Comscore Tracker

5 Tips Praktis Berwisata Ke Pulau Sumba Supaya Liburanmu Nyaman!

Persiapkan segala sesuatunya dengan baik

Berlibur memang asyik, apalagi kalau sudah direncanakan sejak jauh-jauh hari. Mau liburan asyik tidak perlu sampai ke luar negeri, karena di Indonesia banyak sekali destinasi wisata yang menarik.

Salah satunya adalah Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Di sana ada Pantai Mandorak, Pantai Walakiri, Bukit Wairinding, Bukit Tenau, dan masih banyak lagi destinasi menarik lainnya.

Sebelum berlibur ke Pulau Sumba, tentu saja banyak persiapan yang harus kamu lakukan. Mulai dari membeli tiket pesawat, hingga memesan penginapan untuk tempatmu bermalam selama berlibur di sana.

Namun supaya liburanmu lancar dan menyenangkan, ada beberapa hal yang juga harus kamu perhatikan. Inilah beberapa diantaranya.

1. Gunakan jasa pemandu wisata lokal

5 Tips Praktis Berwisata Ke Pulau Sumba Supaya Liburanmu Nyaman!citynomads.com

Saat berwisata ke Sumba, jangan lupa untuk mencari pemandu wisata untuk memandu kamu selama berlibur disana. Selain memberikan informasi tentang aneka destinasi wisata menarik, pemandu wisata tersebut juga bisa membantumu berkomunikasi dengan penduduk setempat.

Tips : Carilah pemandu wisata yang merupakan penduduk asli Sumba.

2. Buatlah jadwal perjalanan

5 Tips Praktis Berwisata Ke Pulau Sumba Supaya Liburanmu Nyaman!pexels.com/rawpixel.com

Sebelum berangkat ke Sumba, sebaiknya kamu sudah mempersiapkan diri dengan membuat jadwal perjalanan. Dan ketika kamu sudah tiba di pulau Sumba, jangan lupa untuk memberi tahu pemandu wisata pilihanmu tentang jadwal perjalanan yang kamu siapkan ini sehingga pemandu wisata itu dapat memberikan saran terbaik, agar perjalanan wisatamu aman dan nyaman.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Paling Kece di Sumbawa, Wajib Masuk Itinerary!

3. Siapkan budget untuk sewa mobil

5 Tips Praktis Berwisata Ke Pulau Sumba Supaya Liburanmu Nyaman!pixabay.com/free-photos

Ketika berwisata di Pulau Sumba, banyak wisatawan yang akan melakukan road trip sehingga kamu harus menyediakan budget lebih untuk menyewa mobil. Biasanya tarif sewa sudah termasuk supir dan bahan bakar.

Konsultasikan dengan pemandu wisata pilihanmu tentang rute road trip ini supaya kamu tidak harus menempuh perjalanan bolak balik.

Sepanjang road trip, perjalananmu tidak akan terasa membosankan karena kamu bisa melihat pemandangan padang rumput Sumba yang indah. 

4. Jaga stamina dan kondisi tubuh

5 Tips Praktis Berwisata Ke Pulau Sumba Supaya Liburanmu Nyaman!unsplash.com/Noah Siliman

Di pulau Sumba memang banyak sekali destinasi wisata yang menarik, namun tidak semuanya bisa dijangkau dengan mudah dari tempat parkir mobil. Ada beberapa destinasi wisata yang letaknya cukup jauh dari tempat parkir sehingga kamu masih harus berjalan kaki untuk mencapai lokasi wisata tersebut.

Ada kalanya medan yang kamu lalui pun akan terasa cukup berat. Oleh karena itu kamu wajib menjaga stamina dan kondisi tubuhmu selama berwisata di pulau Sumba. Bawalah vitamin dan obat-obatan yang cukup untuk menjaga kondisi tubuhmu supaya tetap fit.

5. Jangan membawa banyak barang bawaan

5 Tips Praktis Berwisata Ke Pulau Sumba Supaya Liburanmu Nyaman!pexels.com/Kun fotografi

Tujuanmu berlibur ke Sumba memang untuk bersenang-senang, tapi bukan berarti kamu harus membawa banyak barang bawaan ke sana. Bawalah barang secukupnya saja agar kamu tidak repot. Dan karena di Sumba kamu akan lebih banyak beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa menambahkan sunblock pada barang bawaan kamu.

Itulah beberapa tips yang harus kamu perhatikan saat berlibur ke Pulau Sumba. Kelihatannya memang ribet. Tapi supaya liburanmu lancar, aman dan nyaman, jangan abaikan kelima tips di atas ya.

Baca Juga: Liburan Bersama Anak? Simak 5 Tips Booking Hotel Berikut Ini

Ayana Story Photo Verified Writer Ayana Story

Mulai menulis di IDN Times sejak 2017 (kalo gak salah ingat hehehe...)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya