Saat Berwisata Ke Thailand, Ingatlah 5 Hal Ini Agar Liburanmu Nyaman

Kamu harus tahu nih!

Thailand merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang letaknya tidak jauh dari Indonesia. Negeri Gajah Putih ini juga terkenal karena keindahan alamnya, budayanya dan keunikan kulinernya. Itulah sebabnya negara ini mampu menarik minat para wisatawan untuk datang berkunjung ke sana.

Walaupun Thailand dan Indonesia merupakan negara tetangga, tentu saja banyak aturan dan kebiasaan di sana yang berbeda dengan Indonesia. Oleh karena itu supaya liburanmu nyaman dan tanpa gangguan, sebelum kamu berkunjung ke sana kamu harus tahu 5 hal berikut ini.

1. Jangan sembarangan naik taksi

Saat Berwisata Ke Thailand, Ingatlah 5 Hal Ini Agar Liburanmu Nyamanunsplash.com/Connor Williams

Kebanyakan sopir taksi di Thailand tidak bisa dipercaya. Oleh karena itu kamu harus ekstra hati-hati.

Sebelum kamu memutuskan untuk naik taksi di Thailand, pastikan kamu sudah tahu jarak, arah tujuan, dan perkiraan harganya. Karena para sopir taksi di sana bisa saja meminta kamu membayar mahal, hanya untuk jarang yang dekat sebabnya kamu dianggap wisatawan asing yang tidak tahu apa-apa.

Atau, mereka akan membawamu memutar jauh sebelum sampai ke tujuan, supaya argo taksi yang harus kamu bayarkan menjadi mahal.

2. Tidak ada budaya antri

Saat Berwisata Ke Thailand, Ingatlah 5 Hal Ini Agar Liburanmu Nyamanpixabay.com/Aykapog

Kalau di Indonesia kamu sudah terbiasa untuk mengantre ketika ingin naik angkutan umum ataupun ketika membeli makanan di pinggir jalan, jangan kaget kalau di Thailand kamu temui tidak ada budaya seperti ini.

Di banyak tempat di Thailand, masyarakatnya suka sekali menyerobot. Karena itulah ketika kamu membeli sesuatu di sana kamu harus lebih aktif, jangan hanya diam menunggu atau kamu akan diserobot oleh orang lain.

Baca Juga: Berlibur Ke Thailand, Jangan Lupa Mampir Nonton 7 Pertunjukan Ini

3. Jangan makan langsung dari garpu

Saat Berwisata Ke Thailand, Ingatlah 5 Hal Ini Agar Liburanmu Nyamanpexels.com/Tirachard Kumtanom

Masyarakat Thailand pada umumnya tidak mengonsumsi makanan dengan memakai garpu. Di sana mereka menggunakan garpu untuk memindahkan makanan ke sendok, baru kemudian memakannya.

Hal ini berbeda banget ya dengan kebiasaan di Indonesia. Oleh karena itu pastikan kamu tidak melupakan hal ini ketika sedang makan di Thailand. Ingat, hanya sendok yang boleh digunakan untuk makan.

4. Ikuti aturan saat berkunjung ke kuil

Saat Berwisata Ke Thailand, Ingatlah 5 Hal Ini Agar Liburanmu Nyamanpixabay.com/Simon

Thailand memiliki banyak sekali kuil-kuil cantik yang menarik untuk dijelajahi, dan hampir semua kuil di sana terbuka untuk umum. Namun walaupun begitu kamu tetap harus menaati aturan yang ada saat sedang berkunjung ke kuil.

Biasanya sih para wisatawan yang berkunjung harus berpakaian sopan dan harus melepaskan alas kaki saat memasuki kuil. Tapi kalau kamu masih bingung nih lihat saja pengunjung yang lain. Kalau mereka melepas alas kaki, maka lepaslah alas kakimu juga.

5. Jangan menyentuh biksu di dalam kuil

Saat Berwisata Ke Thailand, Ingatlah 5 Hal Ini Agar Liburanmu Nyamanpexels.com/pixabay

Aturan yang terakhir ini hanya berlaku untuk wanita. Saat berkunjung ke dalam kuil, para wanita dilarang untuk menyentuh para biksu. Bahkan menyentuh jubahnya saja juga tidak diperkenankan. Oleh karena itu, para wanita berhati-hatilah saat sedang berada di dalam kuil.

Nah itulah beberapa aturan yang sebaiknya kamu tahu sebelum kamu berkunjung ke Thailand. Supaya liburanmu nyaman saat di sana, sebaiknya patuhi aturan-aturan tersebut ya karena setiap negara memang memiliki adat dan kebiasaannya masing-masing. Selamat berlibur!

Baca Juga: 10 Makanan Tradisional Thailand yang Bisa Bikin Kalap

Ayana Photo Verified Writer Ayana

Menulis adalah cara saya mengekspresikan pikiran saya. It's a really fun thing to do.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You