anak. Bagi ayah yang memiliki hobi memancing, tak ada salahnya untuk melibatkan anak dalam kegiatan ini.

Ajarkan anak mengenal berbagai jenis ikan dan cara menangkap ikan. Kegiatan memancing ini bisa meningkatkan kebersamaan dan kekompakan ayah dan anak.

Baca Juga: Wajib Bawa Perlengkapan Ini Ketika Berkemah Menggunakan Campervan

6. Bermain sepak bola di lapangan terbuka

9 Aktivitas Seru Bareng Anak saat Campervan, anti Bosan!ilustrasi seorang ayah yang sedang bermain sepak bola bersama anaknya (pexels.com/Gustavo Fring)

Siapa yang tak suka bermain sepak bola? Permainan yang satu ini sudah pasti jadi olahraga favorit seluruh anak laki-laki.

Kalian bisa ajak anak untuk lakukan olahraga bersama meski sedang liburan. Dengan olahraga, badan akan menjadi sehat dan daya tahan tubuh meningkat.

7. Melukis pemandangan sekitar lokasi pemberhentian bisa melatih kreativitas anak

9 Aktivitas Seru Bareng Anak saat Campervan, anti Bosan!ilustrasi seorang ibu dan anak yang sedang melukis bersama (freepik.com/prostooleh)

Jika anak merasa bosan saat berada di dalam campervan, kamu bisa mengajaknya keluar dan melukis pemandangan sekitar.

Kamu bisa mempersiapkan cat warna atau pensil warna dari rumah. Berikan kesempatan pada anak untuk membuat gambarnya sesuka hati. Hal ini bagus untuk mengasah kreativitas dan imajinasinya.

8. Ada lapangan luas, ajak anak bermain layang-layang

9 Aktivitas Seru Bareng Anak saat Campervan, anti Bosan!ilustrasi seorang ayah yang sedang bermain layang-layang bersama anaknya (pexels.com/RODNAE Productions)

Bermain layang-layang saat hari cerah dan angin berhembus kencang menjadi aktivitas yang menyenangkan. Kamu bisa mencari pemberhentian yang cukup luas untuk menerbangkannya. Jangan lupa untuk selalu memerhatikan keamanan saat bermain layang-layang, ya.

9. Bermain sepeda sambil olahraga pagi

9 Aktivitas Seru Bareng Anak saat Campervan, anti Bosan!ilustrasi seorang ayah yang sedang menemani anaknya bermain sepeda (freepik.com/freepik)

Bersepeda di pagi hari bersama anak merupakan aktivitas yang seru. Bawalah jenis sepeda lipat yang tidak memerlukan ruang yang besar dalam campervan. Ajaklah anak untuk mengelilingi lingkungan sekitar. Usahakan untuk memilih jalur yang tidak sulit dan jarang dilalui kendaraan. Dengan begitu, kamu akan lebih nyaman bermain sepeda bersama anak.

Meluangkan waktu bermain bersama anak saat liburan campervan menjadi hal yang sangat penting. Kamu harus menyiapkan rencana yang matang. Susunlah beberapa pilihan aktivitas menarik dan sesuaikan dengan lokasi liburanmu.

Walaupun aktivitas seru bareng anak saat campervan ini nampak sederhana, kamu akan memiliki quality time bersama anak yang tak terlupakan. Jadi, aktivitas apa yang akan kamu lakukan bersama anak?

Baca Juga: 5 Film Jepang tentang Parenting, dari yang Baik hingga Toksik Ada

Made Ayu Putri Arini Photo Verified Writer Made Ayu Putri Arini

Menulis dengan sepenuh hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya