Comscore Tracker

Mau Liburan ke Nepal? Inilah 7 Hal yang Harus Kamu Perhatikan

Tiap negara punya kebiasaan yang berbeda, kak!

Nepal merupakan negara yang populer di kalangan para pendaki. Namun masih jarang orang Indonesia yang menjadikan Nepal sebagai negara tujuan wisata. Padahal Nepal juga banyak memiliki destinasi wisata yang menarik lho, seperti Tilicho Lake, Phewa Lake, Swayambhunath, Durbar Square, Garden of Dreams, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain itu satu hal yang membuat Nepal harus kamu perhitungkan sebagai negara tujuan wisata adalah biaya hidup di Nepal termasuk sangat murah. Ramah banget di kantong para wisatawan Indonesia deh. Contohnya, biaya penginapan di Nepal sekitar Rp250.000 - Rp300.000 untuk 2 orang.

Namun karena Nepal adalah negara asing, maka adat istiadat dan kebiasaan masyarakat di sana tentu berbeda dengan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu sebelum berangkat berlibur ke Nepal, kamu harus memperhatikan 7 hal berikut ini.

1. Pilih waktu yang tepat kalau ingin trekking ke gunung Everest

Mau Liburan ke Nepal? Inilah 7 Hal yang Harus Kamu Perhatikanunsplash.com/Patrick Hendry

Setiap wisatawan yang datang ke Nepal, pasti menjadikan gunung Everest sebagai tujuan utama. Kalau kamu termasuk wisatawan yang ingin melakukan trekking ke gunung Everest, sebaiknya persiapkan stamina dan segala sesuatunya dengan baik. Karena memang tidak semua orang mampu melakukan perjalanan yang berat, dan penuh tantangan seperti itu.

Selain itu pilihlah waktu yang tepat kalau ingin trekking ke gunung Everest. Biasanya waktu yang tepat untuk trekking ke gunung Everest di Nepal adalah sekitar bulan Februari - Mei atau sekitar bulan September - Oktober.

2. Gunakan taksi sebagai alat transportasi di Nepal

Mau Liburan ke Nepal? Inilah 7 Hal yang Harus Kamu Perhatikanhiveminer.com

Karena Nepal tidak memiliki banyak alat transportasi publik yang nyaman, seringkali membuat banyak wisatawan mengalami kesulitan dalam berwisata di sana. Memang kamu bisa menyewa sepeda motor, naik bus, atau bahkan naik tuk tuk (sejenis bemo).

Tapi kalau kamu ingin alat transportasi yang lebih nyaman, kamu bisa menggunakan taksi selama berwisata di Nepal. Ongkos taksi di Nepal tidak terlalu mahal, sekitar 150 -300 Rupee (Rp. 30.000 - Rp. 40.000) dari airport ke pusat kota. Sedangkan kalau kamu ingin pergi ke luar kota, kamu bisa melakukan negosiasi harga dengan sopir taksinya.

3. Bawalah uang tunai yang cukup selama di Nepal

Mau Liburan ke Nepal? Inilah 7 Hal yang Harus Kamu Perhatikanapkpure.com

Mata uang Nepal adalah Rupee Nepal. Sebelum berangkat ke sana, pastikan kalau kamu sudah menukarkan uang Rupiah kamu ke dalam mata uang Rupee Nepal. Karena di sana hanya mata uang itu yang berlaku.

Jangan lupa untuk membawa cukup uang tunai untuk memenuhi kebutuhan kamu selama di sana karena kartu kredit sulit dipakai di sana. Mesin EDC untuk menggesek kartu kredit atau kartu debit sangat jarang ditemukan. Toko suvenir, restoran, toko kelontong, dan alat transportasi di Nepal kebanyakan hanya menerima pembayaran secara tunai.

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Menakjubkan di Nepal yang Wajib Kamu Ketahui 

4. Jangan lupa untuk selalu membawa tisu toilet

Mau Liburan ke Nepal? Inilah 7 Hal yang Harus Kamu Perhatikanpixabay.com/fotoblend

Di Nepal memang mudah ditemukan toilet umum, jadi kamu tidak perlu khawatir kalau tiba-tiba kamu ingin buang air kecil atau buang air besar di sana. Tapi hampir semua toilet umum di Nepal tidak menyediakan tisu toilet.

Sehingga sebaiknya kamu memasukkan tisu toilet ke dalam daftar barang bawaanmu ketika packing sebelum berangkat ke Nepal. Dan saat berada di Nepal, pastikan kalau tisu toilet selalu ada di dalam tas mu.

5. Jangan berharap banyak pada internet di Nepal

Mau Liburan ke Nepal? Inilah 7 Hal yang Harus Kamu Perhatikanpixabay.com/rawpixel

Biasanya ketika berwisata, kamu selalu mendapatkan kemudahan akses internet di negara yang kamu kunjungi. Hal ini tidak berlaku kalau kamu berwisata ke Nepal. Internet memang tersedia di Nepal, tapi kecepatan internet di Nepal tidak bisa kamu andalkan. 

Nepal merupakan salah satu negara yang memiliki kecepatan internet sangat lambat. Jadi jangan berharap banyak pada internet ketika kamu sedang berwisata di Nepal. Persiapkanlah dirimu untuk hal ini.

6. Perhatikan dengan baik baju yang kamu bawa

Mau Liburan ke Nepal? Inilah 7 Hal yang Harus Kamu Perhatikantetris.com

Sebelum berangkat ke Nepal, pastikan dulu kamu ingin pergi ke mana. Kalau kamu ingin mengunjungi kuil, jangan lupa untuk membawa baju yang sopan dan tertutup. Sediakan juga pashmina atau selendang panjang di dalam tas. Sedangkan untuk pria, jangan lupa memakai celana panjang.

Selain itu cuaca di nepal juga susah diprediksi dan kadang berubah-ubah. Jangan heran kalau cuaca di sana tiba-tiba sangat dingin. Oleh karena itu jangan lupa untuk membawa jaket tebal untuk berjaga-jaga.

7. Tidak wajib memberikan tips di Nepal, kecuali untuk pemandu wisata

Mau Liburan ke Nepal? Inilah 7 Hal yang Harus Kamu Perhatikanpexels.com/Artem Beliaikin

Selama kamu berada di Nepal, kamu tidak wajib untuk memberikan tip kepada pelayan restoran, petugas hotel, ataupun pelayan kafe karena di Nepal tagihan yang kamu bayar sudah termasuk pajak layanan sebesar 10%.

Tapi kamu wajib memberikan tip kepada pemandu wisata yang menuntun kamu selama kamu berwisata di sana. Besarnya tip yang bisa kamu berikan sekitar 15% - 20% dari harga paket wisata yang kamu beli.

Nah itulah beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan sebelum berangkat berwisata ke Nepal. Supaya liburanmu nyaman selama di sana, pastikan kamu tidak melupakan ketujuh hal di atas ya. 

Selamat berlibur ke Nepal, guys!

Baca Juga: Liburan ke Korea Selatan, Kamu Bisa Temukan 10 Hal Unik Ini, Apa Aja?

Maria Verena Photo Verified Writer Maria Verena

Menulis adalah cara saya mengekspresikan pikiran saya. It's a really fun thing to do.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You