Comscore Tracker

6 Hal yang Harus Diperhatikan para Cewek Sebelum Mulai Solo Traveling

Solo traveling membantu kamu lebih mengenal diri sendiri

Belakangan ini berwisata sendirian atau lebih populer dengan solo traveling semakin diminati. Bahkan, ada yang bilang kalau kita wajib solo traveling walau sekali dalam seumur hidup, karena dari sana kita dapat belajar lebih mengenal diri sendiri.

Tak sedikit kaum hawa yang melakukan solo traveling, baik di dalam maupun luar negeri. Kalau kamu punya rencana solo traveling di waktu dekat, berikut 6 hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan solo traveling.

1. Lakukan riset destinasi

6 Hal yang Harus Diperhatikan para Cewek Sebelum Mulai Solo Travelingilustrasi perempuan sedang melakukan riset (pexels.com/Christina Morillo)

Hal paling utama yang harus dilakukan sebelum memulai solo traveling adalah melakukan riset destinasi tempat wisata. Sebelum memutuskan untuk berangkat, kita harus mencari tahu terlebih dahulu mengenai negara atau daerah yang hendak dikunjungi. Pastikan daerah atau negara tersebut aman untuk perempuan, ya.

Pastikan juga untuk mencari harga tiket pulang pergi, akomodasi, jarak setiap destinasi wisata dengan penginapan, transportasi, harga tiket tempat wisata, dan lain sebagainya. Kamu juga disarankan untuk membaca review di internet tentang tempat wisata tujuan dari para traveler lainnya.

2. Pilih penginapan di daerah ramai

6 Hal yang Harus Diperhatikan para Cewek Sebelum Mulai Solo Travelingilustrasi solo traveling (pexels.com/Tranmautritam)

Memilih penginapan saat traveling sangatlah penting untuk kamu pertimbangkan dengan sebaik mungkin, karena akan menjadi tempat tinggal kamu selama liburan. Buat cewek yang sedang solo traveling, sangat dianjurkan untuk memilih penginapan di lokasi yang selalu ramai.

Memilih lokasi penginapan di pusat keramaian akan memudahkan kamu jika ingin mencari makan, jajanan, ATM, dan berbelanja di malam hari. Tak hanya itu, kamu juga tak perlu takut untuk pulang larut karena otomatis akan selalu ada banyak orang.

3. Perhatikan gaya berpakaian

6 Hal yang Harus Diperhatikan para Cewek Sebelum Mulai Solo Travelingilustrasi perempuan solo traveling (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Saat ini, traveling dan kegiatan foto-foto tak bisa dipisahkan. Oleh karena itu sebagai cewek pasti selalu ingin tampil memakai outfit yang menawan. Buat kamu yang melakukan solo traveling, sebaiknya hindari berpakaian terlalu terbuka, agar lebih nyaman berjalan sendirian dan terhindar dari catcalling.

Kamu bisa tetap tampil menawan dengan gaya fashion yang tidak terbuka. Ada baiknya, kamu juga mencari tahu gaya berpakaian warga lokal. Lalu pilihlah outfit serupa yang kamu sukai. Ingat, hal yang utaman adalah keamanan dan kenyamananmu.

Baca Juga: 10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Solo Traveling Pertama Kali

4. Mencari teman traveler lainnya

6 Hal yang Harus Diperhatikan para Cewek Sebelum Mulai Solo Travelingilustrasi teman traveling (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Salah satu hal yang menyenangkan saat solo traveling adalah kamu berkesempatan untuk mendapatkan teman baru. Cari kesempatan untuk menyapa traveler lain yang sedang sendirian. Kalau mendapatkan teman dari negara lain, maka kamu berkesempatan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa asing.

Saat punya teman baru pada waktu traveling, kamu tidak akan merasa kesepian. Kalian juga bisa patungan untuk masuk ke berbagai tempat wisata atau menyewa kendaraan, agar lebih hemat dan nyaman menuju tempat wisata.

5. Selalu mengabari keluarga atau teman

6 Hal yang Harus Diperhatikan para Cewek Sebelum Mulai Solo Travelingilustrasi perempuan sedang menelepon (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Berada di daerah atau negara asing memang menyenangkan. Namun, kamu juga harus selalu memberi kabar kepada keluarga atau teman terdekat tentang lokasi serta tempat wisata yang kamu datangi.

Selain bisa membuat keluarga lebih lega, kalau terjadi sesuatu juga akan lebih mudah untuk menemukanmu. Kamu perlu memastikan paket internet selalu terisi untuk update keadaan kamu. Ingat, semua untuk keamanan dan kebaikanmu, tetap jaga komunikasi, ya.

6. Bawa obat-obatan pribadi

6 Hal yang Harus Diperhatikan para Cewek Sebelum Mulai Solo Travelingilustrasi obat-obatan (freepik.com/jcomp)

Obat-obatan harus selalu ada dalam setiap perjalanan, apalagi jika kamu tipe orang yang mudah lelah dan berujung pada demam atau sakit ringan lainnya. Tentunya merasakan sakit saat traveling sangat tidak menyenangkan.

Selalu sedia obat demam, sakit kepala, minyak kayu putih, dan plester. Semua ini harus kamu persiapkan sendiri dari rumah, karena mungkin saja kamu tak bisa menemukan obat yang biasa kamu pakai di daerah tujuan traveling-mu.

Merencanakan liburan semakin menyenangkan apalagi buat kamu yang tidak bisa kemana-mana saat masa pandemik. Solo traveling bisa jadi pilihan kamu. Namun, tetap perhatikanenam di atas agar tetap aman, ya!

Baca Juga: Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Solo Traveling sebelum Usia 30 Tahun

Marissa Zefanya Photo Verified Writer Marissa Zefanya

Muggle.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya