Comscore Tracker

Aturan Baru Naik Shinkansen, Pengguna Koper Harus Checkin Dulu!

Cek pemberlakuan aturannya, biar gak kena denda

Jepang masih menjadi salah satu negara favorit yang dipilih untuk liburan. Banyaknya destinasi menarik membuat Negeri Sakura tak pernah sepi pengunjung. Terlebih dengan adanya sistem transportasi yang sangat maju, salah satunya shinkansen.

Kereta cepat ini selalu jadi moda pilihan para wisatawan. Sayangnya, terdapat peraturan baru untuk kamu yang membawa koper atau tas besar. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

1. Koper berukuran besar harus melakukan checkin bagasi terlebih dahulu

Aturan Baru Naik Shinkansen, Pengguna Koper Harus Checkin Dulu!asahi.com

Sebelum naik shinkansen, kamu wajib melakukan checkin bagasi jika membawa koper yang terlihat besar, lebar, dan tinggi di antara 160 hingga 250 cm. Koper yang diperbolehkan untuk dibawa ke dalam shinkansen harus memiliki ukuran maksimal 55 cm x 40 cm x 25 cm, dengan total dimensi 120.

Maka dari itu, mulai sekarang kamu sudah harus mengetahui ukuran koper yang dibawa. Nantinya, sebelum naik shinkansen, bakal ada meja khusus untuk mengukur koper.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah ukurannya melebihi standar atau tidak. Kalau lebih, kamu wajib checkin bagasi. Tenang, bagasi tidak dikenakan biaya, kok!

2. Peraturan ini tidak berlaku di semua rute shinkansen

Aturan Baru Naik Shinkansen, Pengguna Koper Harus Checkin Dulu!navitime.com

Peraturan baru ini tidak diberlakukan di semua tujuan, hanya di beberapa rute saja. Berikut daftar rute yang diwajibkan untuk checkin bagasi:

  1. Tokaido Shinkansen: kereta ini beroperasi dari Tokyo menuju Osaka, dan area Kyoto
  2. Kyushu Shinkansen: kereta ini melaju dari Hakata dengan tujuan Kagoshima Chuo
  3. Sanyo Shinkansen: kereta ini beroperasi dari Osaka dengan tujuan Hakata, termasuk Himeji dan Hiroshima

Baca Juga: 10 Kebiasaan yang Gak Boleh Dilakukan di Jepang, Dianggap Tak Beretika

3. Berlaku pula untuk para pemegang JR Pass

Aturan Baru Naik Shinkansen, Pengguna Koper Harus Checkin Dulu!japantoday.com

Peraturan ini diberlakukan tanpa pandang bulu, termasuk para pemegang JR Pass. JR Pass adalah tiket terusan yang dikeluarkan Japan Railway (JR) Group dalam waktu tertentu dan hanya dapat digunakan oleh turis pemegang visa bersifat temporary visitor.

Nah, kalau memegang kartu ini, malah agak repot. Pemegang kartu harus melakukan upgrade kursi dari non-reserved seat ke reserve seat. Setelah itu, baru diperbolehkan checkin bagasi. Kalau kamu memegang kartu itu, sebaiknya menggunakan koper atau tas berukuran sedang saja.

4. Kalau dilanggar, kamu harus bayar denda, lho!

Aturan Baru Naik Shinkansen, Pengguna Koper Harus Checkin Dulu!unsplash.com/Victoriano Izquierdo

Semua peraturan tentu ada sanksinya jika dilanggar, termasuk peraturan shinkansen ini. Kalau kamu tertangkap basah dengan kategori reserved seat dan tidak melakukan checkin bagasi, maka dikenakan denda sebesar 1.000 Yen atau Rp126 ribu.

Berbeda kalau kamu naik dengan kategori non-reserved seat, siap-siap untuk mengeluarkan uang sebesar 1.000 Yen ditambah 520 Yen atau setara Rp200 ribu. 

Nah, itulah peraturan terbaru saat menaiki shinkansen di Jepang yang akan diresmikan pada Mei 2020. Bukan tanpa alasan, pemberlakuan peraturan ini untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengunjung, terutama saat Olimpiade 2020.

Kalau kamu ada rencana liburan ke sana pada bulan-bulan tersebut, lebih baik menggunakan koper berukuran sedang. Tetapi, kalau terpaksa harus membawa koper besar, pastikan kamu mematuhi peraturan tersebut, ya!

Baca Juga: 9 Aturan Khusus Mandi di Onsen Khas Jepang, Gak Cuma Harus Telanjang

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.

Just For You