Comscore Tracker

8 Tips Kalau Pertama Kali Mudik dengan Kapal Laut

#MudikAsikIDNTimes Pertama kali naik kapal laut?

Mungkin sebagian dari kamu ingin mencoba hal baru untuk mudik ke kampung halaman, yaitu dengan menggunakan kapal laut. Mahalnya harga tiket pesawat saat ini mengharuskan kamu untuk beralih menggunakan moda transporstasi yang lainnya, yang lebih ekonomis tentunya. Salah satu jalan yang dapat kamu coba adalah mudik menggunakan kapal laut. Kapal laut memiliki beberapa kelebihan dari transportasi lainnya, salah satunya murah meriah.

Gak ada salahnya untuk mencoba salah satu moda transportasi laut ini. Meski banyak hal-hal yang mungkin tidak biasa yang biasanya kamu temukan di transportasi darat maupun udara. Tapi kamu tidak perlu risau ataupun takut, beberapa tips dibawah ini akan membantu kamu dalam melakukan perjalanan menggunakan transportasi laut.   

1. Perhatikan kesehatan

8 Tips Kalau Pertama Kali Mudik dengan Kapal Lautrush.edu

Kesehatan merupakan hal yang terpenting kamu siapkan sebelum mudik. Ombak dan angin laut akan memperparah kondisi kamu saat perjalanan. Usahakan tubuh dalam kondisi fit dan kondusif untuk bepergian dalam jangka waktu yang cukup lama.

2. Bawa obat pribadi dan obat anti mabuk

8 Tips Kalau Pertama Kali Mudik dengan Kapal Lautunsplash.com/@simonevdk

Obat pribadi yang diperlukan dan obat anti mabuk wajib dibawa selama perjalanan. Jika baru pertama menggunakan kapal laut, lebih baik konsumsi obat anti mabuk sebelum naik ke kapal. Ini adalah bentuk antisipasi karena kamu bisa saja merasa mual dan mabuk di perjalanan.

3. Bawa barang seperlunya

8 Tips Kalau Pertama Kali Mudik dengan Kapal Lautunsplash.com/@bnimit

Sudah dapat dipastikan akan banyak orang yang akan memadati kapal laut. Jadi pastikan barang yang kamu bawa tidak berlebihan yang nantinya akan merepotkan kamu untuk membawa dan menjaganya. Hindari juga membawa barang yang berharga, karena biasanya banyak pencuri yang siap untuk mengambil barang-barang berharga yang kamu bawa.

Baca Juga: Mudik Asyik di Jalur Selatan, Gak Macet dan Pemandangannya Keren 

4. Perhatikan peraturan dan petunjuk keselamatan selama perjalanan

8 Tips Kalau Pertama Kali Mudik dengan Kapal Lautunsplash.com/@reskp

Pastikan kamu sudah mengetahui peraturan dan petunjuk keselamatan yang ada di kapal tersebut. Ingat-ingat tempat pelampung serta jalur-jalur evakuasi, jika ada kendala selama perjalanan kamu tahu kemana harus pergi. Ikuti semua intruksi yang ada, itu akan membantu kamu dalam menyelamatkan diri kamu dan penumpang yang lainnya.  

5. Cari tempat duduk yang aman dan nyaman

8 Tips Kalau Pertama Kali Mudik dengan Kapal Lautinstagram.com/baka.neko.baka

Dalam perjalanan hal yang buruk yang dapat terjadi adalah ombak besar. Kamu dapat mengantisipasi dampak goyangan dari ombak besar dengan duduk di bagian tengah kapal. Setiap kapal memiliki denah dan tata ruang yang berbeda-beda, jadi kamu harus pintar-pintar dalam mencari tempat yang nyaman dan aman untuk kamu tempati.

6. Usahakan untuk istirahat selama perjalanan

8 Tips Kalau Pertama Kali Mudik dengan Kapal Lautinstagram.com/dedenparawansyah

Memang waktu yang dibutuhkan untuk menempuh perjalanan laut lebih lama dari perjalanan lainnya. Jadi, usahakan untuk tidur dan beristirahat selama perjalanan agar tubuh kamu tetap prima setelah sampai di tempat tujuan. Namun, tetap  waspada akan barang bawaan kamu, karena para pencuri akan beraksi saat kamu tertidur pulas.

7. Bawa bekal sendiri

8 Tips Kalau Pertama Kali Mudik dengan Kapal Lautunsplash.com/@gardiept

Jika tidak repot, kamu dapat membawa bekal sendiri. Makanan yang ada di kapal cenderung mahal, membawa bekal akan menghemat pengeluaran kamu. Selain hemat, membawa bekal juga lebih menyehatkan.

8. Selalu berdoa

8 Tips Kalau Pertama Kali Mudik dengan Kapal Lautpixabay.com/Pexels

Semua kemungkinan buruk dapat terjadi selama perjalanan, jadi tetaplah berdoa agar diberi keselamatan dan kesehatan hingga sampai ke tempat tujuan. Berdoa akan membuat kamu lebih tenang dalam menhadapi kondisi-kondisi tertentu yang dapat membuat kamu takut.

Sudah ada bayangan untuk menggunakan kapal laut untuk mudik? Kamu bisa terapkan tips diatas dengan sebaik-baiknya agar perjalananmu terasa nyaman, aman dan lancar. Nikmati setiap sensasi perjalanan kamu selama berada di kapal laut. Jika ada, bagikan pengalaman kamu selama perjalanan menggunakan kapal laut pada kolom komentar dibawah ya.

Baca Juga: [LINIMASA] Data dan Fakta Arus Mudik Lebaran 2019

Muhammad Rafi Athallah Photo Verified Writer Muhammad Rafi Athallah

Change the WORLD by your WORD

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya