Comscore Tracker

7 Trik Pintar Berlibur di Singapura dengan Budget Pas-pasan

Siapa bilang ke luar negeri harus mahal?

Singapura merupakan negara yang paling sering dikunjungi oleh orang Indonesia, karena letaknya yang dekat dan memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Namun berbeda dengan Indonesia, biaya hidup di Singapura bisa dibilang cukup mahal.

Tentu saja hal ini harus kamu perhitungkan ketika kamu memutuskan untuk berlibur ke Singapura. Tapi walaupun biaya hidup termasuk mahal, kamu tetap bisa berlibur di sana dengan budget pas-pasan.

Inilah 7 trik pintar yang harus kamu terapkan ketika berlibur di Singapura dengan budget minim.

1. Mengunjungi destinasi wisata yang gratis

7 Trik Pintar Berlibur di Singapura dengan Budget Pas-pasanpexels/Adithya Andanu

Salah satu hal yang bisa menambah besar pengeluaranmu adalah membayar tiket masuk ke suatu tempat wisata. Karena biasanya harga tiket masuk tempat wisata tidaklah murah. Namun di Singapura, masih ada loh destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi dengan gratis.

Jadi walaupun budget liburanmu hanya cukup untuk membeli tiket pesawat, membayar hotel dan membeli makanan, namun kamu tetap bisa menikmati liburanmu di Singapura dengan mengunjungi destinasi wisata yang gratis. Jangan khawatir, walaupun gratis namun tempat-tempat wisata itu layak banget deh kamu kunjungi.

2. Beli tiket masuk tempat wisata secara online

7 Trik Pintar Berlibur di Singapura dengan Budget Pas-pasanunsplash/Austin Distel

Tapi kalau kamu bersikeras ingin mengunjungi tempat-tempat wisata yang berbayar di Singapura, seperti Universal Studio, Museum Madame Tussauds, atau Sea Aquarium, usahakan untuk membeli tiket masuknya secara online. 

Kamu tahu pasti kan kalau sekarang ini tiket masuk tempat wisata bisa dibeli secara online? Nah sebelum kamu berangkat ke sana, sempatkanlah untuk membeli tiketnya secara online karena harganya biasanya jadi jauh lebih murah.

3. Beli paket tour yang ditawarkan agen perjalanan

7 Trik Pintar Berlibur di Singapura dengan Budget Pas-pasanpexels/rawpixel

Salah satu trik liburan hemat berikutnya ke Singapura adalah dengan membeli paket tour yang ditawarkan oleh agen perjalanan. Biasanya harga yang kamu bayarkan untuk paket tour tersebut sudah termasuk akomodasi, makan, transportasi, dan tiket masuk ke tempat wisata.

Kalau dihitung-hitung nih membeli paket wisata yang ditawarkan oleh agen perjalanan jauh lebih menguntungkan, dibandingkan kalau kamu pergi liburan sendiri tanpa membeli paket wisata. Karena biasanya pihak hotel, restoran ataupun maskapai penerbangan sudah bekerja sama dengan pihak agen perjalanan, sehingga mereka memberikan harga khusus.

Baca Juga: Ini 5 Tempat yang Bisa Kamu Datangi saat Sedang Transit di Singapura

4. Menginap di hotel yang berlokasi strategis

7 Trik Pintar Berlibur di Singapura dengan Budget Pas-pasanunsplash/Lily Banse

Lokasi menjadi salah satu hal penting yang harus kamu lihat, ketika kamu memesan hotel untuk menginap selama liburan. Karena dengan memilih penginapan di lokasi yang strategis, kamu bisa menghemat biaya transportasi.

Ketika berlibur di Singapura, usahakan untuk memilih hotel yang letaknya dengan stasiun MRT. Kamu bisa berkeliling Singapura dengan memakai MRT, karena murah dan hemat. Mungkin menurutmu jumlah yang dihemat tidak seberapa, tapi uang tersebut bisa kamu pakai untuk membeli oleh-oleh lho. Lumayan banget kan?

5. Beli kartu transportasi EZ-Link

7 Trik Pintar Berlibur di Singapura dengan Budget Pas-pasantodayonline.com

Di Singapura sarana transportasi publik adalah MRT dan bus. Oleh karena belilah kartu transportasi EZ-Link, untuk memudahkanmu naik public transport disana. Membeli tiket MRT atau bus jauh lebih mudah dan murah kalau kamu memakai kartu ini.

Selain itu dengan memakai kartu transportasi ini, kamu jadi tidak perlu repot lagi menukar uang pas ataupun menunggu uang kembalian.

6. Belanja oleh-oleh di Bugis Street

7 Trik Pintar Berlibur di Singapura dengan Budget Pas-pasanpixabay/Sharonang

Orchard Road memang terkenal sebagai surga belanja di Singapura, tapi harga barang-barang yang dijual di sana cukup mahal. Yang pasti sih belanja oleh-oleh di Orchard Road sangat tidak cocok untuk para traveller dengan budget pas-pasan.

Kalau kamu memang ingin membeli oleh-oleh, lebih baik kamu membelinya di Bugis Street. Letaknya tidak jauh dari Orchard Road, namun harga barang-barang di sini relatif lebih murah.

7. Jangan lupa bawa botol air minum

7 Trik Pintar Berlibur di Singapura dengan Budget Pas-pasanpexels.com/Engin Akyurt

Salah satu hal wajib yang harus kamu lakukan di Singapura adalah membawa botol air minum kemanapun kamu pergi. Kalau di Indonesia air minum kemasan sangat murah, hal ini berbeda dengan Singapura. Di negara itu air minum kemasan sangat mahal harganya.

Namun pemerintah Singapura banyak menyediakan keran-keran air di tempat umum, dan airnya bisa langsung diminum. Oleh karena itu jangan lupa untuk membawa botol air minum ketika berlibur kesana.

Nah itulah 7 trik pintar berlibur di Singapura dengan budget pas-pasan. Siapa bilang kalau liburan ke luar negeri harus mahal? Asal kamu pintar menyiasatinya, kamu tetap bisa kok menikmati liburan dengan budget minim ke luar negeri.

Baca Juga: Singapura Telah Menjadi Surga Bagi Para Pencinta Seni, Ini Alasannya

Ayana Story Photo Verified Writer Ayana Story

Mulai menulis di IDN Times sejak 2017 (kalo gak salah ingat hehehe...)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You