Comscore Tracker

Ingat, 6 Bahasa Tubuh Ini Gak Boleh Kamu Lakukan Selama di Rusia

#RUSIANA Jangan sampai dihujat gara-gara salah gestur, ya!

Sebagai pendatang, kita harus paham dengan adat budaya daerah setempat agar bisa menyesuaikan diri dan berkomunikasi dengan baik. Terkadang hal yang biasa kita lakukan di negara sendiri memiliki arti yang berbeda jika kita lakukan di negara lain.

Untuk bisa berkomunikasi dengan baik selama berada di Negeri Tirai Besi, maka ada beberapa bahasa tubuh atau gestur yang harus kamu hindari karena dianggap kasar atau tidak sopan oleh masyarakat Rusia. Apa aja sih?

1. Bersalaman adalah hal yang wajar, tapi jangan lakukan di dekat pintu!

Ingat, 6 Bahasa Tubuh Ini Gak Boleh Kamu Lakukan Selama di Rusiapixabay/TeroVesalainen

Kita sering melihat orang Rusia saling bertegur sapa dengan cara mencium pipi atau memeluk satu sama lain. Namun, ketika kamu sedang bersama orang yang tidak dikenal atau situasi formal maka bersalaman adalah cara terbaik. Uniknya, bersalaman di dekat pintu dianggap akan membawa kesialan. Oleh sebab itu, lihat tempat dulu ya sebelum bersalaman!

2. Jangan membuat tanda OK dengan jari tangan!

Ingat, 6 Bahasa Tubuh Ini Gak Boleh Kamu Lakukan Selama di Rusiapixabay/RobinHiggins

Di Indonesia gestur OK ini sudah sangat lumrah digunakan, yang artinya bisa jadi "setuju" atau "baiklah". Tapi jangan praktekkan di Rusia. Sebenarnya di Rusia sendiri tanda ini tidak termasuk pelanggaran yang buruk. Jadi, jika kamu ingin mengatakan "setuju" dengan memberikan gestur, lebih baik angkat jari jempol saja.

3. Hindari berdiri terlalu jauh dari lawan bicara!

Ingat, 6 Bahasa Tubuh Ini Gak Boleh Kamu Lakukan Selama di Rusiapixabay/Free-Photos

Di budaya Rusia, saat berbicara dengan orang lain, mereka cenderung berdiri lebih dekat satu sama lain dibanding yang kita lakukan di Indonesia atau negara lainnya. Ketika kamu berdiri lebih dekat, itu menunjukkan bentuk sopan santun terhadap lawan bicara dan menandakan bahwa kamu benar-benar tertarik dengan hal yang dibicarakan. Jika tidak, kamu bisa dianggap sebagai orang yang cuek, dingin, atau tak mau peduli.

4. Jangan angkat kakimu ke atas tempat duduk!

Ingat, 6 Bahasa Tubuh Ini Gak Boleh Kamu Lakukan Selama di Rusiapixabay/rawpixel

Mengangkat kaki atau sepatu sampai ke tempat duduk memang bisa dibilang tidak sopan. Tetapi di Rusia hal ini dianggap lebih serius lagi, karena termasuk ke dalam sikap yang kasar dan sangat tidak terpuji. Jika kamu melakukan ini di Rusia, bisa-bisa kamu akan dapat masalah atau dihujat oleh orang lain. Jadi jaga cara dudukmu, ya!

5. Sedapat mungkin tidak memasukkan tanganmu ke dalam saku celana!

Ingat, 6 Bahasa Tubuh Ini Gak Boleh Kamu Lakukan Selama di Rusiapixabay/2400474

Hal ini kadang sudah menjadi kebiasaan kita sehari-hari. Terkadang saat nongkrong atau saat berjalan kaki, kita sering memasukkan tangan ke dalam saku celana untuk menambah kesan percaya diri. Tapi di Rusia, gestur ini dianggap mencerminkan kepribadian yang buruk, semberono, dan jauh dari kesan rapi. Apalagi jika sedang berada di situasi formal, maka pastikan tanganmu bebas dari saku.

6. Duduk dan berdirilah dengan tubuh yang tegap, jangan membungkuk!

Ingat, 6 Bahasa Tubuh Ini Gak Boleh Kamu Lakukan Selama di Rusiapixabay/baniprinting

Terkadang secara tidak sadar kita sering membungkuk saat duduk atau berdiri. Tapi jangan coba-coba lakukan di Rusia ya. Karena di Rusia, gestur membungkuk ini merupakan tanda orang yang tidak sopan dan tidak punya kemampuan. Maka duduk dan berdirilah dengan tegap.

Itulah 6 bahasa tubuh yang perlu kamu hindari jika ingin menjalin komunikasi dan dipandang baik dalam interaksi sosial selama berada di Rusia.

Nanda Oktavia Photo Community Writer Nanda Oktavia

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Just For You